Apa Bedanya Micellar Water dengan Cleansing Water?

Kalau beberapa waktu lalu hampir seluruh brand beauty mengeluarkan micellar water, kini hadir beragam produk baru yang dinamakan cleansing water. Apa sih bedanya?

Dulu, pas muka saya jerawatan super parah, micellar water bisa dibilang jadi salah satu penyelamat hidup yang sedikit banyak membantu proses meredakan jerawat yang muncul di muka. Karena pada waktu itu, muka saya nggak bisa sama sekali dibersihkan pakai facial foam ataupun cleansing oil merk apapun. Kalau dipaksain double cleansing pakai dua produk itu, yang ada malah jadi semakin parah breakout-nya.

Rekomendasi Micellar Water-2

Lalu, setelah beberapa waktu lalu micellar water menjadi sebuah produk pembersih wajah yang super hype, kini mulai banyak brand-brand beauty yang memunculkan produk pembersih dengan nama cleansing water. Sebagai salah satu pecinta micellar water, saya pun jadi penasaran untuk mencari tahu apa sih bedanya micellar water dengan cleansing water?

 

Baca juga: Micellar Water Bisa Memicu Kanker?

 

Nah, sebenarnya kalau menurut saya hal ini juga jadi sebuah bahasan yang sedikit membingungkan sejujurnya. Karena ada yang bilang kalau micellar water dan cleansing water itu adalah sebuah produk yang sama. Bedanya terdapat pada cara penyebutannya saja. Kalau orang Prancis nyebutnya micellar water, tapi kalau orang Korea menamakannya sebagai cleansing water. Sebenarnya wajar saja sih kalau banyak orang berpikir seperti ini, toh secara fungsi sebenarnya sama. Keduanya mampu membantu membersihkan makeup dan kotoran dari kulit wajah kita.

Sampai akhirnya saya membaca tulisan Wendy Gould di The Klog yang menyebutkan bahwa walau punya efek yang serupa, tapi keduanya bukanlah produk yang sama. Menurut wawancaranya dengan Cassandra Bankson, seorang beauty guru dan konten kreator YouTube Skin Science, micellar water adalah air soft water yang terbuat dari purified water tanpa kandungan metal berat di dalamnya, serta telah ditambahkan micelles—partikel minyak sangat kecil yang berfungsi untuk bantu mengangkat minyak dan kotoran dari kulit kita.

 

Baca juga: Micellar Water Terbaik Versi FD App

 

Sedangkan menurut Cassandra, cleansing water adalah air yang telah dipurifikasi dan ditambahkan cleansing agents di dalamnya. Nah, kalau micellar water itu hanya diinfusi dengan micelles, maka lain halnya dengan cleansing water. Karena, selain menggunakan air yang sudah dipurifikasi, cleansing water biasanya ditambahkan dengan bahan-bahan lain, seperti essential oil, ekstrak buah, atau beragam mineral yang bisa membantu menyeimbangkan kulit wajah kita seperti toner. Atau bisa dibilang, cleansing water itu memiliki added benefit jika dibandingkan dengan micellar water yang fungsinya lebih terfokus pada pembersihan.

Gentle Cleansing

Untuk mencari tahu perbedaannya, akhirnya saya mencoba Sulwhasoo Gentle Cleansing Water. Saya juga memastikan dengan bertanya pada Dery G. Waluyo, PR & Event Asst. Manager Sulwhasoo mengenai produk ini. Dery mengatakan bahwa Sulwhasoo Gentle Cleansing Water ini bukanlah micellar water, namun pembersih wajah yang memiliki teknologi micellar dengan tambahan beragam ekstrak di dalamnya.

Produk yang diklaim bisa mengangkat makeup dan kotoran pada wajah sekaligus melembapkan kulit ini mempunyai Triple Micellar Technology yang menyelaraskan komponen air dan minyak, sehingga mampu membersihkan wajah secara menyeluruh, termasuk riasan waterproof sekalipun. Selain itu, kandungan Hydra Capture Complex yang diformulasi dengan Spirodela Polyrrhiza Extract, Citrus Unshiu Peel Extract, Coix Lacryma-Jobi Ma-Yuen Seed Extract dan Castanea Crenata Shell Extract di dalamnya juga dipercaya bisa memberikan kelembapan pada wajah saat dibersihkan, jadi kulit nggak akan kerasa kering ataupun ‘ketarik’.

 

Baca juga: Serba-Serbi Micellar Water

 

Untuk mengangkat makeup di wajah, saya mengusapkan secara perlahan kapas yang sudah dibasahi dengan cleansing water ini. Tapi biasanya untuk makeup mata, saya selalu menggunakan makeup remover baru dibersihkan lagi dengan cleansing water. Walau memang cleansing water ini diklaim bisa mengangkat makeup pada mata dan bibir, tapi saya lebih suka ‘melelehkan’ makeup di area tersebut dengan makeup remover.

Awalnya sih saya tidak merasakan perbedaan yang signifikan. Toh fungsinya juga sama-sama menjadi pre-first cleanser saya. Tapi pas sudah mencobanya beberapa kali, selain mampu mengangkat kotoran dan makeup dengan baik, saya malah merasa kulit jadi lebih lembap, kenyal, glowing dan merasakan benefit ekstra yang diberikan oleh cleansing water dengan kandungan beragam esktrak tumbuhan di dalamnya ini.

Setelah mencoba Sulwhasoo Gentle Cleansing Water ini, saya jadi penasaran untuk coba cleansing water lainnya. Ada rekomendasi?