ic-fd

Mau Setor Sampah untuk Didaur Ulang? Ini Waste Station yang Bisa Kamu Temui di Jakarta!

eco friendly
author

ydeayu・22 May 2024

detail-thumb

Sudah mulai membiasakan memilah sampah dan rutin menyetornya? Simak beberapa waste station yang mudah ditemui di Jakarta!

Nggak ada kata terlambat untuk melakukan hal yang lebih baik untuk lingkungan. Jika selama ini kamu masih malas memilah sampah dan sekarang sudah mulai tergerak untuk melakukannya, nggak perlu bingung! Kini sudah ada beragam perusahaan waste management yang menyediakan drop point untuk sampah. Jadi, kamu bisa membuang sampah yang telah dipilah ke titik-titik yang tersedia. Lalu, di Jakarta bisa setor sampah ke waste station mana aja supaya bisa didaur ulang dan terkelola lebih baik? Simak di sini ya!

Baca juga: Apa yang Harus Dihindari untuk Memulai Sustainable Beauty?

 

Rekosistem

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rekosistem (@rekosistem)

Rekosistem punya sejumlah waste station dan drop box untuk setor sampah yang tersebar di berbagai tempat di Jakarta dan sekitarnya. Misalnya seperti di stasiun MRT Blok M, Pantai Pasir Putih PIK, dan Hero Kemang. Lokasi waste station dan drop box selengkapnya pun bisa ditemukan dengan mudah melalui aplikasi Rekosistem. Di sini kamu bisa drop mulai dari sampah anorganik seperti plastik, beling, kaleng, bekas wadah makanan, hingga minyak jelantah, lho! Sampah yang dikumpulkan pun akan ditukarkan dengan rekopoint yang kemudian bisa ditukarkan dengan berbagai hal termasuk saldo e-wallet.

Baca juga: Kiehl’s Trash to Art Gandeng Seniman Muda Indonesia untuk Ubah Sampah jadi Karya Seni

 

Plasticpay

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PLASTICPAY (@plasticpay.tech)

Pernah melihat sejenis vending machine berwarna hijau di tempat-tempat umum untuk memasukkan sampah botol plastik? Itu adalah reverse vending machine (RVM) dari Plasticpay agar kamu bisa menyetor sampah botol plastik berjenis PET dengan mudah. Kamu bakal mendapatkan poin reward yang dapat ditukarkan menjadi uang elektronik atau ke ke rekening Bank Syariah Indonesia. Selain RVM, Plasticpay juga punya drop box sebagai tempat setor untuk plastik jenis lainnya seperti HDPE, PP, dan PET juga. Lokasi RVM dan drop box Plasticppay juga dapat ditemukan dengan mudah di aplikasi Plasticpay. Beberapa di antaranya ada di Mall Kota Kasablanka dan AEON Mall Jakarta Garden City.

 

Jakarta X Beauty

FD Members pasti sudah nggak asing lagi kan dengan acara rangkaian acara X Beauty yang diadakan oleh FD dari kota ke kota. Yup, sebentar lagi Jakarta X Beauty akan kembali meramaikan ibu kota! Di sebagian besar kota destinasi X Beauty, termasuk Jakarta, Female Daily menyediakan booth #FDSustainabeauty untuk drop beauty empties kamu. Jadi, kalau kamu punya banyak empties produk kecantikan, jangan lupa untuk membawanya ke Jakarta X Beauty tanggal 6-9 Juni 2024 nanti ya! Ada kesempatan untuk dapet freebies menarik juga lho kamu drop empties di sini…

Jenis empties yang bisa di-drop di sini adalah beling, kertas, botol, serta plastik yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Dan ini adalah total empties yang terkumpul di Bandung X Beauty kemarin, kira-kira nanti di Jakarta akan terkumpul berapa banyak yaa?

Baca juga: 5 Tips Mengurangi Sampah Plastik Untuk Pemula

Nah, itu dia sejumlah titik untuk menyetor sampah yang bisa didaur ulang di Jakarta dengan praktis. Semoga pelan-pelan kita dapat membantu melestarikan lingkungan dengan rajin memilah sampah untuk didaur ulang ya!

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Instagram/@officialfdxbeauty, @rekosistem, @plasticpay.tech