Rambut Tipis? Coba 5 Produk yang Nggak Bikin Lepek Ini!

Punya rambut tipis bikin saya lebih sering main aman dibanding styling dengan bermacam-macam gaya. Soalnya, meski habis di blow-dry atau dicatok ikal, rambut jadi gampang balik lagi ke bentuk aslinya karena terlalu halus dan “jatuh”. Tapi, saya punya lho produk-produk andalan untuk merawat rambut tipis saya supaya tetap sehat dan nggak gampang lepek.

Pengennya sih bisa sering tampil dengan bed head ala Alexa Chung. Rambutnya tipenya sama dengan rambut saya, tapi dia biasa menyiasatinya dengan membuat rambutnya acak-acakan biar lebih terlihat bervolume. Sayangnya, karena tinggal di Indonesia dan sering naik ojek, kalau saya tampil dengan messy bob seperti Alexa, saya pasti dikira nggak pernah sisiran dan keramas sebulan. Hahaha.

ALEXA CHUNG MESSY HAIR - 642

Selain membuat rambut selalu pendek dengan bob klasik (karena kalau panjang jadi kelihatan makin tipis), saya sering pakai produk-produk di bawah ini untuk mantain rambut tipis saya.

1. Dove Volume Nourishment Shampoo

DOVE VOLUME NOURISHMENT SHAMPOO - 642

Senang banget karena sampo untuk rambut lepek sekarang lebih mudah ditemui, bahkan di minimarket. Kalau dulu, saya mesti beli yang impor dan mesti ke supermarket besar atau nitip teman. Sepertinya, di Indonesia sampo yang lebih laris adalah smoothing shampoo, atau sampo yang melembapkan, bikin rambut sehalus sutra, sleek, mudah diatur. Padahal, banyak lho yang punya jenis rambut tipis dan mudah lepek seperti saya.

Nah, saya cocok banget dengan Dove Volume Nourishment Shampoo dan sudah pakai ini sejak 3 taun terakhir. Teksturnya bening, nggak creamy. Saya pakai tiap hari tapi nggak bikin rambut kering. Kalau sedang kehabisan dan pakai sampo lain, terasa banget bedanya: rambut jadi lebih lepek, kempes, dan berat. Kalau pakai ini tuh jadi ringan, dan nggak lepek walaupun saya keringkan secara alami. Tapi lebih bagus lagi kalau sehabis keramas saya keringkan dengan hair dryer dan pakai rol rambut.

2. Rudi Hadisuwarno Hair Growth Serum

rudy hadisuwarno hair growth - 642

Sudah cukup lama saya kenal serum ini, dari ibu dan adik saya, sejak sekitar 10 tahun lalu. Pakainya hanya di kulit kepala, dipijat-pijat lembut setelah keramas. Menurut saya ini lebih efektif dibandingkan hair tonic biasa. Kalau dipakai secara teratur bikin kerontokan berkurang, bahkan memunculkan rambut-rambut kecil yang baru tumbuh! Sebaiknya satu ampul dipakai untuk satu minggu, jadi satu kotak ini bisa cukup untuk 6 minggu.

Sayangnya belakangan ini saya kurang teratur pakainya, karena selalu terburu-buru sebelum ke kantor. Rasanya harus lebih disiplin lagi deh, supaya rambut tipis saya nggak makin tipis karena usia kan makin bertambah. :D

3. Matrix Biolage Scalppure Scalp Serum

BIOLAGE SCALPPURE SERUM 642
Serum untuk batang rambut kan sudah biasa ya. Ternyata ada juga serum untuk kulit kepala dan rasanya menyenangkan! Ada cooling effect yang bikin segar banget, sama sekali nggak lengket dan nggak bikin rambut tipis jadi makin lepek. Saya kan juga punya scalp psoriasis yang kadang muncul dan sangat mengganggu. Nah, kalau pakai produk ini, saya merasa kulit kepala jadi lebih sehat dan iritasi akibat psoriasis itu jadi bisa teratasi.

4. Batiste Cherry Dry Shampoo

BATISTE CHERRY DRY SHAMPOO - 642

Saat tren dry shampoo beberapa tahun silam, ini produk yang pertama kali saya coba. Aromanya girly seperti permen cherry. Botolnya besar jadi isinya banyak. Tapi ada juga yang ukuran kecil untuk dibawa ke mana-mana. Saya sering menemukannya di Mothercare.

Meskipun saya selalu keramas setiap pagi, tapi tetap ada hari-hari di mana rambut tipis saya lebih lepek dari biasanya, misalnya saat PMS. Produk ini sangat membantu bikin tampilan rambut jadi lebih mengembang dan segar. Buat kamu yang keramasnya dua hari sekali, dry shampoo ini bisa dipakai selang-seling dengan sampo biasa, supaya rambut nggak lepek saat belum keramas.

5. Makarizo Texture Experience Hair & Scalp Cream Mint Sorbet

makarizo texture hair and scalp treatment mint sorbet - 642

Masker rambut ini mengandung ekstrak mint yang bikin kulit kepala terasa sejuk, membantu mengatasi minyak berlebih dan mencegah ketombe. Enak banget deh saat dipijatkan di kulit kepala! Rasanya jadi lebih rileks dan segala stres pergi jauh-jauh. :D

Saya sudah coba beberapa produk Makarizo Texture Experience varian yang lain. Aromanya lezat semua, misalnya yang cokelat dan green tea. Tapi hasilnya di rambut saya paling bagus yang ini.

 

 

Selain memakai produk-produk di atas, trik lain saya adalah selalu menyisir rambut dengan sisir sikat berbentuk bulat, serta menghindari pemakaian conditioner, karena conditioner bikin rambut tipis makin halus dan lembut. Jadi untuk memberi nutrisi pada rambut dan menghindari rambut bercabang, saya meminimalkan penggunakan hot tools (hanya pakai hair dryer), dan cukup memakai hair mask seminggu sekali atau ke salon untuk creambath sebulan sekali.

Kalau kamu gimana? Semoga berguna ya untuk menangani rambut tipismu!