banner-detik

sponsored post

Rambut Kering, Kusam, dan Kusut? Yuk, Bikin Lembut dan Berkilau dengan 7 Cara Ini!

seo-img-article

Lagi bingung gimana caranya merawat rambut yang kering dan sering kusut? Gampang, kok! Beberapa langkah mudah ini bisa membantumu!

 

Kamu bisa saja mencatok rambut setiap hari untuk memberikan efek rambut yang tampak tertata rapi, halus, dan stay in place. Namun, itu sifatnya hanya sementara. Rambutmu juga bisa jadi lebih kering, kasar, dan kusam akibat terlalu sering terpapar hot styling tools.

Jadi, gimana dong cara yang tepat untuk mengatasi rambut yang kering, frizzy, dan kehilangan cahaya alaminya? Cara terbaik adalah dengan merawatnya setiap hari, dari luar dan dalam. Simak tips mudahnya di bawah ini!

Rutin pakai serum

 

Setelah keramas, biasakan pakai hair serum untuk mengembalikan kelembapan dan kelembutan rambut. Nggak perlu takut terasa lengket, karena kamu bisa memilih yang formulanya lightweight, seperti TRESemme Keratin Smooth Shine Serum. Diperkaya dengan keratin yang terkenal mampu melembutkan rambut, mengurai rambut kusut, bikin rambut mudah diatur, serta membuat rambut tampak bercahaya, kamu bisa mengandalkan produk ini sehari-hari untuk mengatasi rambut kering dan kusam.

TRESemme Keratin Smooth Shine Serum bisa kamu pakai saat rambut masih damp sehabis keramas, dan sangat disarankan dipakai sebelum kamu menggunakan hot styling tools. Hadir dalam ukuran mungil yang travelfriendly, kamu bisa membawanya ke mana saja dan memakainya kapan saja saat rambutmu terasa kering. Sempurna untuk bikin rambut terlihat lebih lembut dan polished!

Pilih shampoo dan conditioner yang tepat

Kalau kamu memiliki jenis rambut yang kering, tentu kamu harus memilih shampoo dan conditioner yang khusus untuk mengatasi rambut kering. Kamu bisa menggunakan shampoo dengan kandungan keratin, dan jangan lupa untuk mengaplikasikan conditioner yang sama di ujung-ujung rambut. Rutin memakai conditioner akan membuat rambut lebih lembap dan lembut, juga mencegah rambut jadi bercabang dan mudah patah. Kamu akan merasakan bedanya deh!

Hindari keramas setiap hari

Bagi pemilik rambut berminyak, keramas setiap hari bisa menjaga rambut agar lebih segar dan tidak lepek. Namun, buat kamu pemilik rambut kering, sebaiknya hindari keramas setiap hari ya. Cukup 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu, supaya rambut nggak jadi semakin kering.

Gunakan hair mask setiap minggu

Shampoo, conditioner dan hair serum saja nggak cukup lho, apalagi kalau kamu punya rambut yang kering. Kamu perlu melakukan perawatan tambahan 1-2 kali seminggu dengan menggunakan hair mask, untuk mengembalikan kelembapan alami rambut yang hilang, membuat rambut jadi jauh lebih halus saat disentuh, mudah disisir, dan tampak berkilau sehat.

Jangan terlalu sering terpapar matahari dan hot styling tools

Rambut yang terlalu sering kena sinar matahari atau alat-alat styling yang panas seperti catokan dan curling iron, akan menjadi kusam dan kemerahan. Selain itu, kelembapan alaminya jadi terangkat, membuat rambut lebih kering dan kaku. Ujung-ujung rambut juga jadi lebih mudah bercabang.

Pakai minyak natural sebagai perawatan tambahan

Kamu bisa menggunakan minyak-minyak natural seminggu sekali untuk memberikan kelembapan ekstra. Misalnya, olive oil, avocado oil, atau coconut oil. Aplikasikan pada batang dan ujung rambut, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dan keramas seperti biasa.

Konsumsi makanan tinggi omega 3 dan antioksidan

Jangan cuma merawat rambut dari luar, tapi kamu wajib menyeimbangkannya dengan nutrisi dari dalam. Konsumsi makanan tinggi omega 3 seperti telur, salmon, makarel, sarden dan tuna dapat memberbaiki pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih sehat. Makanan dan minuman yang kaya antioksidan seperti teh hijau, bayam, wortel, alpukat, dan kacang almond juga baik untuk menutrisi rambut dan melindungi rambut dari radikal bebas.

 

 

Nah, itulah 7 langkah untuk merawat rambut kering, kusam, dan kusut, agar jadi lebih sehat, lembut, dan mudah diatur! Gampang, kan? Mana yang sudah rutin kamu lakukan? Kalau belum, yuk mulai lebih fokus merawat rambut sejak hari ini!



Image: Freepik, Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment