banner-detik

makeup

4 Brand Beauty Polandia yang Menarik Untuk Dicoba

seo-img-article

Kalau ngomongin beauty scene di Polandia, mungkin Inglot jadi brand yang paling nempel di kepala. Tapi nyatanya, banyak banget brand bagus asal Polandia yang perlu kamu tahu!

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk pergi ke sebuah negara di Eropa Timur, yaitu Warsawa, Polandia. Sebenarnya, sama seperti Ghana kemarin, saya nggak pernah kepikiran kalau Polandia akan menjadi salah satu negara yang saya kunjungi saat business trip. Apalagi kalau tujuannya ke Eropa, rasanya Polandia bukan sebuah negara yang umum untuk jadi sebuah destinasi. Tapi ternyata, banyak banget hal menarik yang saya temukan selama perjalanan ini, lho. Salah satu di antaranya adalah menemukan banyak brand beauty Polandia yang banyak di antaranya belum pernah saya dengar sebelumnya.

DSC03390

Industri Beauty Berkembang di Polandia

Ternyata banyak banget brand kosmetik terkemuka yang memproduksi produknya di Polandia. Salah satunya adalah brand kosmetik asal Swedia, Oriflame yang punya pabrik besar banget di negara ini, sampai P&G pun memproduksi beberapa produknya di sini. Bisa dibilang, Polandia itu punya kemampuan yang sangat baik buat memproduksi produk-produk beauty dengan labor yang cukup murah dibandingkan negara Eropa lainnya. Bahkan, ada beberapa yang mengibaratkan Polandia ini juga sebagai Cina-nya Eropa. Di Warsawa ini saya juga diajak untuk mengunjungi beberapa kantor perusahaan kosmetik lokal yang cukup besar dan sudah melakukan banyak ekspor ke negara lainnya, yaitu Naturativ, Inglot dan juga Chantal. Oh ya, saya juga diajak buat ketemu sama Ministers Two Dobrego Mydla, adik kakak yang berhasil mengembangkan bisnis sabun batangan terbesar di Polandia. Yuk, kita bahas satu-satu!

 

DSC03336

Naturativ Cuddling Body Balm, salah satu produk favorit saya!

1. Naturativ

Diawali oleh seorang perempuan yang memang ingin menggunakan produk yang tidak banyak mengandung kima, Magna Hadjuk pun akhirnya tergerak untuk menciptakan brand kecantikannya sendiri. Brand natural yang  memiliki sertifikasi Natrue ini juga hampir semua produknya adalah vegan friendly. Naturativ telah berdiri selama 10 tahun, dan sudah menghasilkan banyak banget produk yang ternyata dicintai oleh konsumennya di Polandia dan juga negara Eropa lainnya. Selama 10 tahun tersebut, Magda dan timnya telah mengembangkan 17 face care products, 40 body care products, 13 hair care products, 7 produk untuk ibu dan bayi, serta 5 jenis produk pria. Nah, pas kemarin mengunjungi kantornya, saya nyobain beberapa produk, salah satunya adalah body balm-nya. Ini jadi produk favorit saya sih, karena packaging nya botol, bukan jar yang biasanya jadi tempat untuk produk semacam body balm. Jadi, kalau kita mau aplikasi body balm setelah madi dan kondisi kulit masih sedikit basah, produk bakal tetap terjaga formulanya dan nggak riskan muncul jamur karena terkontaminasi air dari tangan kita. Aromanya juga nggak overpowering dan benar-benar bikin relaks. Untuk urusan aroma, saya rasa semua produk Naturativ ini punya wangi yang natural dan nggak strong sama sekali, jadi nggak mengganggu pas dipakai di kulit.

DSC03322

 

Kalau menurut Magda selain body care, face serum atau ampoule milik Naturativ juga merupakan andalan mereka. Lalu, karena Polandia merupakan salah satu negara yang tingkat polusinya cukup buruk untuk ukuran Eropa, maka produk dengan kemampuan untuk mengangkal radikal bebas dari polusi atau rangkaian 360 milik Naturativ juga seringkali banyak dicari orang. Jadi, kalau kamu memang lagi jalan-jalan ke Eropa ataupun Polandia dan merupakan salah satu pecinta produk skincare natural, saya rasa Naturativ bisa jadi opsi yang baik untuk kamu coba.

Baca juga: Polusi Menyebabkan Penuaan Dini?

DSC03379

 

DSC03392

2. Chantal

Perusahaan ini punya fokus dalam bidang perawatan dan estetis rambut sejak tahun 1989. Nah, di kunjungan ini kita lebih diarahkan buat lihat pabrik pembuatan semua produk dari Chantal tersebut. Mulai dari proses peracikan formula, sampai laboratorium untuk melakukan pengecekan produk akhir. Seru banget sih, karena buat saya ini adalah pengalaman pertama melihat secara langsung proses pembuatan produk di dalam pabriknya. Chantal memproduksi cukup banyak brand, mulai dari pewarna, perawatan, dan styling rambut.

