3 Makeup Tidak Pigmented yang Hasilnya Lebih Bagus di Wajah

Nggak semua produk makeup itu harus pigmented lho! Ada beberapa produk yang menurut saya akan lebih baik bila formulanya dibikin nggak terlalu pigmented.

Saya tahu bahwa masalah pigmentasi produk makeup adalah soal selera. Sebagai contoh, ada yang suka dengan lipstik yang pigmentsinya bagus sehingga bisa menutup keseluruhan warna asli bibir, tapi ada juga yang suka lip product yang pigmentasinya rendah seperti lip tint karena lebih natural. Tapi ada beberapa produk makeup, yang memang tidak dimaksudkan untuk dipakai secara tebal dan nyata. Jadi menurut saya, alangkah lebih baik apabila produk-produk tersebut dari awal diformulasikan tidak terlalu pigmented.

Nah, ini dia 3 makeup tidak pigmented yang saya maksud:

1. Contouring

Fungsi dari contoring adalah untuk mempertegas fitur wajah, dengan cara sedikit mempergelap area-area wajah tertentu yang ingin disembunyikan. Misalnya nih, area cuping hidung, area luar dahi, garis rahang, dan area bawah tulang pipi. Contouring ini akan memberikan bayangan atau shading pada wajah, sehingga wajah seolah-olah terlihat lebih tirus, hidung lebih mancung, dahi lebih kecil, dan bentuk apapun yang ingin dicapai dengan teknik ini.

makeup tidak pigmented (1)

Tentunya, karena fungsinya adalah membuat ilusi wajah terlihat lebih terdefinisi dan ramping, kita tidak mau kalau warna contouring ini terlalu terlihat jelas. Warna contour  pada wajah kita, akan terlihat lebih bagus dan natural bila tidak terlalu gelap dan pigmented. Jadi seolah-olah, wajah kita memang terlihat lebih tirus tanpa bantuan makeup berlebihan.

Beberapa contoh produk countouring yang bagus dan nggak terlalu pigmented adalah Anastasia Beverly Hills Countour Kit, NYX Powder Blush Taupe, dan Zoe dalam Minuet Palette.

Baca juga: 4 Rekomendasi Produk Contouring Untuk Pemula

 

2. Bronzer

Sekilas, bronzer dan contouring memang terlihat sama, namun fungsinya berbeda. Warna bronzer biasanya lebih warm daripada warna contour, karena memang fungsinya adalah memberikan efek kulit terlihat lebih berwarna dan sehat. Bronzer biasanya diaplikasikan pada bagian-bagian kulit yang paling banyak tercium sinar matahari, misalnya area tulang pipi, hidung, bagian dahi yang menonjol, bahu, dan lain-lain.

Nah, sama seperti contouring, karena bronzer ini fungsinya adalah untuk membuat ilusi kulit lebih berwarna dan sehat, tentu kita tidak mau berlebihan dalam mengaplikasikannya dan membuat kulit kita warnanya terlihat tidak natural. Bronzer ini tidak perlu pigmented, karena cukup diaplikasikan tipis-tipis saja untuk mendapatkan warna kulit yang terlihat sehat dan segar secara natural.

Beberapa produk bronzer yang saya suka adalah Catrice Sun Glow Matt Bronzing Powder 030 Medium Bronze dan The Balm Betty-Lou Manizer.

Baca juga: 3 Rekomendasi Bronzer Murah Di Bawah 100 Ribu

 makeup tidak pigmented (2)

3. Blush 

Blush digunakan untuk memberikan rona di wajah kita. Dan menurut saya, blush seharusnya terlihat natural seolah-olah pipi kita memang merona secara alami. Kalau digunakan secara berlebihan, bukannya terlihat segar, wajah kita malah terlihat kusam dan menor. Jadi saya nggak melihat pentingnya membuat blush on dengan formula yang sangat pigmented. Kecuali kalau memang kita membutuhkan makeup yang lebih tebal, seperti saat berada di balik kamera ataupun di depan panggung seni peran.

Dua drugstore blush yang jadi favorit beauty enthusiast, Sleek Makeup Blush dan Inez Color Contour Plus Blusher, menurut saya sih terlalu pigmented. Banyak sekali review yang beredar mengenai ketiga produk tersebut, namun selalu disertai dengan keterangan bahwa cara memakainya harus hati-hati dan light handled. Buat saya, lebih baik memilih formula blush yang tidak terlalu pigmented saja sih. Jadi nggak perlu banyak trik saat memakainya, dipakai saat buru-buru pun nggak masalah, dan misalkan kurang pigmented bisa di-build lagi hingga mencapai pigmentasi yang diinginkan.

Produk blush yang saya suka adalah Emina Cheeklit Pressed Blush On, Nars Blush, Revlon Powder Blush, dan NYX Mosaic Powder Blush.j

Baca juga: Pakai Blush On Ketebalan? Coba 2 Cara Ini

 

Tapi semuanya balik lagi ke soal selera ya. Bila memang terbiasa dan suka dengan produk-produk di atas dengan formula yang pigmented, tentu nggak salah juga.