banner-detik

beauty school

Pakai Makeup Wipes Setiap Hari Berbahaya!

seo-img-article

Kamu suka pakai makeup wipes setiap hari sebagai first cleanser? Hmm, kamu tahu nggak kalau itu nggak baik untuk kulit? Ini alasan kenapa pakai makeup wipes setiap hari itu berbahaya. 

Siapa di sini yang sering nonton video get unready-nya beberapa artis-artis Hollywood di Youtube? Kalian ngeh nggak, kalau hampir semua selebriti menggunakan facial wipes sebagai first cleanser mereka? Jujur, setiap saya melihat artis-artis ini mempromosikan membersihkan wajah dengan facial wipes, saya sebel banget.

Padahal ya, facial wipes diciptakan sebagai emergency makeup removal, jadi misalnya kalau mau olahraga dan ternyata kita lupa bawa first cleanser yang proper, ya bisa diakali dengan menggunakan makeup wipes ini. Atau kalau di industri modeling, makeup wipes dipakai untuk menghapus makeup ketika sedang photo shoot, yang di mana biasanya butuh beberapakali menggani style makeup.

Pakai Makeup Wipes Remover Setiap Hari Berbahaya!-3

Baca juga : 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membersihkan Wajah

Lalu apa sih dampak buruknya bila menggunakan makeup wipes in the long run, atau dipakai sebagai first cleanser setiap harinya? Bahayanya adalah kulit bisa menjadi kering, dehidrasi, iritasi, jerawatan dan masih banyak lagi efek buruknya. Berikut di bawah, penjelasan lebih detail kenapa makeup wipes bahaya untuk kulit kalau dipakai setiap hari.

Gesekan yang menimbulkan garis halus pada wajah

Coba deh, hitung berapa kali kalian mengusap-ngusap makeup wipes pada satu bagian wajah? Pasti lebih dari lima kali kan untuk memastikan makeup sudah terangkat dengan sempurna? Nah, bayangkan deh tahapan ini kamu lakukan setiap hari. Efek dari terlalu sering menggesek wajah dengan makeup wipes adalah kulit mudah iritasi dan mempercepat terjadinya kerutan halus pada wajah. Kalau ini dilakukan setiap hari, bahkan hingga menanuh yang terjadi adalah lapisan kulit kamu rusak dan kulit akan terlihat kemerahan secara terus-menerus.

Baca juga: Membersihkan Wajah Pakai Kain Polyester Selama 30 Hari| FD Experiment

 Pakai Makeup Wipes Remover Setiap Hari Berbahaya!

Makeup wipes nggak benar-benar membersihkan kotoran pada wajah

Ini juga hal yang baru saya tahu dari dr. Gloria Novelita. Jadi menurut dr.Gloria, makeup wipes itu nggak benar-benar membersihkan kotoran yang ada di wajah kita. Malah, makeup wipes itu hanya menggeser/menyebarkan makeup, kotoran dan sel kulit mati keseluruh wajah. Karena poin pertama dan kedua ini lah yang menyebabkan kulit mudah infeksi atau inflamasi.

Kandungan alkohol/antibacterial yang tinggi

Alkohol memang nggak selalu buruk untuk kulit kita, namun dengan kadar alkohol yang tinggi dan dipakai menerus, malah bisa membuat kulit kering karena mengangkat minyak alami pada kulit. Apalagi kemasan makeup wipes hanya dikemasan sealer yang dibuka dan tutup, maka kandungan di dalamnya tinggi akan alkohol, surfactants dan emulsifiers yang bisa membuat kulit iritasi. Bahkan, untuk beberapa makeup remover yang ampuh banget untuk ‘mengangkat’ makeup sekali pulas, artinya kandungan detergent di dalamnya sangat tinggi.

Selain tiga hal di atas, bahan makeup wipes itu sendiri menjadi sampah lingkungan. Bahan/material makeup wipes membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa didaur ulang, belum lagi kemasan plastiknya. Nah, dengan artikel ini, semoga kalian lebih mindful ya, saat ingin menggunakan makeup wipes. Semoga, kedepannya kalian menggunakan makeup wipes memang hanya dalam situasi kepepet saja.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment