Lulur: Ritual Kecantikan Asli Indonesia

Apa ada yang masih familiar dengan kata ‘luluran’? Ritual kecantikan satu ini sama pentingnya dengan step bodycare lain lho!

Apa ada di antara kalian yang masih menggunakan produk satu ini? Atau mungkin masih menjadikan ‘luluran’ sebagai salah satu ritual bodycare yang rutin dilakukan paling tidak sekali dalam sebulan? Yup, saat ini mungkin gak banyak dari para wanita Indonesia yang masih menyertakan step satu ini ke dalam bodycare routine mereka, padahal ritual kecantikan asli Indonesia ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kulit bahkan untuk relaksasi.

LULUR KOPI

Penggunaan lulur saat ini mungkin tidak begitu banyak karena gaya hidup yang berubah, serta para wanita memiliki semakin sedikit waktu untuk memanjakan diri karena disibukkan dengan berbagai kegiatan yang mengharuskan banyak wanita untuk merawat kecantikan kulit secara instan atau tanpa proses yang terlalu lama.

Tapi nggak ada salahnya lho untuk kembali rutin melakukan step bodycare satu ini di kala senggang, karena ritual ini memiliki manfaat seperti menghilangkan sel kulit mati, mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, hingga mengurangi stres. Ritual kecantikan ini sudah ada sejak lama dan bahkan menjadi salah satu treatment andalan para Putri Keraton untuk memanjakan diri serta merawat kecantikan kulit mereka.

Baca juga: 5 Resep Lip Scrub Natural untuk Bibir Halus dan Mulus

Lulur memiliki berbagai jenis, dimulai dari yang bisa kamu racik sendiri agar lebih alami seperti lulur kuning Jawa, lulur bengkuang, hingga ada juga lulur instan kemasan yang langsung kamu gunakan tanpa perlu repot meracik berbagai bahan.

LULUR HOME MADE

 

Ritual kecantikan khas Indonesia ini ternyata semakin berkembang dengan menggunakan variasi bahan lain seperti penggunaan dead sea mud, hingga penggunaan buah seperti strawberry juga menjadi salah satu daya tarik treatment satu ini. Jadi nggak hanya sebatas penggunaan rempah asli Indonesia saja, tapi saat ini lulur juga memanfaatkan berbagai macam bahan sesuai dengan beragam kondisi kulit. Adanya treatment lulur di salon kecantikan juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang anti-ribet, atau penggunaan lulur instan juga bisa kamu lakukan untuk mencoba memanjakan diri dengan luluran tanpa harus repot-repot meramu bahan-bahan di dapur. 

Berikut ini rekomendasi produk lulur lokal yang bisa kamu coba:

1. Dewi Sri Spa Whitening Body Scrub

DEWI SRI SPA WHITENING BODY SCRUB

2. Ratu Mas Lulur Kocok Sri Gading

RATU MAS LULUR KOCOK SRI GADING

3. Mustika Ratu Body Scrub

MUSTIKA RATU BODY SRCUB

4. Sariayu Putih Langsat Body Scrub

SARI AYU PUTIH LANGSAT BODY SCRUB

5. Bhumi Nutmeg & Cedarwood Body Scrub

BHUMI NUTMEG AND CEDARWOOD BODY SCRUB

 

6. Sensatia Botanicals Coffee & Cacao Brown Sugar Scrub

SENSATIA BOTANICALS COFFEE & CACAO BROWN SUGAR SCRUB

 

7. Herborist Lulur Bali Strawberry

HERBORIST LULUR TRADISIONAL BALI STRAWBERRY

8. Vimala Pink Salt + Lemongrass Body Scrub

VIMALA PINK SALT + LEMONGRASS BODY SCRUB

 

9. Purbasari Lulur Mandi Green Tea

PURBASARI LULUR MANDI GREEN TEA

10.  Ovale Lulur Bali Milk

OVALE LULUR BALI MILK

 

Jangan lupa ya girls, perawatan kulit tubuh juga sama pentingnya dengan kulit wajah, apalagi lulur adalah salah satu tradisi kecantikan Indonesia yang sudah ada sejak turun-temurun yang gak ada salahnya kita lestarikan, apalagi saat ini sudah ada berbagai produk lulur yang inovatif yang bisa kamu coba dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Ada produk lulur yang sudah jadi favoritmu sejak lama? Atau ada racikan lulur homemade yang juga jadi kesukaanmu? Komen di bawah ya!