ic-fd

Mau Kulit Awet Muda? Ikuti 5 Tips Ini, Sunscreen adalah Langkah Pertama!

burts bees
author

Poppy_Septia・28 Jun 2023

detail-thumb

Nggak cukup dengan serum dan moisturizer saja, untuk menunda tanda-tanda penuaan kamu harus disiplin pakai sunscreen. Simak tips punya kulit lebih sehat dan awet muda di bawah ini!

 

Pertambahan usia, paparan matahari dan gaya hidup yang nggak sehat, bisa membuat kulit jadi lebih kusam dan gampang muncul tanda penuaan. Lalu, apa saja langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga tampilan kulit tetap segar dan tampak awet muda. Baca sampai selesai ya!

Pakai sunscreen

Memakai sunscreen secara rutin adalah langkah penting bagi kulit, karena sunscreen akan melindungi dari efek buruk sinar UVA yang menyebabkan aging, dan UVB yang menyebabkan sunburn atau kulit yang menggelap. Wajib aplikasikan setiap hari ya! Jangan lupa untuk reapply, terutama bila kamu aktif bekerja di luar ruangan. 

Sunscreen yang kamu pilih sebaiknya memiliki SPF 50+ PA++++ agar perlindungannya lebih maksimal. Apalagi, kita tinggal di Indonesia yang cuacanya sangat terik, jadi jangan pakai yang hanya SPF 30 atau cuma menggunakan moisturizer dengan SPF 15. 

Agar bisa mempelambat aging dengan lebih baik lagi, kamu juga bisa memerhatikan kandungan lain pada sunscreen, misalnya pilih yang punya kandungan Hyaluronic Acid dan royal jelly yang terkenal melembapkan dan bikin kulit kenyal.

Coba deh Biore UV Aqua Rich Water Essence SPF 50+ PA++++ yang punya semua kelebihan di atas! Nggak heran kalau produk ini jadi favoit banyak orang, karena keunggulannya memang banyak banget. 

Nggak perlu khawatir dengan perlindungannya, karena SPF 50+ PA++++ bisa memberi proteksi maksimal dari UVA maupun UVB. Teksturnya pun ringan dan menyegarkan, bebas lengket! Sunscreen asal Jepang ini juga sudah teruji waterproof, punya formula hypoallergenic dan non-comedogenic, serta bebas fragrance. 

Mengandung Hyaluronic Acid, sunscreen ini bisa menghidrasi kulit dan mencegah munculnya dark spot. Ada pula kandungan Royal Jelly Extract untuk mempertahankan kulit yang plumpy, dan mencegah datangnya fine lines serta kerutan. Combo yang oke banget kan untuk bikin kulit awet muda?

Gunakan setiap pagi, siang, dan kapan pun kamu beraktivitas di luar ruangan, lalu reapply 2 jam sekali, supaya kulit tetap sehat dan nggak gampang muncul fine lines atau wrinkles! Saat liburan musim panas seperti sekarang ini, Biore UV Aqua Rich Water Essence SPF 50+ PA++++ ini tentu saja wajib kamu bawa!

Gunakan moisturizer setiap hari

Kalau mau kulit awet muda, jangan skip moisturizer ya. Moisturizer akan membuat kulit yang kering terasa lebih nyaman, terasa lembap seharian, serta menjaga kekuatan skin barrier. Kalau kamu nggak suka dengan cuaca di Indonesia yang gerah dan humid, pilih moisturizer yang nggak bikin lengket dan non oily. Aplikasikan setiap hari setelah serum, sebelum sunscreen. Kamu juga bisa memilih moisturizer dengan bahan-bahan yang bagus untuk aging skin, misalnya Peptide, Hyaluronic Acid, ginseng, green tea, rosehip oil, squalane, dan marine collagen. 

Pilih serum dengan retinol atau Peptide

Retinol adalah kandungan yang powerful untuk mengatasi fine lines dan membuat kulit lebih kencang. Kamu bisa menggunakan retinol 2-3 kali dalam seminggu, saat malam hari saja. Jangan lupa, pagi harinya wajib pakai sunscreen ya! Bila kamu nggak bisa memakai skincare retinol karena hamil atau menyusui, gunakan serum dengan kandungan Peptide. Peptide juga merupakan ingredient yang sangat efektif untuk menjaga kulit tetap kenyal dan kencang. Serum dengan Peptide bisa kamu pakai pagi dan malam sebelum moisturizer.

Bersihkan wajah secara gentle

Ini hal yang simpel tapi penting, lho! Saat membersihkan wajah, jangan terlalu menggosok dengan keras sampai kulit terasa sakit. Kalau kamu memperlakukan kulit dengan kasar, kulitmu mudah iritasi dan gampang muncul kerutan. Aplikasikan pembersih wajah dengan tekanan lembut, dengan gerakan dari bawah ke atas, supaya kulit nggak gampang kendur. 

Konsumsi banyak antioksidan

Selain mengandalkan kandungan antioksidan dalam skincare, kamu juga sebaiknya mengonsumsi antioksidan setiap hari, agar kulit terjaga dan lebih sehat dari dalam. Kamu bisa minum green tea tanpa gula secangkir sehari. Makan juga buah-buahan yang kaya dengan antioksidan seperti blueberry, strawberry, semangka, dan buah bit. Sementara untuk sayurannya, coba konsumsi wortel, ubi, labu, tomat, paprika, dan cabai. Antioksidan akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit, memproteksi kulit dari bahaya radikal bebas, sehingga kulit tampil lebih sehat dan awet muda.

 

Nah, itu beberapa hal yang bisa kamu lakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit glowing dan tampak youthful! Gimana? Nggak susah kan? Lakukan secara rutin ya, biar hasilnya optimal!

 

Image: Dok. Freepik, Dok. Female Daily