4 Kekurangan Cream Blush Dibandingkan Powder Blush

Cream blush memang lagi naik daun. Tapi saya sih tetap lebih suka menggunakan powder blush.

Cream blush on sekarang lagi naik daun banget. Banyak brand lokal yang berlomba-lomba memproduksi cream blush on. Sebutlah Emina, Pixy, Make Over, Beauty Story, Jafra, sampai La Tulipe juga punya produk cream blush on andalannya.

Nggak heran sih, sebab memang cream blush on ini lebih tahan lama dibandingkan powder blush. Kalau pakai cream blush, saya seharian nggak perlu deh touch up blush on. Selain dipakai single use, cream blush juga bisa dipakai sebagai base powder blush agar lebih awet dan pigmented. Lalu banyak yang bilang, kalau cream blush on hasilnya lebih natural dibandingkan powder blush. Yang sejujurnya menurut saya sih enggak ya. Powder blush juga bisa kok terlihat natural. Tergantung formula produk dan cara memakainya saja.

cream vs powder blush (2)

Tapi saya sendiri sampai sekarang sebenarnya lebih suka memakai powder blush dibandingkan cream blush. Saya memang punya beberapa cream blush karena penasaran saja, apakah benar-benar worth the hype? Tapi yang saya suka dan yang saya pakai sehari-hari, tetaplah blush on dalam bentuk powder.

Ini dia alasan saya:

 

1. Cream blush harus dibaurkan dengan jari tangan

Ini alasan utama saya sih :D. Saya sebenarnya nggak suka mengaplikasikan produk makeup apapun dengan menggunakan jari tangan. Alasannya, saya nggak suka jari tangan saya kotor, dan kemudian nyeplak-nyeplak di packaging makeup lain yang saya pegang. Jadi kalaupun saya memakai cream blush, setelah mengaplikasikan dan membaurkan dengan jari tangan, saya bersihkan jari tangan saya dengan micellar water dulu dan kemudian mencuci tangan, baru setelahnya saya lanjut makeup-an lagi. Nggak praktis banget, kan?

Tapi kalau mau membaurkan dengan tools seperti beauty sponge dan brush, saya juga nggak bisa. Entah kenapa cream blush yang saya pakai warnanya malah hilang kalau saya baurkan dengan menggunakan alat selain jari tangan saya sendiri.

Sementara kalau pakai powder brush, menurut saya sih lebih bersih dan praktis. Tinggal di-swipe saja dengan menggunakan blush brush. Tangan nggak perlu kotor dan ngebaurnya pun lebih enak.

Baca juga: Trik Pakai Cream Blush Agar Pigmented

 

2. Powder blush lebih mudah dikontrol pigmentasinya

Alasan kedua, saya merasa penggunaan powder blush itu lebih mudah. Selain blending-nya lebih enak, pigmentasinya juga lebih jelas terlihat sehingga lebih mudah dikontrol. Kalau cream blush, kita harus mengira-ngira, sebanyak apa cream yang kita butuhkan untuk mendapatkan pigmentasi yang kita inginkan setelah dibaurkan. Saya sering lho, pakai cream blush berasa nggak keluar warnanya, lalu di-layer lagi, dan alhasil malah ketebelan.

Lalu kita juga harus memperhitungkan, apakah warnanya masih akan terlihat setelah ditimpa dengan bedak? Harus dipakai setebal apa agar setelah ditimpa bedak, pigmentasinya sesuai dengan yang dimau?

 

3. Cream blush butuh waktu untuk nge-set

Setelah mengaplikasikan cream blush, kita harus menunggu sebentar sampai produknya set di kulit, baru kemudian bisa ditimpa dengan bedak, highlighter powder, dan produk-produk makeup lainnya. Memang sih nggak butuh waktu lama untuk nge-set, tapi tetap saja powder blush terasa lebih  cepat dan praktis untuk dipakai.

 lipstick blush (2)

4. Cream blush bisa digantikan dengan matte liquid lipstick

Belum pernah mencoba cream blush? Mungkin bisa dicoba dulu menggunakan matte liquid lipstick sebagai cream blush. Yang saya rasakan sih, kedua produk tersebut sama saja feel-nya di kulit saya. Malahan matte liquid lipstick pigmentasinya lebih bagus dan lebih awet di pipi dibandingkan cream blush. Pilih saja tekstur matte liquid lipstick yang sedikit powdery ya.

Baca juga: 3 Lipstik Lokal yang Cocok Dijadikan Cream Blush

Tapi tes dulu di area kecil dan tersembunyi. Karena bagaimana pun juga, matte liquid lipstick bukan produk yang didesain untuk digunakan di kulit pipi, jadi ada kemungkinan akan menimbulkan reaksi negatif bila kulitmu terlalu sensitif.

 

Nah, itu dia beberapa poin yang bisa dijadikan pertimbangan, untuk kamu yang sedang berminat ingin membeli cream blush. Tapi bila kamu memang ingin mencoba atau mengoleksi cream blush, beli saja! Sekarang banyak kok produk cream blush dengan harga yang terjangkau. Siapa tau nggak kayak saya, kamu malahan lebih suka dengan cream blush dibandingkan powder blush.