banner-detik

bath n body

Produk Beauty yang Tidak Boleh Share dengan Orang Lain

seo-img-article

Bukannya mau menakut-nakuti nih, tapi banyak produk beauty milik kita sendiri yang nggak bisa bersih dengan sendirinya. Akuin aja deh, pasti nggak jarang kamu menggunakan alat cukur yang belum sempat kamu bersihkan, atau lip balm yang kamu ambil langsung dengan tangan kotor. Bagaimana kalau produk beauty itu kamu berikan ke orang lain (dengan cara pemakaian sama seperti kamu tadi). Hiiyy ngeri banget kan? Nah, berikut ini produk beauty yang tidak boleh kamu share dengan orang lain. Simak ya!

Produk Beauty yang Tidak Boleh Share

Gunting Kuku

Karena gunting kuku kamu berkontak langsung dengan area di kulit kuku tangan dan kaki, besar kemungkinan benda ini terkena bakteri berbahaya dan spora jamur. Jika kamu mau meminjamkan gunting kuku ke teman, sebaiknya basuh dulu dengan alkohol disinfektan. Jangan lupa untuk membersihkannya lagi setelah ia mengembalikannya. Cara membersihkan yang sama juga bisa kamu pakai alat perawatan yang terbuat dari logam seperti pinset dan pisau cukur.

Baca juga: Ingredient Skincare yang Nggak Boleh Dipakai Barengan

Pinset

Pinset dapat penuh dengan bakteri dan kuman lain karena pada saat pemakaian ia langsung bersentuhan dengan kulit. Yang jadi bahayanya adalah ketika pinset tersebut terkena luka terbuka. Kedengarannya dramatis ya? Tapi pinset yang penuh bakteri itu bisa jadi salah penyebab ingrown hair. Nah, nggak bisa dibayangin deh kalau kamu menggunakan pinset penuh bakteri itu dan tanpa sengaja melukai jerawat di ketiak. Oh no!

Pisau cukur

Berbagi kepala pisau cukur adalah hal yang nggak disarankan. Pisau cukur nggak hanya memotong rambut, tetapi mengambil sel-sel kulit dan bakteri serta kotoran di permukaan kulit. Kalau pisau cukur kamu sendiri aja memiliki banyak bakteri, gimana kalau pinjam punya orang lain yang kita nggak tahu gimana cara ia memakainya. Apakah pisau cukur itu pernah melukai jerawatnya, apakah pisau itu pernah melukai kulit sampai berdarah, we don’t even know.  Jika kamu perlu meminjam pisau cukur teman, setidaknya ganti kepala pisaunya saja ya.

Rekomendasi Sabun untuk kulit Sensitif-2

Loofah Sponge

Banyak ahli kecantikan dan ahli dermatologi menyarankan untuk membuang loofah setelah dipakai karena mudah untuk jamur dan bakteri untuk berkembang di sini. Jika kamu penggemar loofah yang keras, pastikan benda ini hanya digunakan oleh kamu aja yaa karena sharing benda ini menjadi cara termudah untuk bertukar kuman mikroskopis.  

Sabun batang

Sabun batang adalah tempat yang mudah menempelnya bakteri di kamar mandi dan media yang paling mudah untuk menyebarkan penyakit kulit. Supaya lebih aman, gunakan penutup sabun agar nggak gampang terkontaminasi bakteri.

Handuk

Karena sama alasannya dengan penggunaan loofah, pemakaian handuk sebaiknya nggak boleh sharing. Ada baiknya kamu sediakan handuk lama mana yang boleh kamu pinjamkan ke orang lain, dan mana yang khusus kamu gunakan sendiri.

WOMAN APPLYING LIPSTICK

Lipstik dan Lip Balm

Produk beauty yang bersentuhan dengan mulut membuat virus virus, bakteri dan infeksi jamur dapat ditransfer dengan mudah. Soalnya banyak penyakit seperti flu menyebar melalui air liur dan lendir. Jika lipstik atau lip balm kamu habis dipinjam teman, basuh dulu aja dengan tisu anti bakteri sebelum kamu pakai kembali. 

Jar Products

Eye cream, lip gloss, concealer, blush on, dan produk apa pun yang dikemas dalam jar/wadah, nggak boleh di-share. Jika kamu ingin meminjamkannya ke orang lain, jangan mengambilnya langsung dengan jari. Gunakan spatula sehingga produk beauty kamu nggak terkontaminasi dengan bakteri sehingga bisa tahan lebih lama. 

Stick atau Roll-On Deodoran

No judgement nih, mungkin banget deodoran roll-on kamu itu kotor (iyalah kan ada bakteri dalam keringat di ketiak). Jadi jangan kamu “gabung” dengan bakteri dari ketiak orang lain juga. Gunakan deodoran spray yang lebih aman dari penyebaran bakteri.  

 

Setelah membaca ini, semoga kamu lebih berhati-hati dalam “berbagi” produk beauty ya!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment