banner-detik

makeup

15 Produk Makeup Lokal untuk Para Pemula

seo-img-article

Masih newbie dan baru mau coba pakai make up? Nggak usah bingung, berikut ini rekomendasi produk yang beginner-friendly untuk kamu yang masih pemula soal make up.

Kadang memilih produk makeup untuk pemula memang membingungkan, apalagi kalau masih baru belajar mengenali step by step yang terlalu banyak. Sederet produk lokal ini saya pilih dari produk-produk yang punya review bagus, dan beberapa di antaranya ada yang baru launch tapi sudah banyak penggemarnya. Selain harganya relatif lebih murah, produk lokal ini juga mudah digunakan untuk sehari-hari. Here comes the list!

1. Primer : Emina Pore Ranger, Rp60.000.

ew7a0083_edit2-7-1000

Sebelum menggunakan foundation, kita perlu mengaplikasikan produk face primer untuk menyamarkan pori-pori agar hasil akhir makeup terlihat lebih halus. Selain itu face primer juga bisa membantu menahan minyak berlebih sehingga makeup pun lebih awet walaupun digunakan beberapa jam. Produk face primer Emina Pore Ranger bisa jadi pilihan yang affordable tapi dengan kualitas yang nggak kalah dari brand luar. Menurut beauty vlogger Jihan Putri, produk Emina ini bahkan bisa dijadikan dupe dari face primer Benefit POREfessional bahkan dengan efek yang lebih hydrating di kulit. 

2. Cushion Foundation : Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion, Rp131.500.

Wardah-Exclusive-Flawless-Cover-Cushion-Honey-Beige-Liquid-Bacgkround-Putih-FINAL-Croped

Kalau kamu takut pakai foundation yang bisa bikin makeup terlalu tebal, produk cushion foundation bisa jadi produk complexion base pilihan. Biasanya produk cushion lebih mudah dibaurkan dan nggak terasa terlalu berat di wajah. Produk Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion yang baru saja diluncurkan ini menurut saya cocok digunakan untuk pemula karena dia punya hasil finish natural glow tapi daya cover-nya pun cukup untuk menutupi warna kemerahan atau kehitaman di wajah. Menurut beauty vlogger Nadya Aqilla, produk cushion Wardah ini juga punya nilai plus karena pilihan shade-nya banyak yang punya undertone kuning. Untuk harganya sendiri, produk ini termasuk cushion yang paling murah di antara produk cushion lokal lainnya.

3. Concealer : Mizzu Hide’em Contour & Concealer, Rp55.000

hide-em-contour-concelaer

Concealer bisa membantu menutupi discoloration pada wajah yang mungkin nggak bisa ditutupi hanya dengan produk foundation. Produk concealer dari Mizzu punya konsistensi yang lumayan cair tapi tetap bisa menyamarkan dark circle di bawah mata dan bekas-bekas jerawat. 

4. Brush : Aeris the Coral Brush Set, Rp350.000

941b27d70646fe32e18e654c09b9438e

Buying a good quality brush set is an investment. Mungkin di awal belajar makeup kamu nggak akan pakai semua jenis brush sekaligus, tapi kalau udah punya satu set kuas make up dengan kualitas bagus kamu nggak perlu lagi beli satu persatu untuk setidaknya satu tahun kedepan. Brush set dari brand Aeris adalah salah satu yang paling affordable tapi dengan kualitas yang nggak diragukan. Banyak beauty influencer yang suka dengan produknya karena kualitas brushnya yang emang bagus dan halus banget. Dalam satu set kamu sudah dapat 7 jenis face brush dan 8 jenis eye brush yang punya fungsi berbeda. 

5. Beauty sponge : Karis Expert Multi Blender (Rp 60.000)

24545-large_default

Salah satu produk untuk pemula yang multifungsi adalah beauty sponge. Selain digunakan untuk meratakan foundation, kamu bisa juga mengaplikasikan cream product seperti cream blush atau concealer bahkan produk powder seperti loose powder menggunakan beauty sponge. Biasanya mengaplikasikan foundation akan jauh lebih cepat dan rapi dengan produk ini. Sebenarnya udah banyak banget produk sponge dari brand lokal yang murah dan kualitasnya nggak kalah dari beauty sponge keluaran brand luar. Tapi Karis Expert Multi Blender ini salah satu yang paling banyak disukai karena produknya dibuat tanpa latex dan enak banget saat digunakan untuk make up. 

6. Blush : Emina Cheeklit Cream Blush (Rp 31.500)

Apotek_Online_Farmaku_com_Emina_Blush_On_Cheeklit_Cream_-_Peach_10_ml

Produk cream blush dari Emina cocok untuk yang nggak suka tampilan blush terlalu heboh. Untuk pemula, produk ini juga gampang dibaurkan dan kasih hasil yang lumayan tahan untuk seharian. Salah satu produk Emina Cheeklit Cream Blush yang warnanya paling natural adalah shade Nudie Brown.

7. Bronzer : BLP Face Glow Midday and Midnight (Rp 189.000)

26709965_656373f9-6d73-45d1-8770-e238a21656f9_1000_1000

Kadang saya mengganti blush on dengan bronzer supaya tampilan wajah berdimensi tapi dengan warna yang natural. Penggunaan bronzer juga berguna supaya wajah nggak terlalu pucat sehabis dipakaikan produk base yang meratakan warna muka. Nggak perlu terlalu banyak, cukup aplikasikan sedikit di area pipi dan dahi bagian luar. Bronzer juga bisa menggantikan fungsi produk contouring untuk kasih tampilan lebih tirus tapi dengan penggunaan yang lebih mudah.

8. Eyeliner : Silkygirl Perfect Matte Liquid Eyeliner (Rp 55.000)

SG-Perfect-Matte-Liq-Eyeliner-01-Matte-Black_Lazada-Images-Post-1

Salah satu produk eyeliner matte paling best seller dari brand lokal sejak lama adalah Silkygirl Perfect Matte Liquid Eyeliner. Menurut saya produk ini nggak susah sama sekali untuk pemula karena punya aplikator yang pointy dan cukup steady bahkan untuk bikin wing liner. Alasan lain kenapa saya pilih ini sebagai eyeliner yang beginner-friendly adalah karena hasil akhirnya matte dan warna hitamnya pekat banget jadi terlihat natural dan nggak gampang smudging

9. Mascara : Wardah EyeXpert Volume Expert Mascara (Rp 62.000)

Mascara_Wardah_EyeXpert_The_Volume_Expert_Mascara

Make up untuk pemula dengan hasil minimalis ataupun bold akan lebih kelihatan bagus setelah kita pakai maskara. Sebagai #TeamMascara, setiap produk maskara di rumah habis saya biasanya beli tipe maskara berbeda karena penasaran mencari the one perfect mascara. Nah maskara Wardah ini berhasil jadi produk maskara pertama yang saya re-purchase karena emang nggak diragukan lagi sih bagusnya. It’s not the perfect one yet, but so far ini maskara dari brand lokal yang paling bisa diandalkan. Selain waterproof, memanjangkan, kasih volume, dia juga kasih warna hitam pekat yang susah banget dihapusnya! Sayangnya setelah dipakai seharian dia masih sering smudge sedikit di bagian ujung luar mata. Oh iya satu lagi yang paling keren dari maskara ini adalah dia bisa nahan lentik seharian banget lho!

10. Pensil Alis : Mizzu Brow Wow (Rp 65.000)

25167523_A3

Pensil alis adalah produk untuk membuat eyebrow paling mudah jika dibandingkan dengan produk eyebrow pomade atau eyebrow powder. Salah satu pensil alis lokal yang bagus dan cocok digunakan pemula adalah Mizzu Brow Wow. Produk ini punya bentuk pensil yang kecil dan precise banget digunakan untuk membingkai alis dan mengisi bagian dalamnya. Selain itu, karena produknya merupakan matic retractable pencil jadi nggak perlu bawa-bawa pengserut. Di bagian belakang pensil alis ini juga sudah terdapat spoolie untuk menyisir bagian alis yang berantakan. By the way, banyak yang bilang Mizzu Brow Wow ini bisa dijadikan dupe dari Anastasia Beverly Hills Brow Wiz dan Benefit Precisely My Brow!

11. Eyeshadow palette : Make Over Powerstay Eye Palette Uptown Bae (Rp 280.000)

28273-large_default

Untuk eyeshadow, sebaiknya bermain aman dengan pilih palette warna-warna basic. Koleksi eyeshadow palette Make Over yang terbaru yang seri Uptown Bae menurut saya cukup lengkap untuk yang baru mau bermain dengan eye look. Palette Uptown Bae ini punya 6 warna eyeshadow matte dan 6 warna eyeshadow shimmer yang warna-warnanya terkesan warm dan mudah dipadukan dengan berbagai outfit. Pilihan warnanya juga tetap fun dan ada banyak warna-warna trend, bahkan beberapa shade shimmer-nya bisa digunakan juga sebagai highlighter.

12. Bedak tabur :  Dear Me Beauty Airy Poreless Powder (Rp 109.000)

setting powder-1000x1000

Loose powder bisa membuat hasil akhir make up lebih menyatu dan membantu menahan produksi minyak berlebih di kulit supaya make up nggak mudah rusak. Nah kalau memang kulit kamu oily kamu bisa coba pakai bedak tabur daru Dear Me Beauty yang ringan tapi bisa menahan minyak. Packagingnya yang mungil juga bikin produknya mudah dibawa untuk touch up

13. Highlighter : Luxcrime Ultra Highlighter Thunderstorm (Rp 119.000)

jpg2pdf_2_-min-02

Produk highlighter lokal yang saat launching sempat bikin ramai Instagram nih! Saya punya kedua shade highlighter ini yakni Stardust yang punya warna agak pink, dan Thunderstorm yang warnanya lebih ke gold. Menurut saya warna Thunderstorm ini lebih masuk ke semua skin tone dari yang fair to medium bahkan di kulit yang deep juga terlihat cantik. Highlighter dari Luxcrime ini tipe yang lumayan ngejreng dan bikin efek wet look gitu jadi bisa dipakai untuk occasion yang lebih niat, bukan untuk digunakan daily

14. Setting Spray : Luxcrime Stay Last Setting Spray (Rp 119.000)

08ce67ba0cdd5e80bff2e3acf9bed9ff

Another new comer di pertengahan tahun 2019 ini, produk setting spray! Lagi-lagi, imperfection kita saat baru belajar mengaplikasikan makeup bisa diselamatkan oleh produk setting spray. Karena setting spray bisa bikin make up lebih blend in antara produk complexion dan produk lainnya dan bikin make up kita tahan seharian. Setting spray dari Luxcrime ini bahkan bisa digunakkan juga sebelum kita mulai make up untuk tahapan make up preparation.

15. Lipstick : Make Over Intense Matte Lip Cream (Rp 105.000)

Make_Over_Intense_Matte_Lip_Cream

Kalau soal produk riasan bibir sebenarnya produk lokal punya banyak banget pilihan yang kualitasnya bagus-bagus. Saya pilih Make Over Intense Matte Lip Cream karena selain mudah dicari dimana-mana, lip cream dari Make Over ini punya formula liquid lipstick yang paling nyaman kalau dibandingkan dengan kebanyakan brand. Jadi untuk pemula rasanya pasti akan langsung cocok sama lip cream ini. Oh iya, pilihan shade-nya juga paling lengkap, ada 20 pilihan warna jadi setiap orang bisa menemukan shade favorit masing-masing, mine is 012 Couture and 014 Coco.

Gimana, udah cukup lengkap kan panduannya? Jangan lupa cek review masing-masing produk di apps Female Daily supaya nggak salah beli produk yaa!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment