Ada Apa Aja sih Di #FDLocalPower Kemarin?

Walau pun campaign #FDLocalPower hanya sampai bulan Agustus, tapi Female Daily nggak stop mendukung dan highlight mengenai produk lokal.

Menutup campaign #FDLocalPower di bulan Agustus kemarin, Female Daily mengadakan gathering kecil-kecilan di FDHQ bareng 20 member. Nggak hanya mengundang member, FD juga mengundang dua brand lokal, yaitu Nood Cosmetics dan Rollover Reaction. Ngapain aja sih acara ini? Pertama kami ngobrol soal perkembangan brand lokal yang dibawakan oleh tim editorial, yaitu saya dan Andien. Setelah itu ada juga sesi sharing session antara dua brand lokal mengenai gimana membangun bisnis kecantikan di Indonesia, dan terakhir para member yang hadir bisa mencoba berbagai produk lokal kecantikan yang ada di kantor Female Daily.

#FDLocalPower-3

Apa saja sih perkembangan yang terjadi di industri kecantikan lokal dari kacamata editor FD?

Kalau tahun 2009-2012 produk makeup lokal hanya itu-itu saja dan terlihat kuno, sekarang produk lokal makin banyak dan makin kekinian. 2016 menurut saya menjadi tahun di mana brand lokal berkembang melalui kehadirannya Rollover Reaction dengan image anak muda millennials, dan produk liquid lipstick yang memang belum tersedia di pasar lokal pada saat itu. Setelahnya, memang brand lokal sempat stuck di situ-situ saja karena produk yang keluar setelahnya selalu liquid lipstick. Tapi, di tahun 2017 mulai banyak brand lokal lainnya yang menghadirkan produk-produk lebih beragam, seperti misalnya Studio Tropik yang mengeluarkan priming water, Rosé All Day yang melansir foundation, dan juga highlighter dari brand Goban Cosmetics.

 

Baca juga: Rollover Reaction Brand Lokal Millenials Pertama || #FDLocalPower

 

Hal lain yang terasa berbeda adalah pola pikir pakai produk luar lebih bangga pun sudah dilupakan. Terbukti dengan antusiasme perempuan Indonesia yang sangat tinggi ketika ada brand lokal yang baru launching atau ingin mengeluarkan produk baru. Bahkan, setiap tahunnya request review produk lokal di semua platform Female Daily pun semakin banyak.

 

Baca juga: Rosé All Day, Brand Makeup Minimalis Buatan Lokal

 

Karena konsep brand luar lebih keren sudah hilang, ada satu konsep lagi yang ingin kami ubah, yaitu brand lokal harus murah. Sebelum masuk ke sebuah ranah di mana kita hanya bisa menuntut ingin harga barang yang murah, tentu kita juga harus tahu dong proses tercipta dari sebuah produk itu seperti apa. Karena saat membuat satu brand dan produk, proses yang dilakukan itu banyak, misalnya mulai dari bikin konsep brand, mengurus BPOM, research, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal tersebut juga tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit, lho. Kalau masih bisa beli lipstick luar dengan harga Rp150.000,- dan bilang murah, harusnya bisa bilang murah juga ketika ada lipstick brand lokal dengan harga yang sama. 

#FDlocalPower-7

Setelah ngobrol bareng dengan editorial FD, acara selanjutnya adalah sesi yang dibawakan oleh brand Rollover Reaction dan juga Nood Cosmetics. Di sini, kedua pembicara saling cerita mengenai awal mula pembuatan brand mereka dan apa saja sih kesuksesan dan kegagalan yang mereka hadapi.

#FDLocalPower-6

Selesai sharing dari tim editorial dan brand, para member pun diberikan kesempatan untuk mencoba berbagai produk makeup dan skincare lokal yang ada di kantor Female Daily. Setelah puas mencoba makeup, acara pun ditutup dengan foto bersama.

#FDLocalPower-2

Oh ya, walaupun kampanye ini diadakan dan menjadi highlight pada bulan Agustus kemarin, bukan berarti sekarang Female Daily nggak akan menghadirkan artikel atau video-video yang mengangkat lokal brand. Karena sebenarnya, kalau kalian sering baca artikel atau nonton Youtube Channel FD, kami sering banget kok sharing mengenai produk-produk lokal. Jadi, mulai bulan Agustus dan seterusnya #FDLocalPower tetap akan berjalan!