banner-detik

uncategorized

5 Trik Agar Kulit dan Bibir Nggak Kering Selama Puasa

seo-img-article

Kondisi kulit dan bibir kering selama puasa adalah hal yang sangat wajar ditemui, karena tubuh kita nggak terhidrasi seperti biasanya. Ada perubahan jadwal makan dan minum sehingga tubuh lebih jadi lebih kering. Tapi, kamu bisa menyiasatinya, kok!

Bulan Ramadan bukan berarti kamu tampil lesu dan nggak segar, dengan kulit yang kering (bahkan gatal!) dan bibir pecah-pecah. Kalau kamu pintar melembapkan tubuh dari luar dan dalam, semuanya akan baik-baik saja!

Cukup Air Putih

Di bulan puasa, kamu juga bisa kok minum 8 gelas per hari. Atur saja jadwalnya menjadi 3 gelas air putih saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 3 gelas lagi di antara jam berbuka sampai jam tidur. Yang sering terlewatkan adalah saat berbuka, karena biasanya kamu tergoda minum minuman lain seperti teh, sirup, es campur dan sebagainya, sehingga melupakan air putih. Padahal, minuman terbaik saat berbuka adalah air putih, agar perut yang kosong seharian nggak “kaget”.

Cukup air putih juga akan membuat kamu merasa segar dan pencernaanmu lancar sehingga nggak gampang sakit selama Ramadan. Nggak apa-apa kalau kamu harus sedikit kerepotan bolak-balik buang air kecil setelah sahur, dibandingkan sepanjang hari kamu lemas dengan kulit bersisik dan bibir kering.

Baca juga: 5 Produk untuk Tampil Segar Seharian

A glass of water macro shot

Jangan Lupakan Sayur dan Buah

Berbagai hidangan bersantan atau goreng-gorengan memang susah ditolak, tapi mereka nggak punya manfaat lho untuk kesehatan kulitmu. Coba deh ganti es sirup dengan jus buah segar, dan jangan absen mengunyah sayur dan buah saat sahur maupun berbuka puasa, karena mereka sumber vitamin, mineral, dan serat yang pintar merawat kulit. Pilih buah yang sarat air seperti semangka, melon, pepaya, nanas, jeruk, kiwi, dan buah naga untuk memberi minum kulit yang kehausan. Kamu pasti akan merasakan bedanya.

buah

Baca juga:3 Manfaat Puasa untuk Kecantikan

Pelembap Adalah Wajib

Jenis kulitmu bisa mendadak berubah selama puasa. Yang tadinya normal atau berminyak bisa jadi lebih kering, yang kering akan semakin kering. Kamu bisa memilih moisturizer wajah yang lebih rich, water-based, dan memiliki kandungan yang sangat menghidrasi seperti hyaluronic acid. Kalau biasanya nggak pernah pakai face oil, kamu kali ini juga bisa mencoba mengaplikasikannya di wajahmu agar kulit lebih kenyal dan glowing.

trilogy indonesia - rosehip oil antioxidant  642

Untuk tubuh, kamu bisa aplikasikan body cream atau body butter yang teksturnya lebih creamy dan thick dibandingkan body lotion. Hindari menjilat- jilat bibir yang kering, karena akan membuatnya semakin kering. Kamu bisa mengatasi bibir kering dengan memilih lip balm yang bentuknya tube (biasanya lebih moist dibandingkan dengan yang stick) dan aplikasikan sesering mungkin.

Juara Candlenut Body Creme

 Baca juga: Cara Mudah Jaga Kesehatan di Bulan Puasa

Selalu sediakan face mist, body lotion, dan hand cream di mana pun, di meja kantor, tas kesayangan, dan lain-lain, agar kamu bisa segera melembapkan ulang kapan saja. Jangan tunggu sampai kulit jadi gatal, kusam, terasa kaku seperti “ditarik”, atau eczema-mu kambuh.

face mist trilogy-side

 

Mild Cleanser

Sebaiknya, pilih sabun mandi dan facial wash yang teksturnya mild dan nggak menyingkirkan kelembapan alami kulit. Kalau kamu sudah mulai melembapkan tubuh saat mandi, maka “pekerjaan” moisturizer nggak akan terlalu berat. Kolaborasi pembersih dan pelembap yang sama-sama menghidrasi sangat dibutuhkan!

Aveeno Skin Relief Body Wash - 642

Ekstra Nutrisi

Jangan biarkan wajah polos saat tidur. Ingat bahwa saat malam hari kulit manusia cenderung lebih kering dibandingkan siang. Jadi sebelum tidur, akhiri ritual skincare kamu dengan sleeping mask untuk mengunci kelembapan kulit wajah. Kamu juga bisa memakai lip sleeping mask dengan tujuan perlindungan ekstra di bibir. Kalau nggak ada lip sleeping mask, kamu bisa pakai lip balm biasa atau madu. Madu sangat baik untuk menutrisi bibir kering, menghidrasi, bahkan menyembuhkan cracked lips, karena punya kemampuan antibakteri dan merestorasi kelembapan yang hilang.

laneige-sleeping-mask-review-1

Keajaiban sheet mask juga akan menyelamatkan kulitmu! Yang tadinya kusam dan kering, bisa terasa lebih halus, lembap, dan tampak plumpy kalau kamu rajin mengaplikasikannya. Jadi saat ada waktu luang, kamu bisa mengisinya dengan bersantai memakai sheet mask.

Madu untuk Sleeping Mask

Selamat mencoba!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment