Mencoba Exfoliating Toner Brand Lokal

Sekarang brand lokal sudah banyak yang mengeluarkan produk exfoliating toner. Selain harganya lebih terjangkau, kita nggak perlu pre-order lagi hanya untuk merasakan manfaat produk exfoliating toner.

Beauty industri lokal, saat ini sudah sangat-sangat berkembang. Brand-brand lokal mulai berani keluar dari zona nyaman, dan mengeluarkan produk-produk yang bukan merupakan produk basic makeup ataupun skincare. Untuk skincare, saya lihat sih beberapa brand lokal mulai mengeluarkan produk acid toner. Jadi produk skincare untuk eksfoliasi dari brand lokal, makin banyak pilihannya, tidak melulu berupa face scrub.

Sebagai pecinta brand lokal, saya tentu sangat tertarik untuk mencobanya. Lumayan banget kan kalau ada yang cocok, karena pasti harganya lebih terjangkau dibandingkan brand luar, dan kalau cocok lalu mau repurchase juga lebih mudah. Sejauh ini, saya sudah mencoba tiga exfoliating toner brand lokal. Oh iya, sebelumnya, jenis kulit saya kering, dan saya lebih cocok menggunakan AHA dibandingkan BHA.

Baca juga: Tips Untuk Pemula Yang Akan Mencoba Acid Toner

acid toner lokal (4)

Wardah White Secret Exfoliating Lotion

Acid toner dari brand lokal yang pertama kali saya coba adalah Wardah White Secret Exfoliating Lotion. Saat mencobanya dulu, saya memakainya bersama dengan Wardah White Secret Soothing Lotion. Wardah White Secret Exfoliating Toner ini diklaim mengandung natural AHA, yang dapat membantu mengeksfoliasi dan mencerahkan kulit. Teksturnya sedikit kental, malah cenderung seperti hydrating toner. Aromanya juga lumayan manis dan tajam. Ketika melihat ke ingredient list, tidak tercantum ingrediend berupa AHA atau acid lainnya, namun terdapat Bilberry Extract, Sugar Cane Extract, Orange Fruit Extract, dan Lemon Extract, yang merupakan sumber AHA alami.

Saat mencoba Wardah White Secret Exfoliating Toner ini, saya nggak merasa mengalami efek eksfoliasi apapun. Bahkan pada saat pemakaian, kulit saya terasa lebih lembap. Namun setelah lima hari pemakaian, jerawat saya mulai muncul lebih banyak dari biasanya, jadi saya hentikan pemakaiannya.

acid toner lokal (3)

Avoskin Miraculous Refining Toner

Acid toner lokal yang saya coba selanjutnya adalah Avoskin Miraculous Refining Toner, yang memiliki kandungan 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA. Ini adalah produk exfoliating lotion lokal pertama yang secara jelas mencantumkan presentase acid yang terkandung di dalamnya. Teksturnya sangat cair, seperti air biasa, dan tidak ada aroma yang mengganggu.

Melihat presentasi acid yang terkandung di dalamnya, acid toner ini boleh dikatakan cukup strong dan sepertinya akan kurang cocok untuk pemula. Ketika saya mencoba pun, ada efek tingling saat awal-awal pemakaian. Terutama pada area-area kulit yang memang bermasalah. Saya memakai acid toner ini selama satu bulan lebih, dengan pemakaian satu minggu tiga kali. Hasilnya di kulit saya sangat bagus. Kulit saya terlihat lebih cerah dan nggak muncul jerawat.

Baca juga: Avoskin Miraculous Series, Toner dan Serum Jerawat Baru Dari Brand Lokal!

Roro Mendut Herbal Facial Toner

Setelah Avoskin Miraculous Refining Toner, saya sempat mencoba Roro Mendut, sebuah brand skincare herbal lokal. Roro Mendut ini mempunyai produk yang bernama Roro Mendut Herbal Facial Toner. Memang dari brand-nya sendiri tidak secara khusus menyatakan bahwa produk ini adalah acid toner. Namun ketika saya lihat, Apple Cider Vinegar atau cuka apel menempati urutan kedua di ingredient list. ACV ini memiliki kandungan AHA dalam bentuk malic acid yang sangat tinggi. Jadi bisa dipastikan kalau Roro Mendut Herbal Facial Toner ini adalah acid toner, yang penggunaannya harus mengikuti aturan penggunaan acid toner.

Saya sempat mencoba produk ini selama satu minggu berturut-turut. Tekstur toner ini sangat cair, seperti air, dan tidak berbau. Yang saya rasakan selama pemakaian sih tidak ada rasa perih. Efek cerah juga kurang begitu saya rasakan. Namun selama pemakaian toner ini, kulit saya tidak berjerawat sama sekali. Saya jadi ingat dulu pernah memakai DIY ACV Toner, untuk memberantas jerawat punggung saya, dan lumayan efektif. Jadi untuk yang mempunyai permasalahan jerawat, mungkin bisa mencoba menggunakan Roro Mendut Herbal Facial Toner ini.

acid toner lokal (5)

Inez 900 Exfoliating Toner

Butuh rekomendasi lagi? Baru-baru ini, saya menemukan acid toner dari Inez Cosmentics, yaitu Inez 900 Exfoliating Toner. Saya sendiri belum pernah mencoba produk ini dan belum berkesempatan untuk membelinya. Sayangnya saya juga tidak dapat menemukan ingredient list lengkapnya, namun dari review yang ada, produk ini mengandung BHA/ Salicylic Acid dalam jumlah yang cukup untuk membantu proses eksfoliasi kulit.

Tertarik mencoba exfoliating toner brand lokal?