Weekly Skincare Routine untuk Menghilangkan Komedo

Siapa sih yang nggak sebel dengan komedo yang nangkring di kulit wajah? Sama sepertimu, saya juga sering kesal dibuatnya. Untungnya ada cara untuk memaksimalkan pengangkatan komedo tersebut. Kali ini saya akan mencoba share caranya untuk kalian!

Kulit terasa kasar di bagian hidung, makeup jadi susah nempel, dan memicu jerawat. Yes, komedo
memang menyebalkan. Nggak heran, banyak orang yang mengeluh karenanya. Begitu pula dengan
saya. Untuk menghilangkan komedo ini memang perlu usaha yang persisten. Selain ke klinik
kecantikan, saya lebih sering membersihkan komedo di kulit dengan melakukan weekly skincare routine.

Mengatasi komedo ini nggak bisa instan. Oleh karena itu, selain memilih skincare yang sesuai jenis kulit, meminimalkan pemakaian makeup sehari-hari, hingga double cleanser, kulit kita juga perlu weekly skincare routine untuk membersihkan komedo dengan optimal. Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan untuk membersihkan komedo membandel di kulit: 

Peeling atau Scrubing

membersihkan komedo - ernykurnia

Langkah pertama yang saya lakukan untuk membersihkan komedo adalah dengan peeling atau scrubbing kulit wajah. Tentu saja saya melakukannya dalam kondisi kulit yang sudah bersih. Untuk langkah ini, pastikan kamu memilih produk peeling atau scrub wajah yang sesuai kondisi kulit. Saya sendiri mengandalkan Bio Essence Exfoliating Gel karena teksturnya yang gel tanpa microbeads sangat ramah di kulit. 

Pada tahap ini, kotoran di kulit pun akan terangkat maksimal. Untuk membersihkannya, saya pun langsung cuci muka. 

Menggunakan Wash-Off Mask

Lacoco2

wash my face - ernykurnia review lacoco charcoal mask

Untuk memaksimalkan proses pengangkatan sel kulit mati dan kotoran di kulit, saya mengaplikasikan wash off mask pada tahap kedua. Kamu juga bisa menggunakan wash off mask seperti saya dengan catatan pilihlah wash off mask yang sesuai untuk kondisi kulitmu. Karena kondisi kulit saya berminyak, saya memilih clay mask atau mud mask. Penggunaan wash off mask ini biasanya berfungsi efektif di kulit saya untuk menarik komedo dari dalam kulit sehingga akan lebih mudah membersihkannya.

Gunakan Exfoliating Toner di Area Kulit dengan Komedo

Setelah physical exfoliating emangnya boleh dilanjut dengan memakai chemical exfoliator? Kalau ini jawabannya tergantung kondisi kulit. Untuk kulit berminyak dan bukan acne prone seperti saya, menggunakan chemical exfoliator setelah peeling atau scrubbing masih relatif aman. Apalagi, saya hanya menggunakannya di area hidung. Biasanya saya mengandalkan chemical exfoliator dalam bentuk toner cair. Soalnya, dalam kondisi hidung basah saya langsung menempelkan pore pack untuk membersihkan komedo dengan optimal. 

Manfaatkan Pore Pack

 

FD Experiment: Memakai Pore Pack Selama 3 Hari

Biasanya saya membasahi hidung yang berkomedo dengan exfoliating toner sebelum menempelkan pore pack. Namun bila kulitmu sensitif, bisa banget lho mengganti exfoliating toner dengan hydrating toner atau air bersih untuk menempelkan pore pack di kulit. Tunggu sekitar 5 menit lalu tarik. 


Walaupun hasilnya efektif, tetapi membersihkan komedo dengan cara ini sebaiknya tidak dilakukan secara sering. Oleh karena itu, saya menjadikan langkah-langkah membersihkan komedo ini sebagai weekly skincare routine. Nah, kalau kamu punya cara lain untuk membersihkan komedo dengan optimal, feel free to share di kolom komentar ya!