banner-detik

mascara

Cara Memaksimalkan Efek Pemakaian Maskara

seo-img-article

Ini dia, 5 langkah agar bulu matamu tebal dan lentik hanya dengan menggunakan maskara!

Maskara adalah salah satu produk wajib yang  selalu ada dalam setiap makeup pouch. Tapi jujur saja, maskara bukan produk makeup favorit saya. Malah, saya jarang sekali menggunakan maskara karena malas sekali menghapusnya. Alasan lainnya saya nggak suka pakai maskara, karena bulu mata saya sangat tipis dan jarang-jarang, jadi saya khawatir, kalau terlalu sering menggunakan maskara, lama-lama akan habis karena rontok karena proses pembersihannya :D.

Tapi disaat-saat tertentu ketika saya menggunakan maskara, saya mau hasil yang semaksimal mungkin. Yah, walaupun kalau di saya, hasilnya tetap minimal karena kondisi bulu mata saya yang memang minimalis. Nah, berikut adalah beberapa cara yang saya lakukan, untuk memaksimalkan hasil pemakaian maskara di bulu mata saya.

Baca juga: 3 Rekomendasi Maskara Mahal Dari Tim Female Daily

IMG_6133

Jangan Pernah Melewatkan Menjepit Bulu Mata

Penjepit bulu mata berguna untuk membentuk bulu mata, sebelum kemudian diwarnai dan bentuknya di-hold dengan  maskara. Jadi kayaknya, percuma saja menggunakan maskara, kalau sebelumnya tidak menggunakan penjepit bulu mata terlebih dahulu. Maskara hanya membantu menjaga bentuk curl bulu mata, bukan membentuknya. Jadi kalau tanpa penjepit, bulu mata tetap akan lurus dan tidak lentik, walau sudah diberi maskara.

Memakai penjepit bulu mata yang panas/ hangat, juga membantu lho. Curl bulu mata akan lebih mudah terbentuk dan lebih awet. Bila tidak punya penjepit bulu mata dengan pemanas langsung, kita bisa memanaskan penjepit bulu mata kita terlebih dahulu dengan menggunakan hair dryer sebelum digunakan. Tapi hati-hati ya, jangan sampai karetnya meleleh.

Oh iya, saya pernah mendengar tips untuk menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara, agar curl yang dihasilkan lebih awet. Tapi jangan sekali-kali melakukan itu ya. Menjepit bulu mata yang sudah diberi maskara akan membuat bulu mata mudah patah dan rontok.

Gunakan maskara dengan gerakan zig-zag

Jangan menyapukan maskara langsung tegak lurus dari pangkal bulu mata hingga keujung. Tapi dari arah pangkal menuju ke ujungnya, lakukan gerakan zig-zag sedikit seperti sedang menyikat gigi. Gesekkan sikat maskara ke kanan dan ke kiri sambil terus dinaikan ke ujung bulu mata. Lakukan seperti itu setiap kali memulai bagian baru.

Gerakan zig-zag tersebut, gunanya adalah untuk memberikan efek volumizing atau efek tebal pada bulu mata. Dengan cara tersebut, bulu mata terlihat lebih lebat dan penuh, apapun jenis maskaranya.

 

Aplikasikan Maskara Putih Setelah Menggunakan Maskara Hitam

Ini opsional sih. Tapi tahu kan jenis maskara yang punya dua buah tinta, satu berwarna hitam dan satu berwarna putih? Salah satu contoh produknya adalah Maybelline Intense XXL Mascara yang sekarang sudah tidak ada lagi :D.

1024 - Copy

Banyak yang bilang, tinta putih pada maskara ini tidak memberikan efek apa-apa. Tapi dulu saya pernah mencoba, dan memang sangat membantu kok. Cuma memang petunjuk pemakaiannya agak kurang tepat menurut saya. Jadi untuk pemakaian pertama, gunakan mascara hitam terlebih dahulu. Setelah itu, lapisi dengan maskara berwarna putih. Lalu, lapisi kembali dengan maskara berwarna hitam, dan voila! Bulu matamu akan terlihat lebih tebal seketika.

Bila Maskara Menggumpal, Sisir Bulu Mata Dengan Spoolie Brush Bersih

Sering mengalami maskara yang menggumpal atau clumpy? Saya dulu suka memisah-misahkan bulu mata yang menggumpal tersebut dengan menggunakan jarum peniti. Seram ya? Baru sekarang saya sadar kalau aktivitas tersebut sangat berbahaya.

Cara yang lebih aman dan mudah, cukup ambil spoolie brush bersih, lalu sisir bulu mata ke arah atas dengan menggunakan spoolie brush tersebut. Spoolie brush ini nggak perlu beli baru kok. Kita bisa gunakan sikat maskara yang sudah tidak terpakai, yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

 

Beri Sentuhan Akhir Dengan Maskara Pada Ujung Bulu Mata

Ingin efek bulu mata lebih panjang dan lentik lagi? Setelah selesai melakukan step nomor 1 sampai 4, ambil lagi maskara kita, dan sapukan maskara hanya di ujung-ujung bulu mata saja. Tapi step ini bisa dilewati kalau kamu lebih suka efek bulu mata yang lebih ber-volume.

Selamat mencoba ;).

Slow Down

Please wait a moment to post another comment