banner-detik

skin concern

Liburan Ke Pantai? Ini 5 Cara Cegah Masalah Kulit

seo-img-article

Habis liburan ke pantai, kulit jadi belang, kusam, dan terbakar? Berikut pencegahannya!

Pasti saat ini banyak FD-ers yang sedang melewatkan waktu untuk merayakan Idul Fitri dan liburan bersama dengan keluarga. Saya juga sedang berlibur bersama keluarga. Salah satu destinasi wisata favorit saya adalah pantai. Wah, bisa seharian deh kalau saya sudah berenang dan bermain pasir di pantai.

Seharian terjemur di bawah sinar matahari secara langsung, tentu berakibat buruk bagi kulit. Kulit bisa belang, kering, bersisik, dan bahkan terbakar. Saya sudah pernah mengalami semuanya. Makanya saya selalu melakukan tindakan pencegahan, atau setidaknya meminimalisir efek tersebut, agar saya bisa tetap melewatkan waktu liburan dengan menyenangkan.

1. Kenakan Bikini

Tips ini tidak wajib ya. Kalau kamu berjilbab, atau memang tidak mau menggunakan pakaian terbuka, silahkan skip saja bagian ini. Tapi kalau saya sendiri, memilih menggunakan bikini atau pakaian yang minim saat di pantai. Saya tidak bisa mencegah kulit saya menggelap. Tapi setidaknya saya bisa mencegah agar kulit belang saya, tidak akan terlihat sepulang liburan, saat saya kembali ke aktifitas harian saya yang biasa.

Bila menggunakan bikini atau pakaian yang minim, belang pada kulit akan terjadi pada tempat-tempat yang tertutup oleh pakaian sehari-hari. Jadi setidaknya, nggak perlu insecure karena kulit terlihat belang setelah masuk kerja atau sekolah nanti.

kulit terbakar (3)

2. Pakai Sunblock Tinggi SPF

Tentu semua sudah paham, memakai sunblock ketika beraktifitas di bawah paparan sinar matahari secara ekstrim adalah wajib! Saya sendiri memilih Banana Boat Sport Sunscreen Lotion SPF 110 PA +++ untuk perlindungan maksimal pada kulit badan. Sedangkan untuk kulit wajah, saya memakai Sunplay High UV Defense SPF 99+ PA++++. Kedua produk tersebut memiliki angka SPF dan PA yang tinggi, serta tahan air dan keringat.

Tapi walau SPF-nya sudah tinggi, selalu ingat untuk re-apply sunblock secara berkala. Baiknya menggunakan SPF lebih tinggi adalah, bisa lebih tahan lama, sehingga kalau malas re-apply, pertahanannya masih baik.

Jujur saja, nggak ada satupun produk sunscreen atau sunblock yang dapat mencegah kulit menggelap saat setelah seharian berada di bawah sinar matahari. Tapi sunscreen melindungi jaringan sel kulit kita dari kerusakan, dan dapat mencegah sunburn. Percayalah, sunburn itu menyakitkan dan jauh lebih buruk daripada sekedar kulit yang menggelap.

3. Aplikasikan Aloe Vera Gel Setelahnya

Aloe vera gel berfungsi untuk menenangkan dan mendinginkan kulit, yang terbakar karena sengatan matahari. Pilih produk aloe vera gel yang minim kandungan alkoholnya, sehingga kulit nggak bertambah perih. Saya sendiri selalu memilih The Saem 99% Jeju Fresh Aloe Soothing Gel, yang rasanya adem dan menenangkan kulit, tanpa membuat kulit terasa perih.

Tapi saya cuma menggunakannya sebagai masker badan saja. Untuk area wajah, saya lebih suka menggunakan sheet mask, yang mengandung soothing agent seperti aloe vera atau cucumber.

4. Hindari Scrub dan Produk Eksfoliasi

Sekusam dan segelap apapun kulit setelah seharian terpapar sinar matahari dan air garam, sebaiknya jangan melakukan eksfoliasi atau scrubing. Scrub akan membuat kulit yang sensitif dan kemerahan karena seharian terpapar sinar matahari, menjadi lebih parah kondisinya. Sebaiknya tunggu sekitar satu minggu, sampai kondisi kulit normal kembali, sebelum menggunakan scrub badan ataupun wajah.

5. Jangan Lupa Pelembap 

Agar kulit tidak semakin kusam dan pecah-pecah karena sinar matahari, kita memerlukan pelembap kulit ekstra. Gunakan body lotion, body butter, atau body oil yang lebih lembap daripada daily moisturizer-mu. Kalau saya sendiri memilih menggunakan Virgin Coconut Oil sebagai pelembap tubuh.

Di kulit saya yang sensitif, terkadang pelembap tubuh pabrikan terasa perih di situasi-situasi tertentu, seperti setelah berjemur di sinar matahari. Mungkin karena kandungan fragrance atau alkohol di dalamnya. Jadi VCO memang pilihan yang aman untuk saya di situasi ini. Dan bonusnya, VCO aromanya enak, sangat melembapkan, dan membuat kulit saya terlihat glowing lebih lama.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment