Rekomendasi Serum Vitamin B3 untuk Hilangkan Flek Hitam

Untuk para pemilik kulit acne-prone atau berjerawat, perjuangan keras untuk dapat kulit bersih dan mulus nggak berhenti saat berhasil menghilangkan jerawat dari permukaan wajah. Setelahnya, ada problema bekas jerawat atau hiperpigmentasi yang masih perlu diselesaikan.

Apalagi kalau kamu seperti saya yang kadang suka gemas dan main pencet jerawat sendiri. Hasilnya? Oh, sungguh nggak membanggakan! Jerawat atau komedo sih hilang, tapi gantinya ada jejak flek hitam atau noda-noda kecoklatan yang bikin kulit wajah tetap saja terlihat nggak bersih!

Selain vitamin C, saya cukup mengagumi kekuatan vitamin B3 atau Niacinamide untuk bantu mengatasi noda bekas jerawat, atau untuk hiperpigmentasi secara general. Memang tidak instan, tapi serum vitamin B3 cukup membantu saya memudarkan flek hitam setelah dipakai sekitar 2-3 minggu setiap hari. Nggak hanya itu, vitamin B3 juga oke untuk mengatasi problem kulit kusam, punya kekuatan anti-aging, dan efek antibiotiknya membantu membuka pori-pori yang mampet dan mengontrol jerawat. Biar efeknya terasa maksimal di kulit, saya pilih produk serum vitamin B3 yang ada kandungan zinc-nya untuk mengurangi noda bekas jerawat. Kandungan lainnya yang bikin vitamin B3 bekerja makin baik di kulit adalah hyaluronic acid plus omega-3 dan omega-6. Yuk simak, rekomendasi serum vitamin B3 untuk hilangkan flek hitam di bawah ini!

Baca juga: Serum yang Paling Banyak Jadi Wishlist

 

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Salah satu serum vitamin B3 untuk hilangkan flek hitam terbaik yang ada di pasaran! Serum ini ringan, tanpa minyak, alkohol maupun silikon. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% khusus diciptakan untuk pemilik kulit acne-prone atau berjerawat jadi untuk saya tak masalah dipakai dengan moisturizer dan sunscreen di pagi hari. Walau begitu, ada juga yang laporan kalau serum ini bikin pilling atau menggumpal setelah beberapa jam jika ditumpuk dengan cream atau sunscreen. Saya pakai ini pagi dan malam hari. Kadang untuk malam saya ganti-gantian dengan serum vitamin C tiap 2-3 hari sekali.

Baca juga: Serum Lokal Terbaik Versi FD Insight

Skin Inc Supplement Bar Vitamin B3 Serum

Selain terbuat dari Vitamin B3 dan hyaluronic acid, serum dari brand yang terkenal akan customized skincare-nya ini juga mengandung Panthenol, atau provitamin B5 yang bekerja mengurangi iritasi dan kulit sensitif, juga bantu kerja vitamin B3 untuk menghilangkan noda luka atau bekas jerawat. Sayangnya, nggak jelas tertera berapa persen kandungan vitamin B3-nya di dalamnya. Gunakan 2-3 tetes untuk seluruh wajah tiap pagi. Atau bisa campur dengan serum lainnya dari Skin Inc untuk customized serum cocktail yang lebih manjur. My choices: Chlorella serum untuk menghilangkan kulit kusam dan flek hitam dan Collagen Serum untuk efek anti-aging yang maksimal.

Baca juga: Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid

Paula’s Choice Resist 10% Niacinamide Booster

Serum Vitamin B3 untuk hilangkan flek hitam yang ada di skincare to-buy-list saya. Belum pernah coba, tapi penasaran karena baca review-reviewnya. Serum dari Paula’s Choice ini disebut-sebut merupakan salah satu serum Vitamin B3 pertama dengan kandungan tinggi. FYI, Menurut para dokter, Niacinamide nggak memiliki efek samping, nggak seperti vitamin C yang bisa lebih mudah memancing iritasi pada kulit. Jadi, kalau kulit kamu tetap iritasi setelah menggunakan serum vitamin B3, kemungkinan besar penyebabnya adalah kandungan lain dalam serum. Serum ini bisa ditetes ke moisturizer atau serum lainnya, atau dipakai sendiri.

Selamat mencoba!