toners mists

Jerawat Karena Thermal Water? Ini Alasannya

seo-img-article

Kandungan mineral unik thermal water nggak selalu cocok di setiap jenis kulit, bahkan di saya bikin jerawat. Ini penjelasan dokter kulit.

Kandungan kaya mineral dari thermal water memang punya banyak manfaat untuk kulit. Banyak yang kulitnya jadi kalem, bahkan bekas luka cepat sembuh setelah memakai thermal water merek-merek skincare farmasi Prancis seperti Avene, La Roche Posay, Uriage dan Vichy. Nah, apa alasannya kalau justru ada yang muncul jerawat karena thermal water, seperti saya? Kok kita spesial? LOL.

Menurut dr. Dewi Hasanah SpKK, nggak semua orang bisa mentolerir tinggi-rendah kandungan mineral (klorida, sodium, potasium, kalsium dan magnesim) dari thermal water. Walaupun kandungannya mirip dengan NMF kulit, dan secara logika “harusnya” justru bagus bagi kesehatan kulit, tetap saja semua kembali ke sensitivitas kulit masing-masing orang.

La_Roche_Posay_Thermal_Spring_Water_50g_1484039481

Saya sendiri nongol jerawat setelah memakai Avene Eau Thermale Spring Water, dan beberapa teman saya, yang kulitnya juga acne prone, mengalami efek serupa setelah memakai produk ini. Pengalaman ini pun bikin saya belum berani nyobain therwal water spray dari brand lain. Masih penasaran sih, apalagi setelah tahu bahwa komposisi mineral setiap brand berbeda-beda. Dari sejumlah brand Prancis yang udah saya sebutkan, ternyata Avene mengandung mineral paling sedikit (tertinggi adalah Uriage). Menurut studi Avene, justru mineral yang rendah lah yang lebih nyaman di kulit, dan paling minim potensinya dalam menimbulkan iritasi (sumber).

Mungkin aja mineral yang lebih tinggi justru cocok di kulit saya; who knows. Pingin juga sih, terbang ke Prancis dan minum-mandi pakai thermal water Avene langsung dari sumbernya 😀  Daripada gambling dan banyak coba-coba, dr. Dewi justru menyarankan saya pakai DIY face spray super merakyat: botol kosong diisi air minum di rumah. Kulit saya memang lagi dehidrasi, dan menurut dr. Dewi, air mineral biasa juga nggak masalah saya pakai.

“Karena yang kamu cari sebenarnya kan airnya. Pakai aja air biasa, semprot sering-sering kalau lagi kering.” lanjut dokter.

Siapa di sini yang juga punya pengalaman jerawat karena thermal water?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment