Review Studio Tropik Balance Priming Water | FD Early Access

Di tahun ini, FD punya 1 kolom baru tentang produk-produk yang baru aja mau di launching sama brand-nya, yaitu FD Early Access. Jadi, di artikel ini tuh FD berkesempatan menjadi satu-satunya orang yang pertama mencoba produk keluaran terbaru dari sebuah brand, sebelum para influencer ataupun media manapun menayangkan review nya tentang produk tersebut. Dengan kolom baru ini, FD pastinya senang banget sih karena brand tersebut mempercayakan FD sebagai salah satu platform terpercaya untuk ikut terlibat dalam perjalanan mereka dalam mengembangkan bisnisnya. Di FD Early Access kali ini, Studio Tropik menjadi brand pertama yang akan kita bahas. Kenapa? Karena kebetulan, Studio Tropik baru saja akan launching priming water terbarunya di tanggal 8 April besok! Dan kita dikasih kesempatan buat cerita sama kalian, sebelum siapapun juga :)

 

Nah, kalau kemarin Studio Tropik udah sukses mengeluarkan Original Priming Water untuk kulit normal to oily, dan Flawless Priming Water buat kulit normal-dry yang sering banget di-mention Gyanda sebagai salah satu kunci buat dapetin tampilan makeup glowing-nya, kali ini mereka menghadirkan opsi lainnya buat kalian yang punya tipe kulit berminyak dan bermasalah dengan jerawat. Say hello to Studio Tropik Balance Priming Water! Kita bahas dengan lebih detail yaa.

Studio Tropik Balance Priming Water

Packaging

Primer yang dikemas dalam bentuk face spray ini punya packaging yang sama dengan 2 priming water sebelumnya, hanya dibedakan dari warnanya. Kalau Original Priming Water punya warna abu kebiruan dan Flawless Priming Water dengan warna pink, maka Balance Priming Water ini didesain dengan warna yang cukup millenial, yaitu kuning pastel. Botolnya sendiri juga masih sama, yaitu menggunakan botol plastik warna putih yang tidak tembus pandang. Pada bagian box-nya, kalian juga bisa melihat dengan jelas petunjuk pemakaian, ingredients list, dan expiry date dari produk ini. Priming water ini belum ada ukuran kecilnya, jadi sekarang baru dijual dalam ukuran 150 ml, seharga Rp99.000,- dan bisa segera dibeli di www.studiotropik.com dan marketplaces (Shopee dan Tokopedia).

Studio Tropik Balance Priming Water

Klaim & Ingredients

Studio Tropik Balance Priming Water ini diciptakan memang untuk membantu kita yang punya kulit oily dan acne prone untuk medapatkan hasil akhir makeup yang lebih baik. Kalau mungkin biasanya makeup kalian lebih cepat luntur karena kulit yang berminyak, maka dengan menggunakan primer ini, riasan jadi kelihatan lebih matte dan tahan lama. Di dalam priming water ini terdapat kandungan Niacinamide 4% dan Zinc 1%. Nah, seperti yang kalian sudah tahu, Niacinamide (Vitamin B3) ini memang baik digunakan buat bantu proses penyembuhan jerawat, menenangkan kulit yang kemerahan, memperbaiki tekstur kulit, dan juga bantu mencerahkan kulit kita. Sedangkan Zinc di dalam priming water ini dipakai untuk membantu mengontrol produksi minyak berlebih dan mengembalikan keseimbangan alami kulit tanpa bikin kulit kita jadi kerasa kering.

Studio Tropik Balance Priming Water

Tried & Tested

Nah, mungkin bahas duluan soal first impression saya pas coba produk ini ya. Di mana adalah pas pertama kali disemprot. Buat saya, ternyata produk yang satu ini menyemprotkan cairannya dengan cukup kencang ke wajah saya. Jadi benar-benar kaget pas disemprot. Dan sayangnya, distribusi airnya itu kurang menyebar dengan baik, hanya fokus di area yang disemprotkan saja. Tapi, karena memang saya dapat kesempatan buat mencoba ini duluan, jadi concern ini juga sudah sempat saya sampaikan pada pihak Studio Tropik dan mereka bilang bahwa hal ini sudah ditampung dengan baik supaya ke depannya kita bisa pakai denga lebih nyaman. Lalu, pas pertama kali dicoba, saya nggak ngerasa gatal ataupun muncul kemerahan di kulit. Saya juga suka karena priming water ini nggak ada aroma yang menggangu pas dipakai. Jadi buat kulit saya yang cenderung sensitif, produk ini saya anggap aman untuk digunakan :)

Studio Tropik Balance Priming Water

Sama seperti kedua kakaknya terdahulu, priming water ini juga bisa dipakai sebelum, saat dan sesudah makeup. Jadi, hal yang pertama saya lakukan adalah menggunakan produk ini sebagai face mist biasa di atas skincare saya, tanpa menggunakan makeup sama sekali. Pada percobaan ini, saya sih merasa kalau priming waternya bekerja dengan baik. Dia tetap membuat kulit jadi kerasa less oily tapi tetap lembap. Jadi nggak bikin kulit kerasa kering atau super matte gitu. Lalu, saya juga mencoba produk ini sebagai makeup primer dan face mist setelah makeup diaplikasikan. Karena saya bukan tim #MatteMatteClub, awalnya saya sempat takut kalau pakai priming water ini, makeup jadi kelihatan flat. Tapi ternyata nggak sama sekali, bahkan priming water ini bikin makeup saya lebih gampang nempel dan nggak cracking walaupun punya klaim bakal kasih tampilan yang kelihatan matte di kulit. Kalau buat kulit saya yang combination dan acne prone, primer ini tetap menampilkan sedikit sentuhan glowing dan nggak kerasa ketarik sama sekali. Mungkin karena sebenarnya ingredients yang terdapat di dalam priming water ini juga memang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar minyak di kulit, bukan benar-benar mengeliminasinya.

Jadi, di luar nozzle nya yang menurut saya menyemprotkan cairan terlalu kencang, overall saya sih suka sama priming water ini walau sepertinya saya akan lebih suka sama Flawless Priming Water-nya yang sampai saat ini malah belum sempat saya cobain. Tapi rasanya, kalau kalian punya muka yang super oily dan gampang jerawatan, priming water ini bakal pas buat dicoba dan bantu makeup kalian jadi tahan lebih lama. Plus ada benefit esktranya dari Niacinamide dan juga Zinc yang terkadung di dalam produk ini, sehingga bisa bantu menyeimbangkan kadar sebum dalam jangka waktu lebih lama. Jadi, tinggal tunggu Balance Priming Water dalam ukuran kecilnya nih kayaknya biar gampang dibawa ke mana-mana, hihi.

 

Tertarik nyobain nggak, nih?