Apa Benar Berkeringat = Banyak Lemak Terbakar?

Salah satu indikator yang banyak orang perhitungkan saat berolahraga adalah banyaknya tubuh berkeringat. Hingga banyak orang yang rela berolahraga di bawah terik panas matahari di siang hari agar dapat lebih banyak memproduksi keringat. Namun, apa benar banyaknya keringat yang keluar jadi indikasi banyaknya kalori yang dibakar saat berolahraga? Ini penjelasannya!

Kenapa saat berolahraga tubuh berkeringat?

Olahraga Seru dan Bebas Stress- female daily-3

 

Kegiatan yang memacu aliran darah seperti olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh, di sinilah keringat yang keluar berperan untuk menurunkan kembali suhu tubuh sehingga dapat dingin kembali. Dilansir dari website HelloSehat , suatu penelitian pada kumpulan atlet balap sepeda menunjukan bahwa berolahraga pada suhu yang panas dapat membantu memperbanyak produksi keringat sehingga mempercepat proses pendinginan tubuh kembali serta memperlancar aliran darah, namun hal tersebut tak ada kaitannya dengan jumlah kalori yang dibakar. 

Faktor dibalik banyaknya keringat

Diet dan Olahraga Bukan Timbangan Jadi Patokan-2

 

Banyak atau tidaknya keringat saat berolahraga juga didasari oleh beberapa faktor. Beberapa diantaranya adalah gender, tingkat kebugaran, hingga berat badan seseorang. Untuk faktor gender, pada umumnya pria memproduksi lebih banyak keringat meski secara natural wanita memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak. Hal tersebut dikarenakan kelenjar keringat pada pria cenderung lebih aktif dibanding wanita.

Untuk faktor tingkat kebugaran, orang yang terbiasa aktif berolahraga cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih rendah. Sehingga, pendinginan tubuh dengan proses berkeringat pun terjadi lebih cepat sehingga tubuh dapat pulih dengan cepat dan dapat segera menyelesaikan olahraga kembali.

Sementara untuk orang dengan berat badan berlebih juga dapat memproduksi keringat lebih banyak dikarenakan lemak pada tubuh bertindak menjadi insulator panas yang menghantarkan panas lebih cepat sehingga suhu tubuh pun lebih cepat meningkat.

Keringat bukan menjadi faktor banyaknya kalori yang dibakar

Rekomendasi Olahraga Seru dan Bebas Stress- female daily

Girls, kalau kebetulan kamu menimbang badan setelah mengeluarkan keringat yang banyak setelah berolahraga, percayalah hal tersebut terjadi hanya karena keringat yang menguap, dan penurunan berat badanmu itu hanya bersifat sementara dan akan dengan cepat kembali setelah badanmu terhidrasi. Jadi jangan salah kaprah yaa!

Bagaimana sudah tahu kan faktanya? Yang paling penting, tetap sesuaikan porsi olahraga dengan kondisi badanmu dan jaga tubuh tetap terhidrasi selama kamu berolahraga. Stay fit and healthy!