DIY Shimmering Setting Powder

Shimmering setting powder cocok sekali digunakan untuk menge-set makeup, apalagi kalau kamu ingin look yang glowing dan mewah. Kalau kamu malas beli, sekarang kita juga bisa membuat sendiri DIY shimmering setting powder, lho!

Produk shimmering setting powder saya akui memang agak kurang populer. Walau rasanya aneh memakai shimmer di seluruh wajah, tapi sebenarnya nggak seaneh yang dibayangkan, kok. Bahkan, saya saja punya Viva Queen Shimmering Loose Powder untuk dipakai melengkapi tampilan makeup yang diinginkan. Shimmering loose powder ini juga berbeda dengan highlighter. Untuk mendapatkan hasil yang lebih natural dengan sedikit efek kilau, pakai saja shimmering loose powder ini tipis-tipis sebagai setting powder di seluruh wajah.

Baca juga: Bedak Dewy 100 Ribu VS 700 Ribu

Shimmering setting powder ini bisa jadi solusi kalau kamu ingin nge-set produk dengan tekstur liquid atau cream dengan powder biar nggak gampang bergeser, tapi nggak pengen muka terlihat terlalu matte dan flat. Tapi ya, memang tricky pakainya. Nggak boleh kebanyakan, jangan dipakai bila kamu punya wajah super oily atau punya tekstur pori-pori yang besar, dan lebih cocok sih digunakan untuk acara malam hari. Karena kalau siang, agak berlebihan rasanya pakai shimmer di seluruh wajah.

Karena pakainya jarang-jarang, dan belum tentu semua orang cocok, jadi mungkin banyak yang pikir-pikir kalau mau membeli. Padahal sebenernya sudah banyak lho produk shimmering loose powder dari brand lokal. Selain Viva, ada juga Make Over Shimmering Powder, Mineral Botanica Silky Finishing Powder, dan Martinez Finishing Touch Powder. Kalau produk lokal, tentunya bakalan lebih mudah dicari dan harganya pun lebih terjangkau. Tapi kalau masih ragu untuk membeli, kita bisa membuat sendiri kok, selama ada bahan-bahan di bawah ini:

diy shimmer powder (5)

  1. Loose setting powder
    Cari yang partikel bedaknya halus atau finely milled. Saya pakai Pond’s Angel Face Powder, yang teksturnya sangat halus dan ada sedikit efek brightening ketika dipakai.
  2. Highlighter/ eyeshadow powder yang mengandung shimmer.
    Saya menggunakan Inez Loose Eyeshadow Powder warna 07. Sunstone Yellow.
  3. Wadah bedak bersih
    Saya pakai kemasan bedak khusus traveling, yang saya beli di Matahari Departement Store. Tapi kamu bisa pakai bekas kemasan loose powder apapun yang kamu punya.
  4. Spatula/ sendok kecil
    Ini untuk mengambil dan mencampurkan produk.

Baca juga: Dupe Fenty Beauty Trophy Wife Highlighter Dari Brand Lokal

diy shimmer powder (6)

Cara membuatnya cukup mudah. Tuangkan loose powder secukupnya, ke dalam wadah bedak yang sudah disediakan. Lalu sedikit demi sedikit, tuangkan bubuk shimmer ke dalam bedak tersebut. Sebaiknya memang mencampurkan sedikit dulu, aduk rata, lalu coba di-swatch. Bila dirasa masih kurang shimmer-nya, baru tambahkan lagi sedikit bubuk shimmer-nya, aduk lagi, dan coba di-swatch kembali . Begitu seterusnya sampai mendapatkan finishing shimmering setting powder yang diinginkan.

Memang harus sedikit demi sedikit dulu, agar hasilnya nanti nggak over shimmery. Karena akan lebih susah mengoreksi bedak yang sudah kebanyakan shimmer-nya.

Nah, DIY shimmering setting powder-mu sudah jadi! Cara pakainya, sapukan tipis-tipis dengan menggunakan powder brush ke seluruh wajah setelah selesai memakai makeup. Hasilnya wajah akan kelihatan lebih glowing secara instan.

diy shimmer powder (2)

diy shimmer powder (3)

Menurut saya, DIY shimmering setting powder yang saya buat ini, hasilnya mirip dengan produk Viva Queen Shimmering Loose Powder yang saya punya. Jadi mungkin nanti kalau Viva Queen Shimmering Loose Powder saya habis, saya nggak akan repurchase karena lebih hemat membuat sendiri. Apalagi saya termasuk orang yang selalu punya setting powder dan mengoleksi berbagai macam eyeshadow, termasuk loose powder eyeshadow yang ber-shimmer. Jadi bahan-bahan membuatnya pun akan selalu ada di meja rias saya.

Tertarik mencoba membuat juga, nggak?