How to: Natural Makeup dengan Produk Cream

Pingin natural makeup yang “menyatu” sama kulit? Lebih banyak eksperimen dengan produk cream!

Beberapa waktu belakangan ini, timeline Facebook dan Instagram saya penuh dengan topik makeup bergaya natural. Sepertinya sejak Royal Wedding kemarin, semua orang membicarakan makeup natural Meghan Markle. Saya juga suka sekali dengan natural makeup, baik untuk saya kenakan sehari-hari, maupun untuk acara-acara formal.

Saya sendiri tidak bisa menebak apa saja produk-produk yang dipakai Meghan Markle. Tapi untuk natural makeup, andalan saya adalah tinted moisturizer atau sheer coverage foundation, fake eyelashes dengan potongan tipis dan natural, nude creamy lipstick yang diulas tipis-tipis di bibir, serta makeup dekoratif yang bertekstur cream.

Awalnya saya nggak terlalu suka dengan produk makeup dekoratif yang berbentuk cream. Alasan pertamanya adalah, saya kurang suka dengan ide membaurkan makeup dengan menggunakan jari. Saya memang lebih suka menggunakan tools untuk mengaplikasikan makeup apapun, tanpa mengotori jari-jari tangan saya. Lalu saya dulu juga berpikir bahwa cream makeup itu hasilnya akan lengket dan nggak nyaman di kulit. Dan mungkin karena saya belum terbiasa menggunakannya, rasanya masih canggung ketika mengaplikasikan contour, hilighter, eyeshadow, dan juga blush on berbentuk cream.

Tapi setelah terbiasa, saya malah suka sekali dengan hasilnya.

cream product (3)

Salah satu cream makeup yang sudah saya coba dan saya suka sejak lama adalah highlighter. Kalau untuk highlighter, dari dulu saya memang lebih suka menggunakan highlighter berbentuk cair atau krim dibandingkan powder highlighter. Liquid highlighter pertama saya adalah Benefit High Beam, dan hasilnya memang bagus sekali. Kulit saya terlihat sehat dan berkilau dari dalam, nggak frosty, dan nggak tampak fake sama sekali. Baru-baru ini saya mencoba J.Cat Aura Glow Liquid Highlighter yang lebih affordable, dan ternyata hasilnya pun nggak mengecewakan.

Selain highlighter, sebenarnya saya baru menyukai produk-produk dekoratif berbentuk cream lainnya pada awal tahun ini. Saya mulai dengan Make Up For Ever HD Blush Second-Skin Shade 225. Alih-alih menggunakan jari seperti yang biasa saya lihat pada tutorial makeup, saya mencoba mengaplikasikannya dengan stippling brush. Hasilnya bagus lho! Natural dan nggak streaky.

Setelah sukses dengan blush on dan highlighter berbentuk cream, saya mulai mencoba eyeshadow dan contour cream. Eyeshadow cream yang saya suka saat ini adalah LAKME Drama Stylish Eyeshadow Crayon. Bentuknya seperti jumbo pencil yang tinggal dioleskan saja ke kelopak mata. Teksturnya empuk dan creamy, tapi nggak terlalu “basah”. Poin plusnya, eyeshadow ini bisa di-blend dengan baik menggunakan blending brush, dan awet di kelopak mata tanpa perlu di-set dengan eyeshadow powder.

Sedangkan untuk counturing cream, saya akui sampai sekarang saya masih belum terlalu mahir menggunakannya, jadi saya sering skip bagian ini. Tapi saya juga memang kurang suka menggunakan contouring untuk daily makeup. Rasanya terlalu berlebihan dan nggak natural.

Makeup berbentuk cream, memang harus di-set dengan powder agar lebih awet dan nggak bergeser di kulit. Maka saya tetap menggunakan setting powder untuk finishing. Hanya saja, saya memilih setting powder yang colorless dan finish-nya nggak terlalu powdery, dan cukup dipakai tipis-tipis saja dengan menggunakan kuas yang nggak terlalu dense. Favorit saya saat ini adalah BLP Beauty Face Powder.

cream product (2) - Copy

Dibandingkan dengan produk makeup berbentuk powder, cream makeup ini hasilnya terlihat lebih natural dan menyatu dengan kulit wajah. Warna-warna yang dihasilkan juga nggak terlalu mencolok, dan nggak kelihatan powdery atau berdempul. Terutama untuk blush on dan highlighter, saya suka dengan efek yang dihasilkan. Seolah-olah wajah saya terlihat merona dan glowing dari dalam.

Hal lain yang saya suka lagi, ternyata mengaplikasikan cream makeup itu bisa dengan menggunakan kuas atau sponge kok. Jadi nggak perlu mengotori jari-jari tangan. Pastikan saja bristle kuasmu berbahan sintetik dan cukup padat. Jangan menggunakan natural bristle untuk cream product, karena malah akan merusak kuasmu.

Buat yang suka makeup dengan gaya natural namun belum pernah mencoba full face makeup dengan produk dekoratif berbentuk cream, sesekali cobain deh. Kamu bakalan jatuh cinta dengan hasilnya.