banner-detik

beauty school

Ini Dia Alasan Kenapa Uban Bisa Muncul di Usia 20-an dan Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Tumbuhnya uban memang identik dengan usia 40-an ke atas. Namun, ada saja lho kasus timbulnya uban di usia yang lebih muda. Kira-kira karena apa, ya?

Seseorang yang memiliki rambut beruban memang biasanya berusia 40-an ke atas. Hal ini dikarenakan seiring bertambahnya usia, kerja sel melanosit akan berkurang dan pigmen pada rambut juga akan menghilang secara perlahan. Yup, rata-rata kejadiannya memang seperti itu. Namun, ada juga lho yang sudah memiliki uban ketika berusia 20-an. Meski nggak langsung tumbuh secara banyak, tapi uban tersebut bisa lebih cepat tumbuh ketika ada pemicunya. Jadi, sebenarnya kenapa sih ada yang sudah beruban ketika usia 20-an?

Baca juga: Fakta Tentang Rambut Beruban, Serta Rekomendasi Potongan Rambut yang Keren!

Penyebab munculnya uban di usia muda

Genetik

penyebab munculnya uban

Ternyata, munculnya uban di usia muda bisa disebabkan karena keturunan genetik. Itu semua karena genetika bisa memengaruhi sel induk folikel dan melanosit. Melanosit ini merupakan sel yang akan memberi warna pada rambutmu. Jadi, kalau memang kamu mengalami rambut beruban di usia 20-an atau bahkan di bawah 20-an, bisa jadi karena memang bawaan genetik keluargamu seperti itu, dan orang tua kamu juga pernah mengalami hal tersebut di masa mudanya.

Kekurangan vitamin B12

Bukan sembarang kekurangan vitamin, tapi kamu bisa mengalami rambut beruban di usia muda karena kekurangan vitamin B12. Vitamin yang satu ini memang penting banget dalam pertumbuhan sel-sel rambut. Jadi, ketika kamu kekurangan vitamin B12, maka sel rambut akan melemah dan memengaruhi produksi melanin. Alhasil, pigmen warna pada rambut juga nggak sempurna pembentukannya.

Baca juga: Bingung Memilih Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an? Ini Sederet Pilihannya!

Stres

Siapa di sini yang suka stres? Jangan kebanyakan stres deh kalau nggak mau punya uban di usia dini! Nah, kenapa sih stres bisa menyebabkan munculnya uban di waktu yang lebih cepat? Hal itu dikarenakan stres bisa menyebabkan ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dengan antioksidan, sehingga bisa memicu kerusakan sel-sel rambut. Kalau misalnya kamu nggak memiliki keturunan genetik atau kekurangan vitamin B12, bisa jadi penyebab rambut putih muncul di kepalamu memang karena stres, lho. 

Kebiasaan merokok

merokok menyebabkan rambut tumbuh uban

Bukan cuma memberi dampak buruk pada paru-paru, merokok juga bisa memberi efek buruk pada rambutmu, alias bikin lebih cepat tumbuh uban. Mirip dengan stres, merokok juga bisa meningkatkan stres oksidatif pada melanosit folikel rambut yang membuat produksi pigmen juga jadi terganggu. Ketika melanosit atau sel pemberi pigmen pada rambut terganggu, maka pembentukan warna pada rambut juga akan terhambat dan menyebabkan rambut nggak berwarna hitam, melainkan putih.

Baca juga: Karina aespa Akhirnya Spill Rahasianya untuk Raih Body Goals!

Cara mengatasinya

Kalau sudah tahu penyebabnya, kamu juga bisa mengurangi hal-hal pemicu rambut beruban pada usia dini. Pertama, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B12 yang tinggi, seperti daging sapi, seafod (kepiting, salmon, tuna), susu, dan masih banyak lagi. Selain itu, cobalah untuk mengatasi stres dengan baik. Ketika kamu sudah merasa kalau tubuh mengalami stres, sebaiknya istirahat dulu supaya kamu nggak stres berlebihan. Ketiga, kamu perlu berhenti merokok supaya nggak memicu pertumbuhan uban yang lebih cepat. Selain bagus untuk kesehatan rambut, berhenti merokok juga bikin organ tubuhmu lebih sehat, lho.

Namun, kalau uban sudah terlanjur tumbuh dan bikin kamu nggak percaya diri, nggak ada salahnya kok untuk mewarnai rambut lebih gelap. Kamu bisa memilih warna rambut yang sesuai dengan warna asli rambutmu, supaya kelihatan natural. Jangan lupa untuk styling rambut agar tampilan tetap kece, ya!

Yup, itu dia beberapa alasan kenapa bisa muncul uban di usia 20-an. Kalau kamu sendiri, sudah rutin menjauhi hal-hal yang memicu pertumbuhan uban lebih cepat, belum?

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment