Kebiasaan Buruk yang Membuat Komedo Terus Muncul!

Perasaan kamu sudah rajin membersihkan wajah deh, tapi kok komedo masih terus saja betah bermunculan di muka? Sebetulnya, komedo bukan cuma melulu karena kebersihan wajah, kok. Mungkin, ada beberapa kebiasaan buruk kamu di bawah ini yang baik secara sadar maupun enggak, tapi seringkali dilakukan. Penasaran? Cek apa aja, dan coba singkirkan tabiat ini demi menyingkirkan komedo yang membandel!

Professional-1Pcs-Blackheads-Double-Side-Whiteheads-Acne-Remover-Comedone-Extractor-Face-Care-Beauty-Stainless-Tool-side

  1. Mencoba memencetnya keluar

Memegang-megang komedo, apalagi menekan-nekannya agar kamu bisa membawanya ke permukaan dan “mengenyahkan” benda mengganggu tersebut, sebetulnya malah bisa memperparah kondisinya, lho! Pertama, tangan kamu belum tentu bersih. Menjamah pori-pori wajah dengan tangan yang kotor bisa memicu masalah yang lebih parah seperti contohnya jerawat. Kedua, kalau memang mau mengeluarkan komedo, sebaiknya lakukan dengan bantuan beautician di tempat facial ya. Itu pun mesti memakai alat yang sudah disterilisasi!

Baca juga: Mencoba Pinset Komedo yang Hits. Berhasil kah?

 

  1. Malas mengenakan perawatan khusus

Treatment terhadap komedo enggak cuma pore pack semata, lho! Contohnya nih, retinoid merupakan salah satu bahan yang diklaim efektif untuk mengatasi komedo. Jika kamu merasa terhambat untuk memakai retinoid karena satu dan lain hal, misalnya sedang hamil, perawatan untuk memecahkan masalah komedo bisa dilakukan dengan aplikasi skin care yang mengandung salicylic acid. Tapi, kalau kamu perlu catatan ekstra untuk melihat apakah BHA ini aman atau tidak buat bumil, ada tulisan yang bahas tentang skincare apa saja yang aman untuk bumil, dan di sini BHA disebutkan oleh dr. Kevin Maharis sebagai salah satu yang cukup aman untuk digunakan saat kehamilan.

stella-korean-powder-cleanser-face-bath-4

 

  1. Berlebihan dalam membersihkan muka

Serba salah ya kalau dipikir-pikir. Membersihkan muka saja harus sesuai “dosis” dan takaran. But then again, skin care is hard work! Misalnya nih, kamu suka banget membersihkan wajah pakai sikat elektrik khusus muka. Enggak salah sih, cuma ya jangan digunakan setiap hari juga. Sebab, frekuensi membersihkan wajah pakai alat seperti Clarisonic dan sebangsanya pun mesti diatur. Idealnya, kamu sebaiknya mengenakan sikat wajah sebanyak dua sampai tiga hari sekali saja agar tidak menimbulkan iritasi yang justru dapat memicu keberadaan blackheads ataupun whiteheads.

Baca juga: 4 Skincare Untuk Komedo Dari Korea

 

  1. Aplikasi scrub pada area berkomedo

Meskipun rasanya gemas dan akan sangat puas apabila kamu bisa menggosok-gosok komedo keluar dengan scrub, hal ini sebaiknya tidak dilakukan lho! Masalahnya, pemakaian scrub dapat menghilangkan sebum dari permukaan kulit. Nah, hal ini seringkali dikhawatirkan malah akan memicu produksi minyak yang lebih banyak lagi jadinya. Pori-pori kulit pun berpotensi untuk tersumbat. Belum lagi, risiko jerawat yang bisa muncul karena peradangan!

eye-makeup-remover

  1. Sering lupa membersihkan makeup

Last but not least, sepertinya kalau yang satu ini enggak boleh ditawar-tawar lagi dong, ya. Yup, kosmetik yang masih tersisa di permukaan wajah, apalagi jika makeup yang kamu gunakan bukan tipe non-comedogenic, pastinya dapat menjadi penyebab gejala komedo yang mengganggu penampilan. Kalau kulit kamu gampang dihinggapi komedo nih, pastikan saja makeup kamu tidak memiliki komposisi dasar minyak ya.

 

Nah, apa nih trik andalan kamu buat atasi masalah ini?