3 Tips Belanja Anti Dompet Jebol

Sebagai beauty enthusiast yang selalu update dengan trend dunia kecantikan pasti sering merasa overwhelmed saat banyak brand berlomba-lomba mengeluarkan inovasi produk terbarunya. Apalagi soal skincare yang jadi kelemahan saya, serum yang satu saja belum habis sudah launching serum baru yang menarik hati, apalagi liat palette Urban Decay Game of Thrones yang baru – masa iya jebol lagi tabungan bulan ini? Nah, kali ini saya mau berbagi tiga tips belanja hemat produk kecantikan anti dompet jebol jebol club!

3 Tips Belanja Hemat

FOMO boleh tapi wajib realistis

Kita pasti udah akrab dengan istilah Fear of Missing Out (FOMO) akan trend terbaru, apalagi kalo brand favorit mengeluarkan produk baru rasanya nggak bisa kalo nggak beli, padahal belum tentu dipakai. Di sini, kita (yes, I’m talking to myself too) perlu yang namanya self control agar tidak semua yang kita liat di layar smartphone terasa wajib ada di meja rias kita. Caranya, sebelum buru-buru checkout, sleep on it dan pikirkan seberapa besar prioritas kebutuhan kamu akan barang tersebut? Apakah barang ini hanya ada dan dijual sekali ini saja? Apakah saya mendapatkan manfaat berbeda dari yang produk lainnya dan mampu menghabiskannya? Atau, sebetulnya ini kebutuhan sekunder yang masih bisa kamu dapatkan dengan harga miring saat sale besar-besaran? Dengan mempraktikan ini, saya sering end-up berhasil mengalahkan ke-FOMO-an saya dan menghapus item yang tidak diperlukan dari keranjang belanja saya.

Baca juga: 5 Tips Belanja Makeup dengan Hemat

 

The Power of Uang 20 ribu

Sering kali uang pecahan membuat kita jadi punya kesempatan untuk menghabiskannya, misalnya untuk jajan Bubble Tea atau gorengan untuk camilan sore. Saya pernah mempraktikan sendiri dengan disiplin menyisihan pecahan 20 ribuan ke celengan dan dianggap nggak ada kurang lebih selama 3 bulan. Waktu itu saya memang punya tujuan untuk belanja beberapa skincare di akhir tahun tanpa harus ngeluarin extra budget dari kebutuhan lainnya. Hasilnya cukup memuaskan! Saya bisa purchase skincare favorit dan masih ada kembalian yang saya jadikan ‘modal awal’ untuk melanjutkan kebiasaan menyisihkan uang 20 ribu. Tidak hanya uang kertas 20 ribu, kalau kamu nyaman menyisihkan uang 10 ribu juga tidak apa-apa atau malah 50 ribu? That would be better!

3 Tips Belanja Hemat

Manfaatkan Aplikasi Online

Untuk kamu yang cashless biasanya menabung uang kertas jadi lebih sulit. Nah, kamu bisa manfaatkan aplikasi yang bisa membantu kamu menabung secara online. Contohnya, aplikasi Jenius dengan memanfaatkan fitur dream saver di mana kita bisa mengatur seberapa jumlah uang yang ingin dikumpulkan dan berapa lama jangka waktu menabung. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan kalau memiliki barang idaman yang harganya agak mahal, juga membantu disiplin karena otomatis terdebit dari saldo total di aplikasi tersebut. Selain itu, kamu bisa manfaatkan aplikasi cashback yang memberi kamu uang kembali setelah belanja di e-Commerce tertentu. Kalau dikumpulkan hasilnya lumayan untuk membeli eye shadow palette baru yang sudah lama kamu idam-idamkan.

 

Baca juga: Tren Anti Haul Bikin Hemat Belanja Makeup

Dengan menerapkan beberapa tips di atas kita bisa menjadi lebih bijaksana dalam mengatur budget belanja produk kecantikan. Awalnya sih sulit banget untuk disiplin, but the good news is kita tidak pernah kehabisan ide untuk belanja karena produk baru selalu ada setiap hari jadi manfaatkanlah peluang itu untuk memilih dengan bijakasana, spend the best one for yourself and your wallet will thank you later!

FD Beauty Warehouse salle

Kalau kalian punya tips hemat untuk belanja produk kecantikan bisa di-share di kolom komen. Buat kamu yang baru mau mulai, bisa jadikan FD Beauty Warehouse Sale, akhir bulan April nanti sebagai target belanja hemat kamu! Yuk, mulai?