4 Jenis Pelembap Kulit Tubuh

Yuk, kenali jenis-jenis pelembap kulit tubuh yang sering kita temui di pasaran!

Kulit tubuh juga sama pentingnya dengan kulit wajah, jadi harus diberikan perhatian dan dirawat juga. Kalau dalam kasus saya, justru kulit badan saya lebih rewel daripada kulit wajah. Kulit badan saya amat sangat kering, dan kalau sudah kering akan terasa gatal dan muncul kerak-kerak di beberapa bagian. Bila kering, kulit badan saya juga mudah terluka dan bekasnya susah hilang. Makanya saya benar-benar nggak bisa lepas dari yang namanya pelembap badan. Saya bahkan selalu membawa body cream atau body butter kemasan kecil dalam tas tangan saya, agar bisa saya gunakan untuk melembapkan tubuh, kapan saja dan dimana saja, ketika kulit saya mulai terasa kering dan nggak nyaman.

Banyak jenis pelembap tubuh yang ditawarkan di pasaran. Ada body lotion, body butter, body oil, bahkan akhir-akhir ini mulai muncul body serum dan body yoghurt. Bingung nggak sih, mana yang paling cocok untuk kebutuhan kulit kita? Eits…nggak usah bingung. Kenali dulu bermacam-macam bentuk pelembap tubuh, yang biasa tersedia di pasaran ini:

jenis pelembap tubuh (2) - Copy

1. Body Lotion

Ini merupakan jenis pelembap kulit tubuh yang paling umum dan paling banyak ditemukan. Jenis pelembap yang satu ini, biasanya bertekstur lotion cenderung encer, nggak terlalu padat. Body lotion ini biasanya sangat mudah diratakan ke permukaan kulit dan juga cepat meresap tanpa meninggalkan rasa lengket. Tekstur yang ringan ini dipengaruhi oleh ingredient-nya, yang memang lebih banyak kandungan air daripada minyaknya.

Body lotion menurut saya adalah jenis pelembap tubuh yang paling nyaman untuk digunakan di seluruh kulit tubuh. Dalam perkembangannya, mulai banyak nama lain yang kreatif untuk penyebutan body lotion ini, misalnya body serum, body sorbet, dan body yoghurt.

Kalau punya jenis kulit yang normal atau nggak terlalu kering, pelembap ini bisa dijadikan pilihan untuk sehari-hari. Untuk siang hari, saya juga lebih suka menggunakan body lotion saja. Favorit saya adalah Noroid Soothing Lotion.

Baca juga: 3 Body Lotion Seampuh Body Butter Untuk Kulit Kering

2. Body Cream

Body cream ini teksturnya lebih thick dari body lotion, namun tidak sekental body butter. Kandungan minyaknya lebih banyak dari body lotion, namun masih memiliki kandungan air di dalamnya. Buat kulit saya yang kering, body cream masih sangat nyaman digunakan untuk pelembap harian untuk seluruh kulit tubuh. Tapi untuk yang nggak punya permasalahan kulit kering, sepertinya akan merasa lengket dan nggak nyaman.

Biasanya saya menggunakan body cream ini di malam hari ketika mau tidur, atau sehabis berenang, untuk seluruh tubuh. Tapi bila kondisi kulit sedang kering-keringnya, saya juga memakainya di siang hari. Favorit body cream saya adalah Nivea Creme.

jenis pelembap tubuh

3. Body butter

Pelembap tubuh jenis ini punya tekstur yang sangat padat dan kesat seperti mentega. Dalam pembuatannya, body butter tidak menggunakan air sama sekali. Jadi tekstur yang dihasilkan memang benar-benar padat. Teksturnya yang padat, membuat produk ini agak susah diratakan dan meresap ke dalam kulit. Jadi memang butuh ekstra tenaga dan waktu ketika memakai pelembap tubuh jenis ini. Walau kulit saya kering, tapi saya sendiri kurang nyaman memakai body butter untuk seluruh tubuh. Saya lebih suka mengaplikasikannya di beberapa spot yang memang sangat kering dan butuh perhatian khusus.

Body butter ini biasanya banyak saya temui di produk-produk homemade lokal. Favorit saya sejauh ini adalah Yagi Natural Body Butter. Menurut saya, banyak produk yang tersedia di pasaran yang menggunakan nama dagang body butter seperti The Body Shop Body Butter, Herborist Body Butter, Mustika Ratu Body Butter, Wardah Body Butter, dan masih banyak lagi, sebenarnya adalah jenis body cream. Bukan berarti produk-produk tersebut jelek, karena saya juga adalah pemakai setia The Body Shop Body Butter, hanya saja sepertinya lebih tepat bila disebut body cream.

 

4. Body Oil

Nah, yang terakhir ini memang teksturnya paling cair di antara ketiga lainnya, karena memang terbuat dari minyak 100%, namun sangat melembapkan. Kemampuannya untuk meresap ke kulit tubuh, sangat dipengaruhi oleh jenis minyak yang terkandung di dalamnya. Misalnya, grapeseed oil tentunya lebih ringan dan mudah meresap dibandingkan argan oil. Untuk membantu penyerapan produk ini, saya suka memakainya saat kulit badan masih basah, sehabis mandi.

Banyak banget produk body oil yang saya suka. Yang paling sering saya pakai sebenarnya adalah Pure Olive Oil Wardah atau Virgin Coconut Oil Melia. Namun saat ini saya sedang memakai Argan Body Oil The Body Shop.

Baca juga: Menggunakan Body Oil Untuk Pengganti Body Lotion

Sudah nggak bingung kan memilih jenis pelembap tubuh? Sesuaikan saja dengan jenis kulitmu. Saran saya sih, karena cuaca sedang dingin dan bikin kulit semakin kering, selalu sediakan jenis pelembap tubuh yang lebih lembap dari body lotion, seperti body cream atau body butter. Just in case kulitmu tiba-tiba kering dan butuh penanganan khusus.