Ngobrol Tentang Self Love Bareng Feby Rahmawati, Founder Beautitarian

Berawal dari pemahaman tentang self-love, Feby Rahmawati pun terinspirasi untuk menciptakan produk kecantikan yang memang bisa membantu banyak orang untuk mengoptimalkan lagi rasa percaya dirinya masing-masing. Akhirnya, Feby pun hadir dengan Beautitarian, sebuah brand kecantikan yang mengutamakan kenyamanan pemakainya, praktis dan juga mengusung konsep vegan, halal, cruelty free, serta paraben free. Kalau kamu pingin tahu cerita detailnya tentang brand yang satu ini, simak yuk obrolan saya dengan Feby, founder dari Beautitarian.

IMG_8539

Q: Hai Feby, apa sih yang mendasari kamu untuk menciptakan Beautitarian ini?

Hai Arinda, jadi hal yang mendasari saya buat menciptakan Beautitarian ini sebetulnya karena saya melihat  sekarang ini sangat sedikit awareness orang untuk mencintai dan diri sendiri. Kayaknya masih belum banyak juga yang berani untuk  bangga sama keunikan dalam diri mereka. Padahal saya tuh percaya banget kalau setiap orang diciptakan cantik, dengan keunikan masing2. Belum lagi sekarang ini orang masih aja ada yang terpaku sama beauty standar tertentu. Cantik harus sesuai dengan standar itu. Padahal kan tidak seharusnya seperti itu.

60975807_671197603330325_8950215531782790395_n

Q: Okay, kalau begitu arti dari Beautitarian sendiri apa?

Seperti yang tadi sudah sempat saya bilang, bahwa semua orang itu cantik, unik, dan mereka punya cara tersendiri untuk embrace kecantikan mereka. Nah, berangkat dari situ saya merasa cantik itu nggak harus jadi seperti orang lain. Karena pada dasarnya mereka udah cantik, jadi hanya butuh tools atau cara gimana supaya bisa lebih pede, ya salah satunya dengan memakai makeup. Maka dari itu saya menggunakan kata Beautitarian, yang punya arti “orang-orang yang percaya akan kecantikan mereka”.

 

Q: Boleh dong diceritakan ke pembaca, apakah background kamu ada kaitannya dengan dunia kecantikan?

Sebetulnya nggak ada sih. Background saya itu manajemen pemasaran, dan S1 serta S2 nya linier. Tapi saya tuh termasuk seorang beauty enthusiast. Jadi setiap kali membahas soal kecantikan, saya tuh semangat banget. Akhirnya, sebagai salah satu bukti cinta saya terhadap dunia kecantikan, saya memulai usaha salon kecantikan di daerah Kemayoran. Lalu, lama kelamaan saya mulai berpikir, bahwa beauty enthusiast lainnya di Indonesia juga pasti butuh sesuatu yang menyemangati mereka, bukan hanya supaya kelihatan cantik, tapi juga juga nyaman sama diri mereka.

Processed with VSCO with hb1 preset

 

Q: Nah, karena local beauty lagi emerging banget sekarang, bahkan produk lipstik juga udah banyak banget hadir dari brand lokal lainnya. Kenapa Beautitarian menjadikan lipstik sebagai produk pertamanya?

Saya tipe orang yang suka banget koleksi lipstick, terutama yang warnanya MLBB (my lips but better). Tapi saya merasa belum ada nih produk lipstik yang nyaman banget dipakai dan blendable buat dipakai di area wajah yang lain, secara saya orang yang suka banget dengan kepraktisan. Jadilah saya memilih buat menghadirkan produk lipstik yang nyaman, blendable untuk dipakai di area wajah lainnya dan pastinya praktis!

 

Q: Lalu, apa nih keiistimewaan lipstick Beautitarian disbanding lipstick lain yang pernah kamu coba?

Okay, produk lip cream Beautitarian ini bukan hanya sebagai another lip product buat pengguna kosmetik di Indonesia. Lip cream ini juga saya hadirkan sebagai dedikasi terhadap para beauty enthusiast untuk mendapatkan produk yang  nyaman, aman, kualitasnya bagus dan masih ramah di kantong. Selain kepraktisan yang udah saya jabarkan tadi, saya juga sangat aware dengan kualitas produk Beautitarian. Produk Beautitarian ini vegan, halal, cruelty free, dan paraben free. Selain itu, saya merasa produk Beautitarian ini  adalah lip cream ternyaman yang pernah saya coba. Jadi saya nggak ragu kalo akan banyak beauty enthusiast akan suka juga dengan produk Beautitarian.

 

 

Q: Boleh diceritakan dong soal inspirasi dan proses pengembangan produk Beautitarian ini?

Sebenarnya inspirasinya dari Beauty Enthusias yg akan jadi konsumen kita. Apa keinginan mereka, kebutuhannya, sampai kriteria produk seperti apa yang mereka cari. Hal yang paling utama kita teliti sebelum mengeluarkan produk untuk pertama kalinya adalah, produk lip cream seperti apa yang mereka inginkan tapi belum ada di pasaran. Nah, itulah yang menjadikan Beautitarian produknya seperti sekarang ini. Proses pengembangan produknya sekitar 1 tahunan, karena saya orang yang cerewet dan nggak mau main-main soal kualitas produk. Saya lebih memilih  terlambat launching daripada mengorbankan kualitas produk. Saya selalu mencoba produk ini ke diri saya dulu buat pertama kali. Saya selalu merasakan feel nya ketika pakai produk ini, gimana rasanya pas dipakai sehari-hari, dan ditimbang-timbang plus minusnya dibandingkan dengan formula dari brand yang sudah exist. Lalu saya juga minta penilaian dari beberapa panelis yang ada di segmen yang diincar Beautitarian, kemudian mendengarkan banget kritik dan saran mereka. Setelah itu, baru deh saya ambil keputusan formula ini layak dijadikan produk Beautitarian atau tidak.

IMG_8109

 

 

Q: Apa warna lipstick favorit kamu dari koleksi Beautitarian?

Warna favorit saya Somepink Special kalo untuk dipakai sehari-hari. Saya selalu sedia ini di dalam tas. Kalau untuk makeup yang agak bold, saya lebih suka Berry Pixiedust.

Q: Apa sih pelajaran terbesar yang kamu dapatkan saat meluncurkan Beautitarian?

Pelajaran terbesar saat launching adalah bahwa semua harus direncanakan secara matang. Planning itu penting. Baik yg long term maupun short term. Selain itu, komunikasi juga penting banget karena ternyata, semua hal itu berkesinambungan, lho. Nggak bisa dipisah-pisah.

Q: Ada rencana mengeluarkan produk baru apa lagi dalam waktu dekat ini?

Kita lagi on progress nih untuk jenis produk makeup wajah lainnya. Tungguin aja ya, hehe

Q: Ada tips & trick kah untuk teman-teman lain yang punya rencana mau bikin brand kecantikan lokal seperti seperti kamu?

Tipsnya adalah pastikan semua terencana dengan benar. Industri kecantikan ini adalah industri yang cepat sekali bergerak. Kecepatan dan ketepatan dalam berpikir dan bertindak adalah modal utama supaya bisa go and grow di industri ini. Dan jangan cepet bosen dan nyerah sih sebenernya. Itu yang paling penting.