DSC04209

Memang sih nggak ada atau mungkin belum ada yang masuk ke Indonesia, tapi menurut saya kualitasnya nggak kalah lho sama brand perawatan rambut Eropa lainnya yang udah ada di sini. Beberapa brand yang mereka hadirkan adalah VARIETE hair dye, Sessio Professional, ARTplex, Intensis, Hair Biotic, dan Color Art. Nggak cuma sukses di Polandia saja, Chantal juga sudah menjadi sebuah perusahaan yang sangat terkenal dan bisa mendistribusikan produk-produknya ke lebih dari 20 negara. Salah satu produk yang saya coba adalah Intesis 20 in 1 Spray Mask. Yup! Nggak salah nulis kok. Spray Mask ini memang diklaim punya 20 manfaat buat rambut kita. Mulai dari bantu melembapkan rambut kering, menguatkan rambut yang rapuh, menambah elastisitas, menambah volume rambut, mencegah rambut bercabang, bantu kasih definisi ke rambut keriting, menambah kilau, sampai mencegah terjadinya static hair. Walaupun disarankan akan lebih optimal kalau dipakai sama orang yang rambutnya kering dan rusak, tapi Spray Mask ini tetap enak dipakai di rambut saya yang super lemas dan lurus ini. Triknya sih jangan dipakai terlalu banyak, supaya nggak kerasa lepek. Spray ini juga enak banget dipakai kalau lagi liburan di negara yang sedang musim dingin, jadi anak-anak rambut lurus saya ini nggak jigrak-jigrak alias muncul static hair.

DSC03475

 

DSC03464

Grzegorz Inglot dan Milena Inglot

3. Inglot

Nah, kalau dibanding 2 brand sebelumnya, mungkin brand yang satu ini lebih familiar di telinga kalian. Inglot yang diambil dari nama keluarga dan memang merupakan perusahaan keluarga ini adalah brand kosmetik terbesar di Polandia, dan telah menyebar di hampir seluruh penjuru dunia. Termasuk Indonesia. Didirikan oleh Wojciech Inglot pada tahun 1983, brand kosmetik ini sekarang dikelola oleh generasi termudanya, yaitu Grzegorz Inglot dan Milena Inglot.

Baca juga: Produk Incaran Pembaca FD di Inglot Store Jakarta

 

DSC03476

 

Brand yang menawarkan banyak banget pilihan produk dan warna makeup, bisa dibilang jadi lebih terkenal lagi setelah mereka menemukan inovasi o2 EM breathable nail polish. Produk ini jadi favorit banyak banget perempuan, khususnya perempuan muslim yang tetap ingin memakai kuteks walau harus beribadah 5 kali sehari.

DSC03425

Anna and Urszula Bieluń

4. Ministers Two Dobrego Mydla

Okay, nama brand nya memang cukup panjang ya. Tapi, ini salah satu brand yang menurut saya punya cerita yang menarik. Founder dari brand ini, Anna and Urszula Bieluń (Ania dan Ula) awalanya nggak menemukan produk sabun yang mereka inginkan. Karena didikan orangtuanya, yang menanamkan pemikiran “kalau kamu ingin mendapatkan sesuatu yang berbeda dan sesuai dengan keinginan kamu, maka lakukanlah sendiri”, akhirnya Ania dan Ula mencoba membuat sabun batangan sendiri yang benar-benar bisa memenuhi keinginan mereka. Mulai dari meracik bahan baku yang jelas, natural, dan nggak pakai bahan-bahan yang merusak lingkungan. Akhirnya terciptalah Ministers Two Dobrego Mydla ini. Diawali dari mempromosikan produknya melalui sosmed dan teman-teman terdekat, akhirnya Ministers Two Dobrego Mydla menjadi pioneer pembuat sabun batangan homemade dan menjadi yang paling besar di Polandia. Ternyata, bisnis sabun batangan seperti ini adalah sebuah bisnis besar yang memang banyak peminatnya di Polandia, lho.

DSC03410

 

DSC03418

DSC03411

body lotion dalam bentuk stick yang praktis!

 

Nggak berhenti di pembuatan sabun batangan saja, Ania dan Ula pun mengembangkan usaha mereka dengan menghadirkan produk-produk perawatan tubuh dan wajah yang natural, serta selalu membuka kesempatan buat orang lain belajar melalui beragam jenis workshop. Nah, salah satu workshop yang mereka berikan kepada saya dan teman-teman lainnya yang datang ke Polandia pada waktu itu adalah membuat body scrub dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan pengawet.

 

Kalian tertarik buat coba yang mana nih?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment