skin care

Rekomendasi Moisturizer Ringan untuk Kulit Kering

seo-img-article

Kulit kering bukan berarti harus memakai pelembap dengan tekstur yang lengket dan nggak nyaman di kulit. Banyak kok moisturizer ringan dan nyaman, namun mampu melembapkan kulit kering.

Kulit saya memang kering. Tapi kalau pakai cream moisturizer yang teksturnya thick dan terlalu berat, seringkali malah muncul jerawat. Jadi solusi saya sih biasanya layering skincare. Biasanya saya lakukan 7 skin method ketika pakai toner, nggak pernah skip hydrating serum/ ampoul, dan kalau memang sedang kering-keringnya, saya akan tambahkan step skincare saya dengan face oil dan/ atau sheet mask.

Untuk cream moisturizer-nya, saya memilih yang teksturnya ringan. Saya paling suka moisturizer yang teksturnya seperti jelly, atau lotion semi-gel. Tapi tentu nggak sembarangan pilih yang teksturnya ringan. Saya mau walaupun ringan, namun moisturizer yang saya pakai tetap punya efek melembapkan.

Nah, setelah mencoba berbagai moisturizer, ada tiga yang saya suka banget:

pelembap gel dry skin (1)

1. Cremorlab T.E.N Cremor Fresh Water Gel

Sebenernya yang lebih popular dari merek ini adalah first essence-nya yang diberi nama Cremorlab Mineral Treatment Essence. Saya juga sudah mencoba first essence tersebut, tapi menurut saya sih, yang istimewa dari brand ini malah krim pelembabnya yang ini. Teksturnya cream semi-gel, rasanya adem dan nyaman banget saat diaplikasikan ke kulit.

Moisturizer ringan ini mengandung Butylene Glycol dan Camellia Sinensis Leaf Extract sebagai humectant pada list bagian awal ingredient, yang artinya dua kandungan ini adalah yang terbanyak dipakai dalam produk ini. Dan ini bagus banget untuk menghidrasi kulit. Selain itu ada kandungan Centela asiatica dan ekstrak licorice, yang bagus untuk mencerahkan wajah dan mencegah jerawat.

Ini adalah moisturizer yang sedang saya pakai saat ini. Moisturizer ini memang benar melembapkan kulit saya, dan lembapnya juga awet seharian atau semalaman. Dan setelah habis 3/4 jar, saya juga merasakan kulit saya lebih cerah. Walau harganya lumayan mahal, namun kemasannya besar dan produknya nggak habis-habis.

pelembap gel dry skin (4)

2. Langsre Aqua Power Cream

Yang ini teksturnya lebih gel-ish dibanding Cremorlab, lebih cepat meresap di kulit, namun untuk daya melembapkannya sama bagusnya. Karena teksturnya yang lebih ringan, jadinya produknya juga lebih cepat habis sih. Saya ngerasa agak boros ketika pakai moisturizer ini.

Kata “Aqua” yang disematkan dalam produk ini bukan karena produknya menggunakan air di ingredient atas, tapi lebih karena produk ini mengandung banyak bahan yang sifatnya humectant seperti Deep Sea Water, Glycerin, Pseudoalteromonas Ferment Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Althaea Rosea Root Extract, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Sodium Hyaluronate, Adenosine dan lain-lain. Selain itu, produk ini juga mengandung Centella asiatica dan ekstrak chamomile sebagai soothing agent. Lalu juga ada Niacinamide dan ekstrak licorice sebagai pencerah.
Yang saya rasakan setelah memakai produk ini kulit saya memang lebih lembap, terasa sehat dan kenyal, jauh dari masalah. Tapi di kulit saya, produk ini nggak punya efek mencerahkan atau menaikan tone kulit wajah. Saya sih nggak masalah, karena yang saya cari adalah efek lembapnya.
pelembap gel dry skin (1)

3. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturising Cream

Nah, ini andalan saya kalau sedang kehabisan moisturizer dan nggak sempat mencari atau beli online, karena yang satu ini tersedia di drugstore dan supermarket manapun. Saya memang suka Hada Labo Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturising Cream ini, bahkan lebih suka dibandingkan Hada Labo Perfect 3D Gel yang lebih terkenal itu. Sama seperti cream-cream sebelumnya yang sudah saya bahas, cream ini teksturnya ringan dan adem dikulit. Walau kalau dibandingkan dengan dua yang lain, Hada Labo ini masih agak sedikit thick.
Produk ini menggunakan Sodium Hyaluronate dan Glycerin sebagai humectant. Walau tertulis sebagai night cream di petunjuk pemakaiannya, namun saya tidak menemukan bahan-bahan yang harus dihindari untuk pemakaian di siang hari. Jadi saya menggunakan produk sebagai moisturiser pagi dan malam hari. Daya lembap produk ini menurut saya juga cukup bagus dan lumayan mampu bertahan lama di kulit.
Selain ketiga moisturiser di atas, saat ini saya juga sedang mencoba Skin1004 Madagascar Centella-Asiatica Cream. Sejauh yang saya rasakan krim ini punya tekstur ringan dan mampu melembapkan kulit. Namun tidak saya review, karena saya baru mencobanya selama satu minggu.
Kalau kamu, apa produk moisturizer favorit untuk mengatasi kulit kering?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment