banner-detik

skin care

Rekomendasi Skincare Clean Beauty Versi High End

seo-img-article

Dalam hal preferensi produk skincare, apakah kamu termasuk Team Natural atau Team Chemicals? That’s totally fine whatever your preferences. Tapi, buat Team Natural, milih skincare bisa lebih picky dan banyak pertimbangan.

 

Team natural pastinya bakalan lebih prefer untuk menggunakan produk-produk skincare yang dinilai punya ingredients yang safe untuk kulit. Namun nggak sulit untuk menemukan skincare yang sesuai buat Team Natural. Kini banyak brand skincare yang mengusung konsep “clean beauty”.

Sebetulnya, “clean beauty” adalah sebuah tren yang sedang berkembang di industri kecantikan saat ini. Belum ada definisi yang pasti tentang konsep “clean beauty” itu sendiri. Namun istilah “clean beauty” seringkali disangkut-pautkan dengan produk-produk yang natural, organik, green beauty, dan yang paling utama: non-toxic, atau bebas dari sejumlah chemical ingredients yang dianggap berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Perbedaan Skincare Natural, Organik, dan Vegan | FD Skincare 101

Paraben, mineral oil, sulfate, silicone, alkohol, dan fragrance adalah beberapa contoh ingredients dalam produk skincare yang sering dihindari oleh sebagian orang. Pasalnya bahan-bahan tersebut dianggap dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan yang sangat berbahaya, hingga disebut-sebut bisa menyebabkan kanker. Walaupun klaim ini masih simpang siur dan butuh penelitian lebih lanjut, tapi banyak skincare enthusiast yang lebih memilih untuk menerapkan pendekatan “better safe than sorry”, dan menggunakan produk-produk dari brand-brand yang nggak mengandung bahan-bahan tersebut.

Baca juga: 

Nah, sekarang sudah semakin banyak brand skincare yang mulai lebih transparan dan mempertimbangkan penggunaan clean ingredients pada produknya. Berbagai brand clean skincare pun kini tersedia mulai dari yang affordable hingga yang high-end.

Buat para team natural, ini rekomendasi produk high-end yang patut ditambahkan ke dalam rangkaian clean skincare routine mu.

Youth To The People

Credit: @youthtothepeople

 

Youth To The People Kale + Green Tea Spinach Vitamins Superfood Cleanser

Cleanser adalah tahap paling awal sekaligus tahap paling penting dalam skincare routine. Memilih cleanser yang tepat buat para Team Natural tentunya gampang-gampang susah, mengingat produk cleanser yang tersedia di pasaran mostly mengandung detergent dan surfactant seperti Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau Sodium Laureth Sulfate (SLES). Untungnya face wash dari Youth To The People (YTTP) ini, selain 100% vegan, juga bebas dari sulfates, baik SLS maupun SLES, paraben dan phthalates.

Why do I recommend this? YTTP adalah brand yang unik dengan komitmen untuk membawa manfaat dan nutrisi dari superfood yang biasa dikonsumsi sebagai makanan ke dalam produk skincare mereka. Contohnya saja kale, bayam dan green tea pada cleanser ini yang kaya akan antioksidan, vitamin C, E dan K.

Baca juga: Mengenal Surfaktan dalam Cleanser

 Drunk Elephant

Drunk Elephant C-Firma™ Day Serum

Hampir setiap brand skincare mempunyai seri produk vitamin C, termasuk Drunk Elephant. Drunk Elephant C-Firma™ adalah serum dengan potent antioxidant dari gabungan l-ascorbic acid (vitamin C), ferulic acid dan vitamin E, yang bermanfaat sebagai anti-oksidan, anti-aging, dan mencerahkan kulit. Serum ini pun dijamin bebas dari essential oils, fragrance, paraben, dan bahan-bahan lainnya yang dianggap berbahaya.

Why do I recommend this? Serum C-Firma™ ini punya reservoir effect, yang artinya kandungan vitaminnya akan terus aktif di kulit hingga 72 jam atau lebih, walaupun dibilas sekalipun. Serum ini juga merupakan salah satu produk Drunk Elephant yang banyak memenangkan berbagai penghargaan sebagai produk terbaik.

 Baca juga: Konsep Clean Beauty Dari Brand Lokal, Nusatics

 

Farmacy Honeymoon Glow

Farmacy Beauty Honeymoon Glow AHA Resurfacing Night Serum

Eksfoliasi adalah kunci untuk kulit cerah dan glowing. Serum 3-in-1 dari Farmacy Beauty ini diformulasikan dengan lactic acid, glycolic acid, citric acid dan fruit acid dan salicylic acid sebagai exfoliant, serta hyaluronic acid untuk menambahkan hidrasi pada kulit.

Why do I recommend this?  Brand ini berkomitmen untuk menjaga formulasi produk-produknya agar tetap clean dari paraben, pewangi sintetis, phthalate, mineral oil dan cruelty-free. Selain itu, Farmacy Beauty juga ber-partner dengan petani organik lokal di  New York, Pennsylvania, dan Brazil untuk menjaga kesegaran dan kebaikan bahan baku skincare mereka.

Sunday Riley UFO

Sunday Riley U.F.O. Ultra Clarifying Acne Treatment Face Oil

Face oil yang satu ini khusus diformulasikan untuk pemilik acne-prone skin. Produk ini mengandung 1,5% salicylic acid dan tea tree oil, yang memang holy grail ingredients untuk kulit berjerawat. Selain itu, produk ini juga mengandung black cumin seed oil, atau jinten hitam, yang dapat mengontrol produksi sebum di wajah dan mempercepat penyembuhan jerawat. Face oil ini juga diperkaya dengan licorice yang berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat, milk thistle, dan cucumber seed oil untuk menghaluskan tampilan garis dan kerutan di kulit. Face oil ini juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit kepala dan punggung, lho!

Why do I recommend this? Sundey Riley juga terkenal sebagai clean beauty brand, yang tentunya cruelty-free, paraben-free, gluten-free, phthalate-Free, fragrance-free, dan Vegan. Sunday Riley meminimalisir penggunaan preservative atau pengawet, sehingga produk-produknya diproduksi dalam batch kecil. Selain itu, mereka memanfaatkan bunga dan ekstrak tanaman untuk menggantikan pewangi buatan.

 Baca juga: Faktor Yang Bikin Jerawat Susah Sembuh

 

Supergoop Unseen Sunscreen

Credit: Instagram @supergoop

Supergoop Unseen Sunscreen

Produk ini bisa disebut sebagai 2-in-1 sunscreen, karena selain mengandung SPF 40, produk ini juga berfungsi sebagai primer. Sunscreen ini punya formulasi yang lightweight dan scentless, yang juga dapat memberikan efek glowing pada kulit dan makeup. Selain itu, sunscreen ini nggak hanya mampu melindungi kulit dari sinar UV, tapi sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar biru yang dihasilkan oleh HP, TV, atau komputer, dengan kandungan red algae yang dapat menyerap sinar biru tersebut.

Why do I recommend this? Supergoop memang terkenal banget dengan produk-produk sunscreen-nya. Bahkan, brand yang satu ini mengklaim sebagai “Experts in SPF” dalam brand positioning-nya. Untuk urusan clean beauty sendiri, Supergoop pun berkomitmen untuk memproduksi sunscreen yang aman dan bebas dari bahan-bahan yang dianggap berbahaya dalam daftar ingredients yang perlu dihindari.

Tata Harper Hyaluronic Gel Moisturizer

Tata Harper Hyaluronic Gel Moisturizer

Moisturizer dari Tata Harper ini adalah clean skincare yang bisa jadi pilihan bagi Team Natural. This moisturizer is a perfect fit for oily/dehydrated, combination and blemish-prone skin.  Moisturizer dalam bentuk gel ini sangat pas digunakan di tempat beriklim tropis layaknya Indonesia karena formulanya yang lightweight.

Why do I recommend this? seperti produk skincare dari Tata Harper lainnya, ingredients dari produk ini 100% natural dan fresh from the organic farm milik Harper Family sendiri.

 

Nah, Team Natural sudah pernah coba yang mana aja, nih?

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment