diy

3 Bahan DIY Skincare yang Harus Dihindari

seo-img-article

Tiga bahan DIY skincare ini sering digembar-gemborkan sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi masalah kulit, namun justru sebaiknya dihindari!

Baik di YouTube sampai Pinterest, banyak banget resep DIY skincare yang menarik. Mulai dari resep masker alami sampai scrub untuk jerawat, bekas jerawat dan komedo.  Beberapa yang pernah saya coba adalah toner cuka apel dan masker tepung jagung. Namun lama-lama saya males juga oplos-mengoplos, dan untungnya udah ketemu skincare regiment yang cocok  juga sih, jadi enggak pernah lagi deh bikin-bikin home remedies.

Biasanya sih, resep-resep DIY skincare ini direkomendasikan sebagai alternatif yang lebih alami dan juga murah-meriah. Banyak juga penganut no poo method yang mencoba karena enggak mau lagi berurusan dengan chemical dalam produk-produk komersil. Nah, ada beberapa bahan yang seriing banget nongol di berbagai resep DIY, karena dianggap memiliki healing property yang baik.  Namun, sebaiknya kamu pikir dua kali dulu sebelum main templok bahan-bahan ini ke wajah.

jenis-masker-wajah-1

Gula

Ingat berita soal larangan microbeads di AS? Nah, sebenarnya ada beberapa kalangan yang keberatan. Pada kenyataannya, memang microbeads lebih gentle di kulit dibandingkan bahan scrub alami seperti almond shell yang banyak digunakan. Kalau dalam dunia DIY skincare sendiri, bahan yang paling sering digunakan sebagai exfoliator adalah gula. Madu + gula berulang-ulang muncul sebagai one exfoliator for all deh pokoknya.

Namun, menurut saya sih sebaiknya gula dihindari, setidaknya jangan dipakai untuk wajah. Sudah pernah nyobain scrub gula-madu di wajah? Memang sih, wajah jadi halus, tapi juga sakit! Yang kulitnya sensitif, bahkan bisa iritasi. Saya lebih merekomendasikan bubuk kopi. Karena selain hasil sensasinya di kulit sama, namun enggak terasa menyakiti kulit. Kopi juga banyak dipakai di produk-produk hit macam Juara Invigorating Body Scrub dan Frank Scrub.

Kayu Manis

DIY-SKINCARE-BAHAYA-1Image: beautylish/amarmielife

Cinnamon alias kayu manis sering banget muncul sebagai bahan DIY masker untuk jerawat. Kayu manis dianggap memiliki khasiat antiseptik dan antibakteri yang bisa membantu mengempeskan jerawat, bahkan jenis cystic sekalipun. Saya pernah coba patch test masker cinamon-madu, yang sukses bikin satu spot itu merah, walau alhamdulillah yaa, enggak sampai seperti dua cewek ini yang wajahnya bengkak dan kulitnya terbakar setelah memakai masker berbahan kayu manis. Yes, cinnamon punya potensi mengiritasi kulit. Better stay away from it…

Lemon

Resep DIY bekas jerawat mana sih yang enggak mengandung lemon? 😀 Pertama kali lihat, saya juga tergiur sih, secara saya selalu punya bekas jerawat yang pingin banget cepat pudar. Results yang saya lihat di YouTube juga meyakinkan lho. Namun saya semakin yakin kalau bahan satu ini akan cocok bagi yang punya “kulit badak” saja.

Lemon sifatnya asam banget, dan as we know walau asam sifatnya baik untuk kulit, namun terlalu asam justru akan mengganggu barrier kulit. Sifat acidic lemon bahkan saking kuatnya bisa mengeroposkan gigi kalau sering dikonsumsi.

Asal beli lemon dan ditemplok di wajah juga enggak akan memberi hasil sebaik dan seefektif serum vitamin C macam Sampar C-Rum. Ada alasannya kok, kenapa skincare alami dari brand high end harganya cukup tinggi, karena tentu mereka punya supplier bahan baku yang tugasnya memilih bahan kualitas terbaik untuk diambil ekstraknya dengan mesin-mesin canggih agar khasiatnya maksimal, untuk kemudian diformulasi sedemikian rupa agar compatible di kulit. Bukan asal peras lalu langsung masukin botol 😀 Inilah salah satu hal yang menurut saya sering luput dari pemikiran orang-orang saat mencoba skincare alami racikan sendiri.

Beberapa bahan DIY skincare yang masih aman di kulit cotohnya adalah masker madu yang melembabkan, atau susu/ yogurt sebagai eksfoliasi ringan karena mengandung lactic acid. Apa pun itu DIY skincare yang mau kamu coba, jangan lupa untuk patch test dulu tentunya!

annetta

annetta

Obsessed with ombre lips, perfectly winged eye liner & drugstore makeup. A full time beauty editor & lifetime Liverpool FC avid fan!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment