banner-detik

beautiful people

Mengenal Rizki Juniansyah, Peraih Emas Olimpiade Paris 2024 Termuda dari Indonesia!

seo-img-article

Nama Indonesia kembali harum berkat Rizki Juniansyah yang raih medali emas cabang olahraga angkat besi di Olimpiade Paris 2024!

Keberlangsungan Olimpiade Paris 2024 terus menarik perhatian para penikmat olahraga. Begitu juga yang mendukung perwakilan Indonesia di kancah global, momen ini menjadi titik balik Indonesia jika membawa pulang emas. Keberhasilan ini pun menjadi sebuah prestasi baru yang patut dirayakan. Selain atlet panjat tebing yaitu Veddriq Leonardo yang jadi sorotan, ada lagi atlet paling muda yang menjadi perhatian publik yakni Rizki Juniansyah.

Lagu Indonesia Raya berkumandang dengan lantang di lapangan Olimpiade Paris 2024. Ia terlihat mengalungi emas dan merayakan kemenangannya dengan penuh haru. Hal ini turut mengundang banyak apresiasi dari masyarakat Indonesia yang senang dengan keberhasilannya. Nama Indonesia pun menjadi sorotan dunia di bidang olahraga.

Baca juga: Craving Muffin Cokelat yang Viral di Olympics 2024? Order dari 5 Tempat Ini Aja!

Atlet termuda yang raih emas

Rizki Juniansyah di Olimpiade Paris 2024

Baru ulang tahun pada 17 Juni lalu, Rizki menjadi atlet termuda dari Indonesia yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade. Saat ini, ia memasuki usia 21 tahun 1 bulan dan ia mampu mendobrak rekor yang ada. Sebelumnya, rekor pemenang termuda ini sempat dimiliki oleh atlet bulu tangkis Susi Susanti yang meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992. Ternyata, butuh puluhan tahun untuk membuktikan jika anak muda Indonesia juga mampu bersaing di kancah global.

Lifter Indonesia pertama yang bawa pulang medali emas

Rizki Juniansyah di Olimpiade Paris 2024

Rizki Juniansyah resmi menjadi lifter Indonesia pertama yang membawa pulang medali emas dari Olimpiade Paris 2024. Hal ini turut menjadi prestasi Indonesia juga, yang terakhir kali mengikuti cabor angkat besi pada tahun 1952 di Olimpiade Helsinki dengan meraih medali perak.

Dalam sebuah keterangan Komite Olimpiade Indonesia, Rizki turut mengungkapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah saya sangat bersyukur kepada Allah SWT bisa membuat sejarah medali emas pertama untuk angkat besi di Olimpiade. Ini untuk angkat besi Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal Kim Yeji, Atlet Menembak Asal Korea Selatan yang Curi Perhatian!

Cetak rekor baru di Olimpiade

Pasalnya, Rizki berhasil menyelesaikan total angkatan clean and jerk dengan membukukan 199 kg. Sebelumnya, ia telah memegang rekor dunia junior angkatan snatch dengan total angkatan 157 kg. Ia juga pernah pegang rekor dunia dengan total angkatan snatch dan clean and jerk usai mengangkat sebesar 365 kg dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2024 di Phuket, Thailand. Prestasinya kini benar-benar spesial karena mampu mengalahkan negara lain.

Baca juga: 5 Fakta Rifda Irfanaluthfi, Atlet Senam Pertama Indonesia yang Cetak Sejarah di Olimpiade 2024

Selamat untuk Rizki, semoga semakin banyak juga atlet yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah global!

 

Image: Dok. Rizki

Slow Down

Please wait a moment to post another comment