banner-detik

skin care

Kandungan Skincare Buat Mengecilkan Pori-pori

seo-img-article

Persatuan wanita berpori-pori besar di sini, mana suaranya?? Kamu nggak sendirian, masalah ini juga menimpa banyak wanita, termasuk saya. Menimpa kesannya bencana ya. Tapi gimana dong, kadang pori-pori besar itu menyebalkan. Ini jadi sarang perkembangan komedo merajalela di kulit. Hiii.. Jika pengalaman kamu dengan komedo ini mirip dengan pengalaman saya, teruslah membaca. Kandungan skincare ini ternyata cukup berhasil untuk mengecilkan pori-pori kulit saya. Semoga ini bisa membantu kamu juga.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Bikin Komedo Nggak Hilang-Hilang

sunscreen niacinamide

Niacinamide

Saya mencoba menggunakan sebanyak mungkin produk dengan kandungan niacinamide. Ini adalah kandungan yang fantastis untuk berbagai masalah kulit. Bagi saya ini membantu banget untuk mengatur produksi sebum dan meminimalkan visualisasi pori-pori. Coba pikirkan deh, ketika kulit memproduksi sedikit sebum, maka ini bisa mengurangi sebum itu terperangkap dalam pori-pori yang berujung pada oksidasi dan berakhir jadi komedo.

Saya mencoba brand milik Deciem yang kalian pasti tahu: The Ordinary yang mengandung Niacinamide 10% dan zinc 1%, setiap pagi dan malam. Saya mulai melihat perbedaan pada visual pori-pori di kulit. Karena saya melihat ini bekerja begitu efektif, saya pun menambahkan pembersih wajah dengan niacinamide ke dalam rutinitas skincare. Pori-pori yang mengecil dan kulit tidak terlalu berminyak adalah kondisi kulit saya sekarang.

 

body retinol

Retinol

Tujuan utama retinol (apapun bentuknya) adalah bantu menstimulasi kulit untuk menghasilkan kulit baru. Biasanya ini paling bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat, hiperpigmentasi dan penuaan. Setelah memperkenalkan retinol dalam jajaran skincare — saya menggunakan retinoid 2% yang dijual bebas ini, dan sejak itu saya nggak pernah mengalami iritasi dan mendapatkan kulit halus like glasskin dengan pori-pori yang berkurang. Saat ini, saya rutin menyematkan produk ini ke dalam beauty routine saya dua kali seminggu.

Baca juga: 4 Produk Retinol Baru Buat Bikin Kulit Lebih Kencang

 

Salicylic Acid

Salicylic Acid adalah salah satu kandungan skincare yang terbukti berhasil bantu mengecilkan pori-pori kulit. Ia dapat memecah kotoran dan minyak yang membentuk komedo di pori-pori. Kandungan asam ini juga dapat membersihkan sumbatan-sumbatan yang bersarang di pori-pori, selain itu juga dapat memecah lapisan atas kulit yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Ini nih salah satu produk andalan saya: La Roche-Posay Effaclar Medicated Gel Cleanser yang terbukti banget membersihkan kulit wajah tapi nggak menghilangkan elastisitas kulit.

 

AHA

Di hari-hari “off” dari retinol, saya suka menggunakan AHA yang sangat ringan untuk menjaga eksfoliasi tanpa bikin iritasi kulit. Eksfoliasi ini bantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati dari pori-pori sehingga bisa bantu mengecilkan pori-pori kulit. Biasanya saya memilih AHA dengan mandelic acid, atau dengan azelaic acid yang bantu menumpas sumbatan di pori-pori dan menghaluskan permukaan kulit saya yang tergolong sensitif. Keduanya sangat lembut dan juga anti bakteri, jadi nggak cuma membantu meminimalisir tampilan pori-pori, tetapi juga bisa bantu mencegah jerawat di masa depan. Saya melakukan ini tiga kali seminggu.

 

Membahas soal kandungan skincare yang terbukti dapat mengecilkan pori-pori memang menarik diulik. Kamu juga perlu tahu kalau ukuran pori-pori kamu sebagian besar ditentukan secara genetik. Kalau beberapa cara saya tadi berhasil membuat pori-pori tampak mengecil, siapa tau hal yang sama juga bisa terjadi pada kamu. Selamat bereksperimen!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment