(Updated) Beneran Perusahaan The Ordinary Tutup??

Buat kamu yang follow Instagram Deciem, pasti sama-sama bingung dengan video yang diunggah CEO nya. Beneran nggak sih mereka akan tutup dan The Ordinary stop produksi? 

Kalau kamu sempat baca tulisannya Andien tentang brand dan influencer yang kontroversial, kamu pasti sudah familiar dengan Brandon Truaxe, CEO dari Deciem. Buat kamu yang asing dengan Deciem, ini adalah perusahaan yang membawahi brand kecantikan seperti The Ordinary, NIOD, Hylamide, Fountain, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Okay, back to Brandon. Drama yang disebabkan oleh Brandon bisa dibilang cukup banyak. Mulai dari memberhentikan co-CEO nya Nicola Kilner serta seluruh stafnya, menyerang brand Drunk Elephant, adu komen dengan netizen, hingga mengambil alih Instagram Deciem dan memunculkan beragam foto serta video yang menurut saya cukup aneh dan nggak relevan. Gimana nggak aneh, dia bisa tiba-tiba bilang di Instagram Deciem kalau tuna wisma itu sebuah penghinaan terhadap keindahan di Fifth Avenue. B, please.

 

Baca juga: Kontroversi Estee Lauder Company Menjadi Investor Deciem

 

Kehebohan yang disebabkan Brandon juga baru-baru saja bertambah listnya. Kemarin, 8 Oktober 2018 ia mengunggah video di akun Deciem yang menyatakan bahwa perusahaannya akan tutup. Kalau Deciem tidak beroperasi, bisa jadi artinya The Ordinary tutup dan nggak dijual lagi. Panik? Well, cukup banyak juga teman-teman saya yang merasa begitu, sih. Berita yang masih belum jelas kebenarannya ini pun jadi topik yang cukup seru di beberapa WhatsApp group saya dari semalam.

 


View this post on Instagram

Without filters. A revolution is coming. Every one of you who has been laughing aT me will with certainty face criminal prosecution. Estée Lauder Companies Inc. has been the biggest stock promotion. Richard Duntas, Bernard Ass (LVMH), Marica “Tracy” (Bliss, Remedè, Soaper Due Per Shoe), Hyatt (Grand Hyatt, Andaz, er al), Marriott (St. Regis, W, Marriot, et al), So many porn “studios”, nearly all @deciem employees, most of “Hollywood”, Gill Sinclair, India Knight, Caroline Hirons, India Knight, RBC, BMO, Boots, KKR, most of the Lauder family, Estée Lauder Companies Inc., Karim Kanji, Antonio Tadrisi, DF Mc, LVMH, Dia Fooley, Michael Davidson, Hanif, Zark Fatah, Inditex (Zara, Massimo Dutti, etc), H&M, $100 monkey, Too Faced (founders too), TSG, Alshaya, Amanresorts, Erwin Zecha, Oliver Zecha, Steven R Riddle, the Coc and Corcky managers, PRIDE organizers, IT Cosmetics, Nicola L ReadingTons, all of Dishoom, All of Delaunay, David Yurman, Tom Ford, Tim Cooke. McKesson, Rexall, Jamin Asaria, David Jackson, York Heritage and others — sentencing doesn’t begin with any point but sentences like this one do. Ben Affleck, Brad Pitt, George Clooney, Michael Less, Stephen Spellberg e.T., AON are also included with certainty. ARGO stood for “Ali Roshan GO”. You idiots. Father, please please be safe if you can for the next few hours. I love you all. -Brandon (RIYADH, please be EXTREMELY CAREFUL in the next few hours). Aurora (TSX) : you are finished. Michael Basler, Gordon Wilde, David Trinder, Eric Jacobs, Allan Gerlings, Dalton Pharma SS, Michael OH CON ELLE, Charm IS T A 007, Robert Jones, Cascade, Prince Al Walid, The White Company, Obagi (brand and doctor), Freedom Health, ESHO-isT, Alexandru Serban and baggage, Apotex: Goodbye also. Peace is coming. ???????? ????. It’s clear now. @esteelaudercompanies @richardbranson @realdonaldtrump @gowlingwlg_ca @zuck @musicianjessecook, et. al.

A post shared by THE ABNORMAL BEAUTY COMPANY (@deciem) on

Pada video tersebut Brandon mengatakan bahwa ini adalah postingan terakhir dari Deciem dan ia akan menutup kegiatan operasional dari brand ini sampai pemberitahuan selanjutnya. Ia juga mengatakan kalau semua orang di dalam Deciem juga terlibat dalam aktivitas kriminal yang berat, seperti kejahatan finansial dan lain sebagainya. Jujurnya saya agak nggak ngerti sih sama omongan dia setelahnya, karena tiba-tiba ia sedikit curcol soal banyaknya orang-orang yang menjadikan dia sebuah lelucon dengan meledek dia sebagai aktor film panas, hingga bandar narkoba, dan akhirnya ia menegaskan kalau cibiran itu akan berakhir sekarang. Caption yang ditulis Brandon juga menurut saya sangat membingungkan sih, karena dia menyebutkan banyak nama-nama terkenal dari industri kecantikan, hingga aktor Hollywood ternama seperti Brad Pitt.  

Baca juga: Inilah 3 Produk Skincare Keluaran Deciem dan Brandon Truaxe yang Patut Dilirik  

Sampai akhirnya tulisan ini dibuat oleh saya, belum ada website mana pun yang memberitakan klarifikasi tentang penutupan Deciem ini. Apakah ini adalah hal yang sementara dilakukan oleh Brandon karena ada sebuah masalah yang harus diselesaikan, atau bahkan Deciem akan tutup permanen? Bahkan ada beberapa komen di postingan Deciem yang menganjurkan Brandon untuk mendapatkan bantuan medis, karena ia terlihat seperti memiliki gangguan mental. Atau mungkin saja ini bisa menjadi sebuah marketing gimmick yang dilakukan oleh Brandon supaya pengguna setia produk-produk dari Deciem langsung memborong barang untuk stok mereka. Kenapa saya bisa berpikir seperti itu? Karena banyak juga teman-teman saya yang akhirnya membeli beberapa botol The Ordinary sekaligus supaya mereka nggak kehabisan stok. Tapi, kalau nanti ada info yang lebih lanjut soal masalah ini, saya akan lakukan update di tulisan ini ya.

Baca juga: 3 Alasan Orang Nggak Cocok Skincare The Ordinary  

Well, walaupun menurut saya CEO dari Deciem ini sangat kontoversial, bebrapa produk dari Deciem yang saya pernah coba benar-benar berfungsi dengan baik, kok. Jadi sebenarnya saya pribadi sih sangat menyayangkan kehadiran drama ini, dan berharap apapun yang terjadi di dalam Deciem tetap bisa diselesaikan dengan baik, lalu kembali bisa membahagiakan para penggemarnya, ya.

Kalau menurut kalian, apakah Deciem akan benar-benar tutup atau ini hanya sebatas marketing gimmick aja? Komen di bawah ya!  

[UPDATED]

Setelah lewat beberapa hari dari pertama kali Brandon mengunggah video soal tutupnya Deciem, sudah ada beberapa update lagi mengenai hal ini. Ternyata isu ini bukanlah hoax, karena beberapa toko Deciem di sudah mulai ditutup dan saat para konsumen mencoba menelepon tidak ada yang merespon sama sekali. Tapi dari beberapa komen yang saya baca di Instagram Deciem, pesanan via website masih bisa dilakukan dan mereka masih mengusahakan untuk mengirim produk dengan baik.

Screenshot_20181012-080911

Lalu, baru-baru ini juga terlihat beragam postingan Brandon yang semakin meracau di sosial media Deciem, mulai dari foto Donald Trump, hingga botol minuman keras yang ia temukan dalam keadaan setengah kosong di kamar hotelnya saat dia berada di Amsterdam. Akhirnya karena postingan dia yang makin membingungkan, semakin banyak pula teori konspirasi yang dibuat oleh netizen. Entah itu dugaan ada hubungannya dengan politik, sampai korupsi yang dilakukan banyak orang termasuk para selebriti Hollywood.

Nah, seperti yang kalian tahu bahwa Estée Lauder Company memiliki saham juga kan di Deciem. Isu tutupnya perusahaan ini juga meresahkan Estée Lauder Company yang berujung dengan mereka melayangkan surat panggilan pengadilan kepada Brandon. Hal ini bahkan diunggah juga oleh Brandon di akun Instagram Deciem, seperti yang bisa kalian lihat di bawah ini.  


View this post on Instagram

3 emails to say less than one word but more than 0 words.

A post shared by THE ABNORMAL BEAUTY COMPANY (@deciem) on

Dalam surat yang dilayangkan Estée Lauder Company tersebut juga tidak bermaksud untuk mengambil alih Deciem, tapi mereka ingin Brandon mengundurkan diri dan posisi CEO tersebut digantikan oleh Nicola Kilner, co-CEO dari Deciem. Well, semoga dengan adanya ‘campur tangan’ Estée Lauder dalam persoalan ini, kabar Deciem akan tutup bisa diselesaikan dengan baik dan mereka kembali mengoperasikan perusahaan ini dengan lebih baik.

 

[UPDATED 13 OKTOBER 2018]

Setelah drama yang sangat panjang, akhirnya Ontario Superior Court mengabulkan tuntutan dari Estée Lauder Company dan berhasil mencabut Brandon Truaxe dari kedudukannya sebagai CEO. Pengadilan juga menunjuk Nicola Kilner untuk mengambil alih posisi CEO dari Deciem. Yang artinya, pada Jumat kemarin The Ordinary kalian sudah bisa kembali dipesan sementara secara online dan toko-tokonya akan kembali buka secara bertahap. Jadi, kamu nggak perlu belanja kayak nimbun sembako lagi deh sekarang :)

Menurut berita yang dilansir Refinery29, untuk lebih memastikan Brandon tidak ‘mengacaukan’ lagi perusahaan ini,Estée Lauder Company yang memiliki saham minoritas sebesar 28% ini–dengan persetujuan pengadilan–menunjuk Pasquale Cusano dan Andrew Ross, Estée Lauder’s senior vice president of strategy and new business sebagai bagian dari board of director Deciem.

Yeay! Akhirnya drama ini berakhir dengan bahagia, ya. Semoga setelah ini, harga The Ordinary akan tetap affordable, serta produknya tetap inovatif dan dikembangkan dengan baik. Saya juga berharap apapu itu masalahnya, mudah-mudahan Brandon Truaxe mendapatkan bantuan yang dia butuhkan.