5 Kandungan Skincare yang Bisa Bikin Komedo

Punya masalah dengan komedo yang menngganggu? Yuk coba cek lagi label ingredients di skincare dan makeup kamu, jangan-jangan bahan di bawah ini adalah penyebab komedo di kulitmu!

Komedo adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu karena bikin wajah kita kelihatan kurang flawless. Komedo muncul karena adanya penyumbatan oleh sel-sel kulit mati atau minyak di pori-pori kulit kita. Selain itu, makeup atau skincare dengan kandungan bahan comedogenic juga bisa jadi penyebab dari komedo. Apa saja sih bahan yang dapat bersifat comedogenic?

asian woman - comedo

Alkohol

Alkohol seperti metanol atau etanol sering digunakan sebagai pelarut pada beberapa jenis skincare, terutama skincare untuk kulit yang oily atau kombinasi. Alkohol juga memiliki sensasi dingin pada kulit dan dapat mengurangi minyak berlebih di wajah. Namun ternyata, penggunaan alkohol di wajah bisa menyumbat pori-pori di wajah yang dapat mengakibatkan komedo bahkan jerawat. 

Cocoa butter

Begitu mendengar cocoa butter yang pertama kali terpikirkan pasti adalah wanginya yang enak seperti kue! Cocoa butter adalah lemak yang diambil dari cokelat sehingga memiliki kandungan asam lemak yang tinggi dan dapat membantu melembabkan kulit dan mengurangi kerutan dengan menambah keelastisan kulit. Biasanya, bahan ini digunakan untuk moisturizer atau lipbalm. Di balik manfaatnya, kandungan asam stearat dan oleat yang tinggi pada cocoa butter bisa menyumbat pori-pori pada semua jenis kulit wajah, sehingga cocoa butter sangat tidak disarankan digunakan untuk kita yang memiliki kulit acne-prone. Sebaiknya, cocoa butter digunakan untuk skincare tubuh saja ya, misalnya body lotion, body cream, atau body butter.

 

10 Kandungan Skincare yang Bagus Buat Melawan Jerawat

Silicone

Kandungan silicone pada makeup seperti primer atau foundation bisa berupa Dimethicone, Methicone, Trimethicone, dan sebagainya. Bahan silicone di produk kosmetik akan membuat wajah kita lebih lembut, velvety, dan flawless karena bahan ini dapat membentuk suatu lapisan yang menutupi kulit. Silicone juga digunakan untuk jenis kosmetik yang water resistant, sehingga make up yang kita gunakan tidak mudah hilang jika terkena keringat. Tapi ternyata, kemampuan silicone dalam membentuk lapisan di permukaan kulit, tidak hanya dapat menutupi make up atau kondisi kulit asli kita saja loh, tapi juga dengan kotoran, sel kulit mati, atau debu yang ada di wajah kita! Hal ini yang dapat menyebabkan pori-pori kulit kita menjadi tersumbat dan komedo akan muncul.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Bikin Komedo Muncul Terus

Close Up acne small pimple on nose. concept of beauty and health.

Coconut oil 

Coconut oil adalah kandungan yang biasanya ditemukan pada produk pelembab kulit.  Coconut oil mengandung vitamin E dan asam amino esensial yang dapat bermanfaat bagi kulit. Selain itu, coconut oil memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga apabila teroksidasi dapat berperan seperti lem yang akan merekatkan partikel debu atau sel-sel kulit mati sehingga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo. Tapi  jangan khawatir, kita tetap dapat menggunakan coconut oil dalam bentuk virgin coconut oil (VCO) karena coconut oil jenis ini lebih sulit teroksidasi sehingga cenderung non-comedogenic.

Talc 

Kandungan ini dapat dengan mudah kita dapat temukan di bedak atau foundation karena talc adalah zat yang memiliki banyak fungsi seperti menyerap minyak berlebih, membantu melekatkan makeup ke kulit, dan dapat mencegah makeup yang diaplikasikan jadi cakey. Tapi, talc yang tidak dibersihkan dengan sempurna bisa menyumbat pori-pori bersama dengan debu atau sel kulit mati, sehingga bisa menyebabkan komedo.

Nah, apakah bahan-bahan di atas ada yang tercantum di label skincare atau makeup kamu? Mulai sekarang, sebaiknya lebih teliti ya saat membeli produk untuk kulit agar bisa terhindar dari komedo!

 

Photo: Freepik.com