banner-detik

foundation

3 Full Coverage Foundation Untuk Kulit Kering Dari Drugstore

seo-img-article

Jarang ada full coverage foundation yang cocok untuk kulit kering. Tapi saya punya 3 rekomendasi full coverage foundation yang cocok untuk kulit kering, dari drugstore brand.

Untuk pemilik kulit kering, pasti paham kesulitannya ketika memilih foundation, terutama untuk foundation yang full coverage. Kalau salah pilih, hasilnya makeup malah terlihat cakey dan nggak menempel di kulit. Saya sendiri sebenarnya juga nggak terlalu suka foundation yang full coverage. Lebih suka yang sheer to medium dengan dewy finish, karena memang biasanya lebih mudah digunakan dan lebih bersahabat dengan kulit kering saya.

Baca juga: Trik Menghindari Foundation Cracking Pada Kulit Kering

Tapi kadang-kadang saya juga butuh coverage lebih, terutama saat muka saya banyak sekali jerawat atau bekas jerawat, sementara saya harus menghadiri acara yang formal dan penting. Kalau cuma pakai sheer coverage foundation yang biasa jadi andalan saya, rasanya makeup kurang flawless dan jadi nggak maksimal. Makanya walau jarang digunakan, saya tetap selalu punya stock full coverage foundation, untuk saat-saat tertentu.

Nah, ini adalah beberapa full coverage foundation yang saya suka, dari drugstore brand.


drugstore full cover foundie (3)

1. Wet N Wild Photofocus Foundation

Banyak yang bilang, foundation ini adalah dupe dari Estee Lauder Double Wear Stay-In-Place Foundation. Tapi saya sendiri belum pernah mencoba Estee Lauder Double Wear Foundation. Wet N Wild Photofocus Foundation ini memiliki tekstur semi-matte dan memiliki coverage yang lumayan tinggi, namun masih cocok untuk jenis kulit saya yang kering. Sesuai namanya yaitu Photofocus Foundation, foundation ini memang terlihat bagus sekali di foto. Wajah saya jadi terlihat matte, rapi, flawless, dan pori-pori tersamarkan.

Ada banyak sekali pilihan shade dari foundation ini, mulai dari untuk kulit terang sampai gelap, untuk cool undertone sampai warm undertone. Jadi jangan khawatir kalau nggak ada shade yang cocok untuk kulitmu. Saya sendiri sangat cocok dengan shade Soft Beige, medium cenderung terang dengan yellow undertone.

Kekurangan foundation ini adalah formulanya yang terasa “berat” ketika dipakai. Memang muka terlihat sangat flawless sih, tapi juga sangat terlihat kalau sedang memakai foundation. Foundation ini dilengkapi dengan spatula pada bagian tutupnya, yang bagi sebagian orang terasa kurang higienis. Saya sendiri juga lebih suka bila foundation ini menggunakan aplikator pump sih. Dan di beberapa orang, aroma foundation ini terasa mengganggu, meskipun di saya tidak.

Baca juga: Review Foundation Wet N Wild Yang Lagi Hip

 

2. LT Pro Smooth Corector Cream Foundation

Foundation yang satu ini bentuknya cream. Kulit kering saya jarang sekali bisa menerima foundation berbentuk cream. Biasanya cream foundation hasilnya akan cracking dan nggak mau menempel di kulit saya, walaupun saya sudah melakukan skin prep dengan moisturiser dan primer. Tapi untuk LT Pro Smooth Corector Cream Foundation ini ternyata bisa menempel di kulit saya dengan sangat baik, asalkan kulit sudah diberi moisturiser yang cukup melembapkan.

Bila digunakan single use, foundation ini hasilnya sangat full coverage. Saya nggak butuh concealer lagi bila sudah menggunakan foundation ini. Tapi karena terlalu nutup dan berat, saya sendiri akhir-akhir ini lebih sering menggunakannya sebagai concealer saja. Atau terkadang saya gunakan untuk campuran liquid foundation, untuk menambah coverage-nya.

Sayangnya, foundation ini cuma tersedia dalam tiga shade. Saya memilih shade yang tengah, yaitu Yellow Orange, karena dua yang lain jauh terlalu terang dan terlalu gelap untuk kulit saya. Tapi Yellow Orange ini pun sebenarnya masih sedikit terlalu terang untuk kulit saya.

 drugstore full cover foundie (1)

3. Milani Conceal Perfect 2-In-1 Foundation and Concealer

Kalau dari review-review yang saya baca, foundation ini full coverage dan matte finish. Ya, saya setuju kalau foundation ini full coverage, tapi hasil akhirnya nggak matte. Malah di kulit saya jatuhnya cenderung sedikit dewy. Oil control-nya menurut saya juga nggak ada, karena beberapa jam saja, area hidung saya sudah mengeluarkan sedikit minyak, yang mana sangat jarang terjadi bila saya memakai Wet N Wild Photofocus Foundation atau LT Pro Smooth Corector Cream Foundation. Kalau saya sih suka sekali dengan hasilnya yang dewy dan nggak bermasalah dengan oil control-nya.

Kemasannya bagus dan terlihat mahal, dengan aplikator pump yang mudah digunakan. Namun kekurangannya, foundation ini oxidise dan pilihan shades-nya kebanyakan nggak cocok untuk warm undertone skin. Jadi di kulit kuning, seringkali terlihat keabu-abuan. Tapi bila bisa menemukan shade yang tepat, foundation ini adalah opsi yang baik untuk pemilik kulit kering.

Butuh rekomendasi drugstore foundation lain untuk kulit kering? Baca rekomendasi drugstore foundation untuk kulit kering yang hasilnya dewy ini.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment