banner-detik

sponsored post

Stretch Mark Muncul Tiba-tiba? Berikut Penjelasannya!

seo-img-article

Tiba-tiba muncul stretch mark di area tubuh? Jangan khawatir, berikut penjelasan tentang penyebab stretch mark dan bagaimana kamu bisa mencegahnya!

Seiring dengan berubahnya tubuh kita karena naik-turun berat badan, mengandung, ataupun bertambahnya usia, maka kondisi kulit tubuh kita juga bisa berubah. Salah satunya adalah munculnya stretch mark di beberapa area tubuh. Sebelum membahas lebih lanjut, perlu dipahami kalau stretch mark adalah hal yang normal dan we can absolutely embrace it! Nah, sudah penasaran bagaimana cara mencegah dan mengatasi stretch mark? Yuk, baca artikel berikut!

Baca juga: Apa Sih yang Terjadi Pada Kulit ketika Mengalami Penuaan?

Penyebab munculnya stretch mark

Stretch mark sendiri adalah guratan atau garis halus di kulit yang biasanya muncul di area tubuh seperti payudara, perut, pinggul, paha, dan bokong. Kalau kamu sentuh, stretch mark memiliki tekstur yang tidak merata.Kalau biasanya stretch mark identik dengan kondisi yang muncul karena kehamilan, tapi nyatanya stretch mark bisa dialami oleh semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, lho.

Munculnya stretch mark bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti bertambah atau berkurangnya berat badan, rendahnya kadar kolagen dalam tubuh, elastisitas kulit yang menurun, dan masa pubertas. 

Cara mencegah munculnya stretch mark

Jika sudah muncul, stretch mark sebenarnya bisa memudar seiring berjalannya waktu. Tapi kamu juga bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah stretch mark muncul, asal rutin dilakukan setiap hari ya!

 

Menjaga hidrasi tubuh & mengonsumsi nutrisi seimbang

hidrasi cukup untuk mencegah stretch mark

Sebelum merawat tubuh dari luar, sebaiknya juga kita melakukan pencegahan munculnya stretch mark dari dalam tubuh. Dengan mengonsumsi nutrisi seimbang dan mengonsumsi air mineral yang cukup, kulit juga bisa terjaga kelembapan dan kadar kolagennya. Nah, karena kulit kamu sudah lembap, maka elastisitas nya juga terjaga dan bisa mencegah munculnya stretch mark.

 

Menjaga berat badan ideal

makanan sehat untuk mencegah stretch mark

Berat badan ideal setiap orang berbeda-beda. Disarankan, jika kamu dalam program menaikkan atau menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan secara perlahan & tidak terjadi secara drastis. Dengan begini, kulit tubuh kamu bisa menyesuaikan dengan lebih baik dan stretch mark bisa terhindari.

 

Menjaga kelembapan area rawan stretch mark

Ciara Liquid Serum for Stretch Mark

Karena stretch mark bisa disebabkan oleh elastisitas kulit yang berkurang, maka penting untuk kamu menjaga kelembapan kulit di area yang rawan stretch mark seperti area payudara, bokong, perut, pinggul, dan paha. Salah satu produk yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit tubuh dan mencegah munculnya stretch mark adalah Liquid Serum for Stretch Mark dari Ciara yang merupakan serum water based pertama di Indonesia yang khusus untuk stretch mark.

Kandungan Hyaluronic Acid, Squalane, Collagen, dan Peptide di dalamnya bisamembantu melembapkan kulit tubuh, membantu meregenerasi sel kulit, dan menjaga elasitas sehingga stretch mark bisa tersamarkan dengan penggunaan rutin selama 40 hari. Teksturnya juga light sehingga nyaman digunakan di malam dan pagi hari. Menarik banget, ya?

Baca juga: Wajib Dihindari, Ini 4 Kesalahan yang Bikin Kulit Ibu Hamil Semakin Kering!

Nah itulah penjelasan mengenai stretch mark dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya stretch mark. Kira-kira tertarik untuk coba produknya nggak, nih? Yuk, komen di bawah!

 

Image: Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment