banner-detik

food nutrition

Produk Susu Bikin Jerawatan Nggak Sih?

seo-img-article

Salah satu bahan makanan yang paling dihindari oleh mereka yang memiliki acne-prone skin adalah produk susu atau dairy products.  Beberapa percaya, sapi perah yang mengasilkan susu telah disuntik dengan berbagai macam hormon buatan, yang dapat memengaruhi keseimbangan hormon tubuh kita jika dikonsumsi.  Ada juga yang mengatakan bahwa pada dasarnya susu mengandung growth-hormone yang secara alami memicu pertumbuhan jerawat.  Namun, apakah produk susu bikin jerawatan ini masih menjadi perdebatan karena belum adanya cukup bukti yang mendukung teori tersebut!

Baca juga: Skincare Lokal yang Ampuh Atasi Jerawat!

 

Pernahkah kamu mendengar istilah lactose-intolerant? Laktosa, atau senyawa gula yang terkandung dalam susu, akan semakin sulit dicerna ketika kita sudah melewati masa kanak-kanak.  Ketika seseorang tidak memiliki kemampuan untuk memecah senyawa laktosa setelah melewati masa bayi, ia dikatakan sebagai lactose-intolerant.  Faktanya, 65% orang yang ada di dunia mengalami lactose-intolerant. Jika kamu merasa jerawatmu bertambah ketika minum susu, bisa jadi kamu lactose-intolerant! Jerawat yang timbul adalah hasil reaksi alergi laktosa yang kamu alami.

Image result for lactose intolerant

Sumber : www.didyouknowdna.com

Nah, jadi apa solusinya?

Jika kamu merasa produk susu memicu jerawatmu, tentu kamu harus melakukan ELIMINATION DIET. Diet disini bukan berarti kamu harus kurusin badan, ya. Tapi berarti kamu harus coba berhenti mengonsumsi produk susu. Produk susu atau dairy products ga cuma berarti susu lho. Dairy products meliputi berbagai olahannya seperti keju, roti susu, mentega, kue tart, es krim, dan lainnya. (I know.. semuanya enak-enak,  but in beauty there is a price to pay, right !).  Hal ini sekaligus menguji apa kamu betul-betul lactose-intolerant. Karena ada banyak faktor lain yang dapat memicu timbulnya jerawat, seperti alergi terhadap bahan makeup, atau alergi terhadap kakao dan biji kopi juga bisa jadi penyebabnya. Tapi, jangan khawatir, kalaupun kamu lactose-intolerant, sekarang udah banyak banget alternatifnya dengan segala produk yang berlabel gluten-free! Seperti gluten-free ice cream, gluten-free bread, atau almond milk sebagai pengganti susu.

Baca Juga: Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Diwaspadai

Image result for lactose intolerant

Kalo kamu nggak merasa lactose-intolerantthen you have nothing to worry about! Para ahli mengatakan belum terdapat cukup bukti susu menimbulkan jerawat. Namun, bagi kalian yang non lactose-intolerant, dokter tetap menganjurkan agar tidak mengonsumsi susu yang terlalu manis, dan cukup 1 gelas sehari saja. Kalau perlu, ganti susu kalian dengan protein nabati seperti susu kacang kedelai, almond, atau kacang lainnya.

Tapi yang sudah terbukti memengaruhi jerawat adalah makanan yang high-glycemic! Apa itu high glycemic? Pokoknya semua makanan yang bikin gula darah naik dengan cepat, seperti minuman manis-manis (yes, boba drinks included!), minuman bersoda, gorengan, kue-kue, chips, dan berbagai macam junk-food lainnya.

Baca Juga : 3 Makanan “Sehat” Penyebab Jerawat

 

A healthy skin comes from within, jadi suka gak suka, kita harus jaga makanan yang kita konsumsi. So, pay attention to your diet, starting from now! 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment