banner-detik

lifestyle

Persiapan Menopause, Mengapa Perempuan Butuh Strength Training?

seo-img-article

Perempuan nggak perlu takut berotot! Ternyata justru kita butuhkan untuk persiapan menopause lho.

Bicara tentang menopause, ada banyak hal yang perlu kita persiapkan sebagai perempuan untuk memasuki fase baru yang penuh perubahan ini. Selain tentunya berhenti menstruasi, sering sekali perubahan hormon dan kondisi kulit lah yang diberikan perhatian khusus. Padahal kondisi fisik, terutama kekuatan tubuh juga mengalami perubahan besar yang perlu kita antisipasi sebelum memasuki fase menopause.

Belum lama ini, saya membaca sebuah post Instagram dari Channel News Asia yang cukup eye-opening. Ternyata menurut penelitian Dr. Low Yen Ling, Senior Director of International Nutrition Science and Global Research and Innovation Abbot, memasuki awal fase menopause di usia 45-55 tahun, massa otot, tulang, dan kolagen perempuan akan jauh menurun; terjadinya 10 tahun lebih cepat dibandingkan pada laki-laki. Lalu kenapa sih kalau massa otot, tulang, dan kolagen kita berkurang? Apa yang akan terjadi?

Baca juga: Kupas Tuntas Soal Menopause dengan Ahlinya! Apa yang Harus Dipersiapkan?

Menopause dan sarkopenia

Menopause sendiri berpengaruh pada menurunnya kadar estrogen secara drastis, yang ternyata juga berdampak pada kesehatan otot rangka atau skeletal muscle. Menjadi salah satu jenis otot yang amat vital, otot rangka berfungsi untuk menggerakkan tubuh, menjaga keseimbangan, menopang berat badan, serta melindungi organ dalam. Nah, sebagian besar otot rangka ini melekat pada tulang. Jadi ketika massa otot rangka berkurang, kesehatan tulang juga bisa kena dampaknya. Risiko osteoporosis pun bisa muncul.

Di kondisi yang parah, bahkan bisa terjadi sarkopenia, yaitu penyusutan dan kehilangan massa otot yang bisa membuat perempuan di usia lanjut rawan mengalami jatuh dan cedera.

Strength training, persiapkan otot untuk menopause

Di sini lah strength training menjadi penting untuk persiapan menopause. Sering kali, olahraga untuk membentuk otot mendapatkan stigma negatif bila dilakukan perempuan. Padahal bukan hanya soal menjaga penampilan, menaikkan massa otot bisa menjaga kesehatan dan keselamatan kita di usia saat ini dan di usia lanjut. Mengacu pada artikel yang dirilis Harvard Health Publishing milik Harvard Medical School, olahraga yang fokusnya meningkatkan massa otot atau strength training bisa meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan akibat osteoporosis. Makanya di usia 20-an, selipkan juga strength training di rutinitas olahragamu untuk ‘nabung’ massa otot sebelum menopause terjadi.

Strength training dengan fokus pada otot-otot besar bisa dilakukan dengan mengangkat beban di gym (pastikan melakukannya dengan teknik yang benar, lebih direkomendasikan dengan personal trainer), calisthenics, dan pilates.

Baca juga: Selain Reformer, Kamu Juga Bisa Coba 4 Jenis Pilates Ini!

Itu lah pentingnya strength training untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki fase menopause. Jangan tunggu sampai terlambat, ya!

Images: dok. iStock

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment