Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Untuk Kulit Iritasi & Berjerawat

Skin1004 Madagascar Centella Asiatica mengklaim kandungan centella asiatica mereka lebih unggul dari yang sudah ada di pasaran. Apakah benar sebagus itu?

Kalau gemar skincare, apalagi produk Korea, kayaknya nggak mungkin nggak pernah denger yang namanya centella asiatica. Tumbuhan yang juga disebut gotu kola dan populer di beberapa negara di Asia dan Afrika ini, sudah ribuan tahun dipercaya punya banyak khasiat untuk kesehatan seperti menyembuhkan darah tinggi, demam, diare, saluran infeksi kemih, dan juga menyembuhkan luka serta berbagai masalah kulit seperti eksim, psoriasis dan lain-lain. Terlepas dari benar atau tidaknya klaim tersebut, popularitas centella asiatica sebagai kandungan produk skincare sepertinya nggak bisa dibendung. Setiap minggu sepertinya ada produk baru yang diluncurkan dan mengusung ekstrak tumbuhan ini sebagai star ingredient.

Skin1004_Madagascar_Centella_Asiatica

Salah satunya adalah Skin1004, brand asal Korea yang, menurut beberapa followers yang hobi K-drama, dibacanya Skin Angel. Produk andalan brand ini adalah seri Madagascar Centella Asiatica yang mereka gunakan untuk 4 jenis produk: toner, ampoule, cream dan ointment. Sama seperti produk dengan kandungan centella asiatica pada umumnya, Skin1004 Madagascar Centella Asiatica ini mempunyai klaim bisa mengatasi kulit sensitif yang kemerahan, meradang, kering dan juga berjerawat. Yang membedakan produk Skin1004 dengan produk centella asiatica lainnya adalah brand ini menggunakan centella asiatica dari pulau Madagascar, yang dipercaya sebagai tempat terbaik untuk mendapatkan tumbuhan yang kalau di Indonesia disebut pegagan ini.

Madagascar Centella Asiatica mempunyai 3 senyawa yang berperan penting dalam perbaikan kulit kita: asiaticoside yang berguna untuk menyeimbangkan kadar air dan minyak di kulit, asiatic acid yang kaya anti-oksidan serta mampu memperkuat skin barrier dan yang terakhir madecassic acid yang mampu memperbaiki jaringan kulit yang terluka dan mempercepat penyembuhan kulit.

Baru-baru ini saya dikirimin satu rangkaian lengkap Skin1004 Madagascar Centella Asiatica (minus the toner) dan seperti diatur, beberapa minggu setelahnya saya mengalami iritasi kulit yang lumayan parah. Penyebabnya sih seperti beragam: mulai dari perubahan cuaca yang agak ekstrim saat saya traveling akhir Juni kemarin, radang tenggorokan yang bikin saya malas menggunakan skincare, a very long flight (27 hours x 2), sampai PMS. Kulit saya mulai terlihat kemerahan, kasar saat dipegang, foundation dan bedak susah menempel, muncul jerawat di pipi dan dagu dan saat saya cuci muka ataupun menggunakan skincare, terasa perih. Di situ saya sadar bahwa, my skin barrier has been compromised!

Sadar bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk menguji keampuhan Skin1004 Madagascar Centella Asiatica, sekaligus sadar bahwa ada resiko nggak cocok dan kulit saya kondisinya bisa makin amburadul, sayapun memutuskan untuk nggak pakai apa-apa selain ketiga produk dari Skin1004. Ini hasilnya!

Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Ampoule

Skin1004_Madagascar_Centella_Asiatica_Ampoule

Mengandung 100% Madagascar Centella Asiatica, produk ini teksturnya bening, tak berbau dan sangat cair sampai saya sempat curiga jangan-jangan isinya emang cuma air (suudzon). Menurut website ini, Ampoule ini bisa dipakai langsung ke kulit, diteteskan ke kapas dan dipakai sebagai masker, dicampur dengan air dan disemprot ke kulit ala facial mist atau dicampur dengan moisturizer favorit kita. Karena kulit saya terasa sangat perih setelah habis cuci muka (dengan cleansing balm dan gentle gel cleanser), saya memutuskan untuk meneteskan sekitar 6 tetes Ampoule ini ke kapas yang sudah saya semprot dengan Avene Eau Thermal. Kenapa? Karena saya pikir produk ini sangat concentrated dan perlu saya dilute  sedikit supaya kalau ada reaksi negatif, efeknya nggak parah-parah banget. Hasilnya saat kapas saya tempelkan ke bagian-bagian yang meradang seperti pipi, hidung, dagu dan dahi, kulit saya terasa “adem” dan sedikit tenang. Ada rasa perih sedikit, tapi bukan burning sensation dan rasa perihnya cepat hilang.

Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Centellascar Ointment Quasi-Drug

Skin1004_Madagascar_Centella_Asiatica_Centellascar

Orang Korea memang suka ajaib kadang-kadang kalau memberi nama produk. Kalau hanya membaca namanya saya nggak bisa langsung menangkap sebenarnya fungsi produk ini apa dan gimana cara pakainya. Untung saya sempat dibisikin oleh Irene, pemilik BeautyHaulIndo yang menjual range skincare Skin1004, bahwa produk ini digunakan sebagai spot treatment di area-area yang problematik, seperti bekas luka, jerawat atau area yang kering dan super sensitif. Kenapa disebut quasi drug? Karena Centellascar Ointment ini mengandung 1% dari kandungan centella asiatica yang konsentrasinya jauh lebih tinggi daripada yang biasa digunakan di produk kosmetik. The ingredient is present in its purest form, without being diluted in water, thus promises better efficacy in treating problematic areas. Biarpun begitu produk ini tetap aman untuk digunakan karena sudah melalui screening FDA-nya Korea Selatan yang terkenal ketat. Formulanya juga seperti lotion yang memberikan semacam lapisan di atas kulit saya, tapi nggak kerasa lengket. Selain saya gunakan di area yang meradang, saya juga totolin produk ini di beberapa bagian yang berjerawat. As if by magic, besoknya jerawat saya kempes dan tinggal merah-merahnya aja. I am truly impressed.

Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Cream

Skin1004_Madagascar_Centella_Asiatica_Cream

Pelembap yang selain mengandung Madagascar Centella Asiatica juga mengandung niacinamide, shea butter, macadamia oil, orange oil dan lavender oil ini bertujuan untuk memberikan kelembapan di kulit yang iritasi sekaligus memperkuat skin barrier. Despite having shea butter, this cream is surprisingly light and has a great consistency that I enjoy using very much. Ada sedikit sensasi dingin saat saya gunakan dan ini efektif banget untuk mengurangi kemerahan di kulit saya dan hasilnya langsung kelihatan beberapa menit setelah saya pakai. It also has a very soothing scent (thanks to the lavender oil) which makes me feel like I am using an expensive product. Padahal harganya di Beauty Haul Indo nggak sampai 200,000.

Overall, I have to admit Skin1004 Madagascar Centella Asiatica works just as they claim. Perlahan-lahan area kulit saya yang iritasi membaik. Kemerahannya berkurang, rasa perihnya berkurang dan juga saat dipegang teksturnya lebih halus. Yay! Yang saya rasa kurang sebenarnya adalah kelembapannya. Jadi saya ngerasa walaupun Skin1004 Madagascar Centella Asiatica ampuh mengatasi kulit yang iritasi dan juga berjerawat, beberapa area kulit saya yang kering harus dikasih oil lagi atau krim yang lebih rich supaya nggak kerasa kering.

But that’s the only negative thing I can think about this product. Dengan harga yang super affordable, saya serius se-impressed itu sama ketiga produk ini dan jadi semangat mau cobain produk dengan kandungan centella asiatica lainnya!