banner-detik

beauty school

Wajib tahu: Ingredients Analyzer Website

seo-img-article

Dulu keputusan untuk membeli sebuah produk buat saya tergantung dari jargon marketingnya, kalau menarik dan relatable, gak pakai banyak pertimbangan langsung saya bawa ke kasir. Tapi sekarang udah beda, saya sering melihat pembeli di drugstore yang betah berlama-lama baca label ingredients sebuah produk sambil googling fungsinya di smartphone sebelum memutuskan untuk membelinya atau tidak. Yup, semakin luas akses terhadap informasi teknologi, sebagai customer kita juga wajib tahu tentang bahan-bahan yang digunakan dalam suatu produk kecantikan itu apakah sudah sesuai dengan jenis kulit dan skin concern kita atau belum.

 

Baca juga: Fungsi 10 Bahan Kosmetik Wajib Tahu

 

Nah, saya mau share beberapa website analisa ingredients yang membeberkan fungsi, safety rating, sampai kemungkinannya jadi pemicu jerawat atau iritasi dari sebuah produk. Jangan salah, beberapa website ini ini gak hanya berlaku untuk skincare dan makeup saja, lho. Parfum, sabun, bahkan deodoran kesayangan juga bisa kamu kepoin analisanya di website analyzer ini. Kali ini saya pakai essence yang meraih rating cukup tinggi di FD App yaitu Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence sebagai contoh produknya ya.

CosDNA Ingredients Analyzer Website

1. CosDNA

CosDNA adalah website ingredients analyzer pertama yang saya kenal, simple dan cukup lengkap daftar produknya. Cara penggunaannya cukup mudah, masuk ke website CosDNA, ketik nama produknya lalu nanti akan muncul kolom yang memuat daftar bahan yang diklasifikasi berdasarkan fungsi, tingkat comedogenicirritant, dan safety rating. Selain analyzer, CosDNA juga punya forum untuk para beauty enthusiast untuk berbagi info seputar bahan produk kecantikan. Sayangnya website ini kurang responsive dengan tampilan yang sudah lama tidak diupdate, padahal produknya cukup lengkap dan paling mudah dipahami orang awam.

Baca juga: Beautypedia: Fungsi Hemp Dalam Skincare

Skincarisma Ingredients Analyzer Website

2. Skincarisma

Bagi saavy beauty enthusiast yang ingin informasi lebih detail tentang bahan yang digunakan dalam sebuah produk, Skincarisma bisa menjawab kebutuhan kamu. Dari screenshot di atas kelihatan website ini lebih kompleks daripada CosDNA, ini sebanding dengan fitur menarik yang ditawarkan, lho. Tidak hanya sebagai ingredient analyzer berdasarkan fungsi dan tingkat safety, tapi juga menentukan jenis bahan yang cocok untuk tipe kulit atau skin concern tertentu. Misalnya, anti-aging, atau good for dry skin. Bahkan kita juga bisa mencari produk berdasarkan preferensi sendiri misalnya, mencari produk pencuci muka yang alcohol-free, sulfate-free sampai fungal acne safe juga bisa dianalisa oleh website ini. Menarik ya?

Cara penggunaannya, kamu cukup tulis di kolom search produk yang ingin dianalisa lalu akan muncul penjabarannya seperti gambar di atas.

Incidecoder Ingredients Analyzer Website

3. Incidecoder

Pertama kali tahu tentang website ini dari member FD lewat postingannya di FD app dan instantly jadi website ingredients analyzer favorit saya. Incidecoder memberikan penjelasan tentang masing-masing bahan dengan bahasa yang enak dibaca, dikelompokkan berdasarkan fungsi, dan dilengkapi dengan link tambahan untuk yang suka baca artikel ilmiah lebih mendalam tentang sebuah bahan. Dari ketiga website ini Incidecoder memiliki interface paling user-friendly dan bikin saya betah berlama-lama browsing.

Kalau cari di search engine sih masih banyak opsi website analyzer lainnya, tapi 3 website ini yang paling banyak digunakan oleh beauty enthusiasts untuk membedah bahan yang digunakan oleh suatu produk. Benefit lain selain menambah wawasan, saya jadi lebih bijak dalam membuat keputusan produk kecantikan mana yang paling tepat untuk kulit saya.

Nah dari ketiga ingredients analyzer website di atas, mana yang paling sering kalian pakai?

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment