Trik Agar Desain Pada Tangkai Brush Makeup Tidak Lekas Pudar

Saya punya trik super mudah, yang bisa bikin tangkai makeup brush dan packaging makeup product yang kita punya, selalu tampak seperti baru.

Sama seperti ketika saya membeli fashion item seperti tas atau sepatu, ketika saya membeli makeup, saya juga berharap makeup yang saya beli tersebut packaging-nya tetap cantik walau sudah lama saya gunakan. Karena ada kebahagiaan tersendiri rasanya, ketika melihat koleksi makeup saya berjajar dengan rapi, bersih, dan packaging-nya masih mulus seperti baru saja di beli. Saya nggak mau nama brand dan juga keterangan varian pada packaging produk yang saya punya cepat memudar. Apalagi kalau makeup produk tersebut punya kemasan yang bagus, atau sangat saya sukai, atau malah limited edition.

makeup brushes

Lebih-lebih lagi untuk brush makeup. Karena saya berharap bisa menggunakan dalam jangka waktu yang sangat lama (makeup brush tidak ada masa layak pakainya), makanya saya sangat menjaga agar penampilannya tetap kelihatan seperti baru. Selain menjaga agar shape dan kelembutan bulunya nggak berubah, saya juga sayang sih terhadap penampilan tangkai kuasnya.

Dan untuk makeup brush, tulisan yang memudar ini sering sekali terjadi. Biasanya tulisannya lebih cepat memudar dibandingkan tulisan pada kemasan produk makeup yang lain. Mungkin karena makeup brush ini lebih sering dicuci, dan juga bagian tulisannya lebih sering bergesekan dengan jari tangan saya ketika dipakai.

Baca juga: Cara Merawat Makeup Brush Agar Tahan Lama

 

Nah, saya punya trik-nya nih, agar tulisan pada tangkai makeup brush kita nggak cepat memudar. Ini penting nggak penting sih. Karena sebenarnya tulisan yang memudar ini nggak berpengaruh terhadap fungsi makeup brush itu sendiri. Tapi ya ini soal kepuasan batin saya saja, sebagai seorang beauty enthusiast :D

merawat-brush-awet (3) - Copy

Yang perlu dipersiapkan:

  1. Makeup brush baru, atau makeup brush yang kita punya
  2. Nail polish top coat warna bening

Pastikan dulu makeup brushes kita dalam kondisi bersih dan kering. Jadi ya sebaiknya cuci dan jemur dulu makeup brushes yang kita punya, kalau ini makeup brush lama. Tapi kalau ini makeup brush baru, bisa langsung saja dipersiapkan.

Caranya, cukup lapisi saja bagian tulisan di makeup brush kita, atau area-area yang ingin dibikin awet, dengan menggunakan nail polish top coat. Lalu biarkan hingga mengering.

merawat-brush-awet (1)

Sudah, sesimpel itu! Tapi buat saya sih benar-benar memberi perubahan untuk koleksi makeup yang saya punya. Lapisan top coat ini akan melindungi desain tulisan di bawahnya, sehingga nggak memudar walau sering bergesekan dengan produk lain ataupun dengan jari kita. Jadi makeup brush yang kita punya, akan selalu kelihatan seperti baru deh! Dan nggak cuma makeup brush. Beberapa lipstik yang saya suka, yang sering saya pakai dan saya bawa-bawa di dalam tas tangan saya, juga bagian tulisannya saya lapisi dengan top coat.

Oh iya, lapisan top coat ini nggak bisa selamanya ya. Karena seiring berjalannya waktu, akan memudar juga, apalagi kalau produk sering kita pakai sehingga sering bergesekan dengan kulit kita. Jadi harus di-retouch secara berkala. Dan jangan lupa juga untuk rutin membersihkan koleksi makeup kita, agar semakin awet ;).