ic-fd

Thom Browne dan Sensasi Korea: Selebriti Hingga Kolaborasi Smartphone Samsung!

style
author

saraccil・24 Aug 2023

detail-thumb
  • Kalau kamu suka memerhatikan seleberiti Korea Selatan, drakor, hingga kolaborasi smartphone Samsung, pasti sudah familiar sama nama Thom Browne. Tapi sebenarnya siapa sih Thom Browne dan kenapa desainer asal Amerika ini bisa jadi sesering itu muncul di entertainment dan lifestyle scene di Korea? Yuk, cari tahu di sini!

 

Siapakah Thom Browne?

thom browne

Image source: www.thombrowne.com

Walaupun sekarang merupakan seorang desainer terkemuka, awalnya Thom memiliki keinginan untuk berkarier di industri film, lho. Setelah ia mencoba keberuntungannya dalam berakting dan pindah ke Los Angeles, ia merasa hal tersebut bukanlah bidang yang tepat untuknya berkembang. 

Dari sana, ia memberanikan diri untuk pindah ke New York di mana ia memulai kariernya di bidang fashion dengan bekerja sebagai salesman di Armani. Pilihan ini ternyata berjalan dengan baik untuk Thom, karena di tahun-tahun setelahnya ia ditarik oleh Club Monaco untuk memimpin divisi creative development. Setelah bertahun-tahun ada di bawah naungan Club Monaco, akhirnya ia meluncurkan brand-nya sendiri pada tahun 2001, bernama Thom Browne. Semenjak dari sini, kariernya pun menanjak dengan sangat pesat dan ia menjadi pioner dari trend slim-fitting menswear.

Photo by Kristy Sparow/Getty Images

Identik dengan tampilan desainnya yang classic with a twist, sleek, dan minimalis, Thom tidak hanya menampilkan pakaian formal yang terinspirasi dari uniform saja, tapi ia melakukan eksplorasi ke berbagai jenis pakaian lainnya, termasuk sportswear dengan desain yang tetap elegan. Seluruh desain Thom Browne juga dirancang slim fit, jadi kalau kamu mau membelinya, harus benar-benar yakin akan ukuran tubuhmu.

Ia juga selalu berhasil mengembangkan siluet yang tradisional dan mengubahnya menjadi fashion items yang memiliki statement tersendiri. Salah satu desainnya yang ikonik adalah sebuah shrunken suit yang memiliki potongan lebih pendek pada pergelangan kaki dan lengan. Tampilan yang unik namun tetap fungsional.

Photo by Antonio de Moraes Barros Filho/WireImage

Walau tidak memiliki logo yang terlihat pada fashion items-nya, kamu akan dengan mudah mengenali siapapun yang menggunakannya. Ada signature design codes yang sulit untuk dilewatkan, yaitu horizontal stripes yang dinamakan 4-Bar; pita berwarna merah, putih dan biru yang seringkali terlihat pada lengan atau bagian belakang kemeja dan blazer.

Booming di Korea Selatan

Selain kualitas produknya yang tidak perlu diragukan lagi, desain sleek dan minimalis yang dibawanya sangat cocok dengan selera masayarakat Korea yang memang menghargai detail, kualitas, dan look yang sederhana tapi tetap terlihat mewah. Maka dari itu nggak heran kalau Thom Browne jadi salah satu brand yang paling dicari di Seoul.

Hal ini jugalah yang menjadi alasan kenapa banyak selebriti Korea Selatan menggunakan fashion item Thom Browne. Mulai dari G-Dragon, BTS, Park Seo-joon, hingga Park Bo Gum, tidak mau ketinggalan untuk melengkapi tampilannya dalam balutan pakaian dari rumah mode asal Amerika ini.

COURTESY OF RAKUTEN VIKI

Tentunya tidak hanya di dunia nyata, tetapi beberapa drakor populer belakangan ini seringkali memasukkan koleksi Thom Browne sebagai bagian dari kostum karakternya. Mereka memilih brand ini tidak sekadar hanya karena kualitas atau estetikanya, namun ketika para aktor menggunakan pakaian dari koleksi Thom Browne, mereka juga menunjukkan kelas dari karakter yang sedang dimainkan.

 

Kolaborasi dengan Samsung

Saat kita soal kolaborasi antara fashion dengan gadget, Samsung pastinya jadi salah satu brand yang selalu menyajikan peleburan yang sangat menarik. Selain sering berkolaborasi dengan desainer lokal Indonesia, Samsung juga suka banget melakukan kolaborasi dengan Thom Browne. Mereka pertama kali berkolaborasi pada tahun 2020 dengan mengeluarkan limited edition dari Samsung Galaxy Z Fold2 dan Galaxy Watch. Perpaduan dua dunia ini ternyata menghasilkan kesuksesan luar biasa, yang membuat Samsung di tahun 2023 ini menghadirkan kembali kolaborasi dengan Thom Browne.

Untuk saat ini, kolaborasi keren ini masih belum diungkapkan secara detail, tapi kalau dilihat dari teaser videon “Thom Browne Edition: Take a seat at the table | Samsung”, kamu bisa lihat sih ini akan menjadi sesuatu yang super eksklusif dan worth it banget untuk jadi rebutan. Penasaran banget nggak sih sama detail Galaxy Z limited edition ini?

 

Images: Getty Images, Thom Browne, Samsung, Koreaboo, Rakuten Viki.