banner-detik

made in indonesia

6 Langkah Skincare Routine untuk Pengguna Ojek Online

seo-img-article

Sudah nonton video Skincare 101 tentang produk skincare untuk merawat kulit dari polusi? Kira-kira #TeamOjol perlu skincare seperti apa ya?

Pasca insiden blackout kemarin, kondisi udara Jakarta udah kembali menduduki ranking kedua teratas sebagai kota dengan udara paling nggak sehat. Kalau kamu sudah nonton video Skincare 101 bareng Arinda, kamu pasti sudah tahu seberapa buruknya efek polusi untuk kesehatan kulit kita. Walaupun mungkin kulit kita terlihat baik-baik saja, bisa jadi partikel udara polusi yang nggak terlihat kasat mata masih menempel di pori-pori atau permukaan kulit.

Menurut Airvisual.com, tingkat Air Quality Index Jakarta bahkan mencapai skor 154 (tertinggi kedua setelah Hanoi, Vietnam) dengan partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrometer atau setara 0.0025 milimeter. Yes, we’re talking about teeny tiny invisible air particle here. 

Pengguna jasa ojek online menurut saya adalah salah satu yang harus aware akan bahaya polusi untuk kulit. Dua kali naik ojek pulang dan pergi, belum lagi kalau harus berhadapan dengan lebih banyak asap kendaraan karena terjebak macet di rush hour. Makanya, untuk mencegah efek buruk polusi lebih jauh lagi, kita perlu menambah beberapa produk skincare yang punya fungsi proteksi lebih untuk kulit. Karena bulan ini temanya adalah #FDLocalPower, produk-produk skincare untuk pengguna ojol yang akan saya bahas adalah dari brand-brand lokal yang bisa kamu beli secara online ataupun di store langsung. Berikut ini langkah skincare routine yang nggak boleh ketinggalan untuk dilakukan pejuang ojek online : 

Pakai Sunscreen 

haple sunscreen

Hal pertama dan yang terpenting untuk bersiap melawan polusi adalah menggunakan sunscreen. Yes, sunscreen is supposed to protect you from the sun, not air pollution. But too much sun exposure is also harmful to the skin dan bisa menyebabkan beberapa jenis kerusakan kulit. Kalau kulit kita nggak dilindungi dengan baik dari sinar UVA dan UVB yang berasal dari matahari, moisture barrier alias pertahanan paling luar kulit bisa melemah dan kulit kita jadi mudah dikalahkan oleh banyak hal, termasuk polusi tentunya. Kamu bisa coba menggunakan sunscreen lokal Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50 atau Haple Daily Sunscreen SPF 30 untuk perlindungan selama berpanas-panasan di motor. Jangan pernah melewatkan sunscreen dalam skincare routine kamu ya!

Bawa Soothing Face Mist

lacoco face mist

Sesampainya di tempat tujuan kamu bisa mengaplikasikan produk skincare dengan soothing effect untuk menenangkan kulit yang terkena polusi. Biasanya kalau sedang tidak pakai makeup saya bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan face wipes lalu menggunakan face mist favorit saya. Fungsi soothing ini diperlukan supaya kulit kita nggak stres pasca terkena udara yang panas dan nggak bersih. Beberapa pilihan face mist dari brand lokal yang bisa kamu coba di antaranya : Haple Pure Rose Water, Mustika Ratu Oxigenated Spray, Rollover Reaction Face Mist, dan Lacoco Aloe Vera Soothing Mist

Jangan Lupa Double-Cleansing

Pakai makeup ataupun nggak pakai makeup, melakukan double cleansing itu perlu banget dalam skincare routine. Kita nggak pernah tahu berapa banyak kotoran dan partikel kecil dari polusi udara yang nempel di kulit wajah selama kita lagi naik ojek online. Belum lagi kalau rute yang kamu lalui adalah jalan raya dan banyak titik macetnya, sudah pasti ada semakin banyak asap kendaraan yang nempel di sana sini kan? Untuk pilihan produk first cleanser dari produk lokal : Luxcrime Advanced Formula Cleansing Oil, Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil, Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water dan Studio Tropik Micellar Rosewater.

27578684_1745453242172728_1285837767321845760_n

Sementara untuk produk second cleanser yang berbentuk sabun muka, sepertinya udah banyak banget brand lokal yang punya produk face wash bagus. Saat membersihkan muka, menurut saya sebenarnya nggak harus muluk-muluk cari produk dengan ingredients tertentu, yang terpenting adalah kita konsisten untuk melakukan double cleansing.

Baca juga: 7 Makanan yang Baik untuk Melindungi Diri dari Polusi

Pilih Serum dengan Kandungan Antioksidan

Kandungan antioksidan bisa membantu menjaga kulit kita dari radikal bebas yang bisa merusak fungsi moisture barrier. Efeknya mungkin tidak akan terlihat overnight, tapi untuk jangka panjang serum antioksidan bisa jadi penyelamat kulit kamu dari penuaan akibat dampak buruk terpapar polusi. Saat mencari pilihan produk serum antioksidan, kamu bisa coba kandungan vitamin C, vitamin E, Niacinamide, Retinol, Greentea, atau Resveratrol.

Somethinc1

Produk lokal dengan kandungan antioksidan juga sudah banyak kok di pasaran, di antaranya : Ristra Anti Wrinkle with Antioxidant Night Cream,  Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum, atau Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum.

Pelembab dan Soothing Gel

Lagi-lagi, skin barrier yang kuat adalah kunci kulit sehat walaupun sehari-hari terpapar polusi. Pelembab berperan penting untuk menjaga kulit tetap sehat, dan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif bisa juga menambah tahapan skincare routine malam dengan soothing gel supaya menjaga kulit nggak iritasi.

rose all day aloeha

Pilihan soothing gel dari brand lokal yang saya rekomendasikan adalah Rose All Day Aloe-HA Aloe Vera Gel dan N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel. Sementara untuk pelembab, kamu bisa coba produk : Wardah Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel, dan Emina Moist in a Bottle Moisturizer.

Deep Cleansing 2-3 Hari Sekali

Langkah skincare routine terakhir buat kamu pengguna setia ojek online adalah deep cleansing. Kamu bisa selang-seling menggunakan clay mask, exfoliating toner atau face scrub tergantung kebutuhan kulit. Deep cleansing sangat diperlukan kalau kamu memang tinggal di kota besar dan terbiasa dengan mobilitas tinggi sepanjang minggu. Produk eksfoliasi akan berguna banget supaya sel-sel kulit mati dan partikel debu nggak terperangkap di pori-pori kulit kita dan akhirnya jadi sumber masalah. Walaupun kita udah rajin melakukan double cleansing, masih ada bagian kecil di dalam pori-pori yang mungkin nggak bisa dijangkau oleh sabun cuci muka. And thats where your exfo toner needs to step in!

luxcrime charcoal mask

Kalau kamu lebih suka menggunakan produk chemical exfoliator dalam bentuk toner kamu bisa coba produk Avoskin Miraculous Refining Toner dan Wardah White Secret Exfoliating Lotion. Sedangkan untuk pilihan produk physical exfoliator kamu mungkin akan suka produk La Tulipe Gentle Scrub Gel dan Mustika Ratu Peeling Mundisari. Terakhir, untuk masker kamu bisa coba masker Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask, Joylab Lava Clay Pore Mask atau Lacoco Amazonian Charcoal Glow Mask. 

Kalau kamu punya rekomendasi produk lokal yang bagus untuk pejuang ojol juga, share di komentar ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment