Alasan Saya Lebih Suka Beauty Vlogger Indonesia dibanding Luar Negeri

Kamu lebih sering nonton video beauty vlogger Indonesia atau luar negeri? Kalau saya, lebih suka ngikutin beauty vlogger dalam negeri. Alasannya?

Kalau lagi iseng, coba deh hitung berapa banyak beauty vlogger Indonesia yang pernah kamu tonton atau setidaknya kamu tahu. Saya baru aja membuat list nama beauty vlogger yang pernah saya tonton sejak pertama saya ketagihan nonton konten beauty di tahun 2016 lalu. Turns out…i can name more than 40! Wah banyak juga ya, walaupun sebenarnya ada beberapa yang nggak punya konten di Youtube dan hanya punya i=Instagram aja. Jadi sebenarnya kenapa sih saya lebih suka ngikutin beauty vlogger Indonesia dibanding luar negeri?

Permasalahan kulit yang relatable

Karena kita tinggal di negara dengan iklim tropis, permasalahan kulit seperti kulit kusam dan berminyak udah jadi topik yang common di dunia beauty influencer lokal. Biasanya akan lebih enak kan, ngobrol dengan orang yang juga mengerti kondisi kita. Nah, dari beauty vlogger lokal kita bisa dapat tips supaya kulit nggak kusam, bikin make up look yang aman dibawa panas-panasan atau ya sekadar ngobrolin produk skincare yang cocok untuk permasalahan kulit orang Indonesia. 

beauty vlogger indonesia 1

Kadang saya juga lebih suka lihat pembahasan produk makeup tertentu oleh content creator lokal karena simply skin tone-nya lebih dekat dengan skin tone saya. Walaupun Youtuber luar ada yang bikin video swatch lengkap suatu rangkaian produk foundation misalnya, tetap aja saya harus main tebak-tebakan kira-kira shade mana yang paling masuk ke skin tone saya dibandingkan dengan skin tone sang youtuber yang kelewat terang. Hal yang sama juga sering saya alami saat mencari review produk lipstik. 

Tahu update terbaru tentang brand lokal

Karena beauty influencer dan beauty vlogger Indonesia sering di-endorse dan datang event launching produk brand-brand lokal, saya jadi tahu perkembangan brand lokal dan mana aja produk-produk yang banyak dapat review bagus dari para beauty vlogger. Hitung-hitung untuk mendukung gerakan #FDLocalPower juga kan? Berawal dari sekedar niat untuk menambah pengetahuan tentang brand dalam negeri, sampai sekarang jadi serius lebih banyak beli produk lokal dibanding produk luar. Ada yang sama juga nggak?

Bahkan yang saya lihat, saat ini semakin banyak juga yang tahu kalau produk lokal pun punya kualitas yang nggak kalah dari brand luar. Salah satunya pendorongnya adalah karena banyak beauty vlogger yang sehari-hari memang menggunakan produk-produk lokal baik itu makeup ataupun skincare.

Konten yang update dan beragam

Yes, di Indonesia banyak beauty vlogger yang sering bikin konten super gercep. Misalnya ada produk yang baru rilis hari ini, besoknya sudah ada yang bahas dengan in-depth review di Youtube. Aktifnya beauty vlogger lokal dalam memperbarui konten ini juga jadi salah satu kelebihan lho, karena kita para beauty enthusiast jadi semakin mudah mencari pembanding review sebuah produk dari banyak sudut pandang. 

67551802_694877190954809_7544268008691361932_n

Selain itu saya juga suka banget memperhatikan berbagai cara penyampaian beauty vlogger dalam membahas suatu topik beauty. Ada yang serius banget, ada yang full of insight dan kontennya sudah well-researched, ada yang gaya penyampaiannya kocak dan macam-macam perbedaan lainnya. Jadi menurut saya, loncat dari satu video ke video lainnya nggak terasa membosankan. 

Kalau kamu, lebih suka ngikutin beauty vlogger Indonesia atau luar negeri? Alasannya apa dan siapa beauty vlogger favoritmu? Share ya!