banner-detik

sponsored post

Tips Rajin Pakai Skincare untuk Pemula

seo-img-article

Jangan bingung dengan tahapan skincare yang panjang dan terlihat ribet! Dua tahap bisa jadi awal lebih rajin pakai skincare.

Tentunya kita semua tahu, bahwa skincare lebih merupakan kebutuhan daripada keinginan. Setiap harinya, kulit kita terpapar oleh debu dan polusi, serta paparan sinar matahari. Belum lagi faktor internal yang juga dapat mempengaruhi kondisi kulit, seperti stress, faktor hormonal, dan pola makan. Untuk mencapai kulit yang sehat dan indah di tengah segala paparan yang merusak tersebut, kita membutuhkan skincare.

Tapi saya paham sih, banyak yang sebenarnya ingin memulai merawat kulit dengan benar, namun sudah terintimidasi duluan dengan berbagai macam tren skincare belakangan ini. Saya benar-benar paham, bahwa berbagai macam tahapan super panjang dan juga pilihan produk skincare saat ini, memang…..rumit :D. Bahkan sampai sekarang pun, saya masih terus belajar kok mengenai skincare. “Kerumitan” dunia skincare ini, seringkali membuat bingung dan malas untuk memulai.

Saya cukup bersyukur bahwa ketertarikan saya kepada dunia kecantikan dimulai lima tahun yang lalu. Saat itu, skincare belum seribet sekarang. Tahapan-tahapan dan varian produk yang bisa dipilih nggak sepanjang dan seberagam saat ini. Jadi, saya memang memulai dari yang basic, sambil perlahan belajar mengenai apa yang dibutuhkan oleh kulit saya.

Dari pengalaman saya tersebut, menurut saya sih memang yang terbaik adalah memulai dulu dari hal-hal dasar. Basic skincare yang simpel dan nggak terlalu ribet, akan membantu kita membiasakan diri konsisten menggunakan skincare. Basic skincare ini simpel banget kok. Hanya perlu tiga tahap saja untuk diingat, yaitu cleanse, moisturize, dan protect. Sebelum bisa konsisten dengan tiga hal tersebut, sebaiknya lupakan saja soal toner, serum, face oil, eye cream, dan lain-lainnya. Karena kalau basic-nya saya belum dilakukan dengan konsisten, produk-produk tambahan tersebut akan sia-sia karena tidak dapat bekerja dengan baik di kulit kita.

CLEANSE

Tahapan pertama dari basic skincare ini adalah cleanse. Tahap ini sangat penting, karena percuma mengoleskan berbagai macam skincare, bila kulit tidak dibersihkan dengan sempurna. Jadi kita membutuhkan double cleansing setiap harinya. Awali dengan first cleanser menggunakan milk cleanser, micellar water, cleansing oil, atau cleansing balm, pilih yang nyaman buatmu. Lalu lanjutkan dengan second cleanser atau cuci muka.

MOISTURIZE

Apapun jenisnya, kulit tetap butuh pelembap. Bahkan kulit berminyak pun juga butuh pelembap! Yang penting, ketahui dulu dengan pasti apa jenis dan permasalahan kulitmu, lalu pilih pelembap yang cocok dengan kondisi tersebut. Kalau kulitmu kering, pilih pelembap berbentuk cream yang teksturnya pekat. Namun bila kulitmu berminyak, pilih tekstur pelembap yang lebih ringan, seperti gel atau lotion.

PROTECT

Dan tahapan yang ketiga, adalah tahapan yang terpenting namun sering sekali diabaikan, yaitu protect. Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa kulit kita perlu dilindungi dari sinar UVA dan UVB. Banyak banget masalah yang akan dihadapi oleh kulit, yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Di antaranya warna kulit tidak merata, flek, kusam, beruntusan/ tekstured skin, dehidrasi, sampai premature aging. Tapi sepertinya, beberapa masih menganggap hal ini kurang serius. Banyak yang sering skip menggunakan sunblock untuk melindungi kulit.

Saya dulu adalah salah satunya. Kemalasan saya lebih disebabkan karena rasa tidak nyaman ketika memakai sunblock. Seperti yang kita tahu, kebanyakan sunblock di pasaran teksturnya thick dan greasy, susah meresap dan bikin kulit terasa gerah seharian. Makanya, menemukan sunscreen yang nyaman digunakan, seperti Skin Aqua, rasanya seperti menemukan jodoh! Nggak bakalan saya lepas lagi.

IMG_1959 - Copy - Copy (2)

Favorit saya adalah Skin Aqua UV Moisture Gel for Normal to Oily Skin. Selain memiliki SPF 30 PA++, yang sangat cukup melindungi kulit saya sehari-hari, teksturnya juga sangat ringan dan nyaman. Nggak ada rasa lengket dan pengap di kulit saya, walau digunakan seharian. Dipakai under makeup juga nggak masalah, karena nggak bikin kulit semakin berminyak! Selain UV Moisture Gel, masih ada tiga varian lain yang bisa dipilih sesuai jenis kulitmu, yaitu: UV Moisture Milk yang memiliki SPF 50+ PA+++ untuk perlindungan lebih lama, UV Mild Milk untuk kulit kering dan sensitif, dan UV Whitening Milk yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Dan yang lebih bikin praktis, selain berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari, Skin Aqua juga dilengkapi dengan Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan Colagen, yang menghidrasi kulit dua kali lebih baik dibandingkan dengan Hyaluronic Acid biasa. Jadi kalau kulitmu tidak terlalu kering, cukup pakai Skin Aqua saja untuk daily sunscreen sekaligus moisturizer.

Nah, sudah tidak bingung lagi kan akan mulai dari mana? Mulailah dari cleanse dan sunscreen. Simpel, kan?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment