banner-detik

beauty school

Produksi Kolagen Berkurang di Usia 40-an, Coba 5 Makanan ini agar Kulit Tetap Awet Muda!

seo-img-article

 

Menginjak usia 40 tahun, produksi kolagen dalam tubuh semakin menurun dan kulit pun semakin rentan kendur. But no worries, banyak makanan yang bisa kasih kamu booster kolagen untuk bantu kulit terlihat awet muda lebih lama. 

 

Sebelum retinol dan kawan-kawannya naik daun, kolagen adalah salah satu bahan yang banyak diandalkan para beauty enthusiast pada masanya untuk menjaga kulit tetap awet muda. Kolagen sendiri sebenarnya merupakan jenis protein yang bertanggung jawab terhadap kesehatan sendi dan elastisitas kulit. Tubuh kita pun memproduksi kolagen sendiri secara alami. Kolagen dalam tubuh manusia biasanya ditemukan di kulit, otot, tulang, dan jaringan ikat. Bahkan kulit sebenarnya terdiri dari 70-80% kolagen. Sayangnya seiring bertambahnya usia, produksi kolagen berkurang bersamaan dengan elastin sehingga akhirnya kulit jadi kendur dan berkerut.

Baca juga: Bingung Memilih Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an? Ini Sederet Pilihannya!

Namun, kamu tetap bisa mendapatkan kolagen tambahan agar sendi tetap kuat plus kulit bisa terjaga kekencangannya meski sudah berumur lebih dari 40 tahun. Baik dari skincare, suplemen, ataupun makanan yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari. Yup, kamu nggak perlu pusing mikirin dana ekstra untuk beli suplemen kolagen yang relatif mahal. Ternyata sejumlah makanan merupakan sumber kolagen alami. Ada apa saja sih? Dan bagaimana makanan ini bisa membantu meningkatkan produksi kolagen supaya kekencangan kulit tetap terjaga dan awet muda lebih lama? Baca terus artikel ini untuk mengetahuinya ya!

 

Ayam

ayam kaya akan kolagen untuk awet muda

Yes, ayam jadi salah satu sumber yang baik untuk mendapatkan kolagen tambahan. Kalau suka masak ayam yang masih lengkap dengan tulangnya, pasti kalian sadar kalau ada banyak jaringan ikat di dalam tubuh ayam. Resep olahan ayam juga bervariasi banget dan mudah dimasak menggunakan bahan-bahan yang sering kita temui sehari-hari. Mulai dari masakan Indonesia, Jepang, hingga western sekalipun. FYI, ceker ayam merupakan salah satu bagian yang punya kandungan kolagen lebih tinggi, lho!

 

Ikan yang masih ada kulitnya

Beauty enthusiast yang suka ikan boleh jadi semakin rajin mengonsumsinya nih, kulitnya jangan dibuang ya! Ikan ternyata juga punya banyak kandungan kolagen, terutama di bagian kulitnya. Beberapa jenis ikan yang bisa dicoba adalah salmon, kod, tilapia, barramundi, dan tuna sirip kuning.

 

Kaldu tulang

kaldu tulang kolagen

Kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat yang merupakan sumber kolagen. Kamu bisa memanfaatkan tulang ayam atau sapi untuk membuat kaldu tulang. Caranya pun sangat mudah karena kamu cukup merebusnya saja dalam air dalam waktu beberapa jam. Sekarang juga sudah banyak bone broth siap makan yang kualitasnya nggak main-main!

 

Putih telur

Telur punya banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh. Putih telur memang nggak secara langsung mengandung kolagen. Tapi putih telur kaya akan proline yang adalah salah satu bentuk amino acid. Nah, amino acid ini merupakan faktor yang penting dalam mendorong produksi kolagen di dalam tubuh.

 

Buah kaya vitamin C

Walaupun juga nggak directly mengandung kolagen, namun zat di dalam buah-buahan berperan penting untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, yakni vitamin c! Mulai dari stroberi, jeruk, mangga, kiwi, nanas, hingga jambu adalah beberapa jenis buah yang kaya akan vitamin c dan bisa kamu andalkan untuk jadi collagen booster.

Baca juga: Kekurangan Kolagen di Usia 40-an? Ini Dia Tanda-Tanda yang Akan Terjadi!

Nah, itu dia sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi secara rutin untuk mendapat kolagen ekstra ataupun membantu meningkatkan produksi kolagen. Perlu diketahui bahwa pola makan yang kaya akan kolagen ini fungsi utamanya adalah membantu menjaga kadar kolagen dalam tubuh, dan kulit jadi terjaga awet muda lebih lama hanya merupakan bonus! Tentunya perlu didukung oleh skincare dan beauty treatment yang tepat juga. Oh ya, jangan lupa untuk mengolah makanan-makanan tadi secara sehat dan ‘less gorengan’ ya supaya kesehatan tubuh juga tetap terjaga. Dari deretan makanan di atas, kira-kira mana yang akan lebih sering kamu konsumsi? Kalau punya tips lainnya, bisa tuliskan juga di comment yaa.

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Pexels.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment