banner-detik

beauty school

Ini 3 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Mencabut Uban!

seo-img-article

Sudah muncul uban di usia dini? Jangan mencabutnya kalu kamu nggak ingin ada risiko buruk yang muncul!

Siapa di sini yang sudah mulai beruban, padahal masih berusia 20-an? Yes, pertumbuhan rambut putih tersebut memang bisa saja terjadi ketika kamu belum menginjak usia 40-an. Namun, hal ini terjadi karena ada faktor pemicunya, seperti stres, merokok, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga memang ada faktor genetik yang dimiliki. Kalau rambutmu sudah mulai tumbuh uban dan membuatmu nggak percaya diri, sebaiknya kamu menyiasatinya dengan hal lain, asalkan jangan mencabutnya. Itu semua karena mencabut uban bisa memberikan risiko buruk untuk rambutmu. Kira-kira, apa saja risikonya ya?

Baca juga: Ini Dia Alasan Kenapa Rambut Beruban Bisa Muncul di Usia 20-an dan Cara Mengatasinya!

Memicu kebotakan

Image by Freepik

Selain bisa merusak sel kulit kepala, mencabuti rambut yang beruban juga bisa memicu terjadinya penipisan rambut, bahkan hingga mengalami kebotakan. Kalau kamu selalu mencabut uban, bahkan terus mencabutnya ketika ia tumbuh lagi, maka folikel rambut bisa menyusut. Hal ini tentu bakal berakibat buruk yaitu nggak ada rambut baru yang tumbuh. Jadi, kalau kamu terus-terusan mencabut rambut putih di banyak tiitk, hal ini bisa terjadi pada semua folikel rambut dan membuat rambut makin tipis.

Merusak sel kulit kepala

alasan jangan mencabut uban

Hal pertama yang bisa terjadi jika kamu mencabut uban adalah terjadinya kerusakan pada sel kulit kepalamu. Ketika hal itu terjadi, maka bisa terjadi infeksi pada kulit kepala. Nggak cuma itu saja, kalau kamu terus-menerus mencabut uban, maka folikel rambut bisa mengalami trauma dan berakibat infeksi. Kamu nggak mau hal itu terjadi, kan?

Baca juga: Sering dengar Mitos tentang Rambut Beruban? Ungkap Fakta Sebenarnya di Sini!

Menyebabkan tumbuhnya ingrown hair

alasan tidak boleh mencabut uban

Image by pongpongching on Freepik

Ini dia salah satu akibat yang akan terjadi kalau kamu suka mencabut uban. Yup, ingrown hair bisa terjadi ketika adanya pencabutan rambut yang sangat kencang. Sehingga ketika kamu mencabut uban, hal ini berpotensi terjadi. Jadi, rambutmu akan tumbuh ke dalam kulit kepala, bukannya ke arah luar. Efeknya apa sih? Tentu akan muncul peradangan dan nyeri di bagian tersebut.

Baca juga: Fakta Tentang Rambut Putih, Serta Rekomendasi Potongan Rambut yang Keren!

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa kamu nggak disarankan untuk mencabut uban. Sekarang sudah tahu kan, kalau mencabuti uban bakal mengakibatkan hal buruk pada kulit kepala dan rambutmu? So, mulai sekarang kamu harus berhenti mencabuti uban, ya. Kalau kamu nggak percaya diri dengan rambut putih tersebut, kamu bisa kok mengecat rambut sesuai dengan seleramu!

Kalau kamu punya pengalaman tentang rambut beruban di usia dini, yuk share di kolom comment!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment