banner-detik

industry news

Salah Nggak Sih Pakai Makeup di MRT Jakarta?

seo-img-article

Pagi ini saya dapat kiriman link yang isinya video tentang bagaimana kita seharusnya berperilaku saat naik MRT di Jakarta. Ada satu poin yang rasanya agak janggal sih kalau menurut saya, yaitu “Tidak menggunakan makeup secara berlebihan”. Ternyata pas saya baca kolom komennya, eh… bener juga, banyak yang protes mengenai poin tersebut.

 

Sebenarnya, mau makeup se-menor apa juga menurut saya nggak masalah rasanya. Namanya juga selera dan kenyamanan masing-masing saat ber-makeup. Agak konyol juga sih kalau pemerintah ngatur perempuan buat nggak boleh pakai eyeliner dan lipstick merah pas naik MRT Jakarta. Mungkin yang agak misleading adalah penyampaian tulisan dari video imbauan tersebut. Rasanya mungkin akan lebih enak kalimat yang digunakan adalah “Tidak mengaplikasikan makeup di dalam MRT secara berlebihan sehingga mengganggu penumpang lain”. Jadi, sebelum kita semua ‘panas’ karena video tersebut yang bilang kita nggak boleh makeup berlebihan, alangkah lebih baik buat mencerna himbauannya dengan lebih baik. Walau ada juga teman-teman yang berpikir, “Kenapa sih himbauannya nggak pilih yang lebih basic aja gitu? Kayak misalnya himbauan untuk mempersilakan orang keluar terlebih dahulu, atau belajar buat antre.” Tapi yang saya lihat memang karena di Indonesia sekarang sudah mulai banyak orang yang aware dengan penampilannya, maka sepertinya MRT Jakarta ini ingin mempraktikkan aturan yang dibuat juga oleh pemerintah Jepang, yaitu himbauan untuk nggak mengaplikasikan makeup di tempat umum.

 

Baca juga: 3 Blush On Bagus Lokal Anti Menor

 

Apakah itu jadi sebuah aturan yang merenggut kebebasan kita buat tampil lebih percaya diri? Saya rasa sih nggak, ya. Mungkin hal yang paling simpel untuk membenarkan aturan tersebut adalah dari sisi higienisnya. Nah, kita kan nggak tahu sebenarnya kuman dan bakteri apa aja yang ada di dalam transportasi umum. Kebayang nggak sih, seberapa tidak higienisnya kalau tiba-tiba kita pakai makeup menggunakan brush atau beauty blender di dalam MRT. Belum lagi kalau tiba-tiba kita bawa makeup palette kesayangan dan mengaplikasikannya di dalam MRT. Kesenggol orang, jatuh, pecah. Yang rugi siapa? Yes, you know the answer 🙂

 

Baca juga: 4  Trik Makeup Mata Siang Hari Agar Tidak Menor

 

Selain itu, kalau kamu nonton videonya. Adegan makeup berlebihan yang dicontohkan oleh talent-nya juga benar-benar mengganggu penumpang lain nggak sih? Tepuk-tepuk brush ke arah pakaian penumpang sebelahnya. Nah,  kalau ternyata dia harus pergi meeting terus tiba-tiba bajunya kena ekses blush atau eyeshadow kamu kan bikin bete.

Jadi, menurut saya, kalau memang pingin banget kelihatan lebih maksimal pas turun dari MRT, kamu bisa menunggu sebentar sampai tiba di tujuan, dan lakukan touch up di kamar mandi. Atau kalau pingin lebih kerasa higienis, nggak masalah kan untuk melakukannya di kantor atau tempat tujuanmu setelah turun dari MRT. Aturan lainnya juga adalah saat kamu pingin menggunakan makeup di dalam MRT, maka bisa melakukannya dengan lebih “tau diri” dan nggak ganggu kenyamanan penumpang lain, ya.

 

Nah, sampai hari ini sih saya sendiri belum coba naik MRT Jakarta dan lihat keseruannya. Kalau kalian ada yang udah coba belum? Ada trik pakai makeup di MRT Jakarta yang bisa kalian share nggak nih?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment